Cari Alamat dan Telepon Dealer:

Enteng Melahap Tanjakan, Ini Rahasia Dapur Isuzu Traga

test drive isuzu traga
Isuzu Traga kuat di tanjakan  

Jakarta, Otojatim.com - PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) mengajak para jurnalis mencoba model  Pick-Up terbarunya bernama Isuzu Traga di rute Jakarta-Cisarua, Bogor. Dengan kontur jalanan yang didominasi tanjakan curam, mobil niaga di kelas medium pick-up ini mampu mengatasi semua tantangan di medan yang cukup berat.

Dengan torsi di atas kertas hanya 19,5kgm, kami cukup terkejut saat mobil ini dengan entengnya merayapi bukit bahkan hanya dengan posisi persneling di gigi 3. Lantas apa rahasianya?

Sebelum membahas jeroan dapur pacunya, ada baiknya kita mengetahui latar belakang Isuzu yang sukses menciptakan kendaraan pesaing langsung Mitsubishi L-300 ini.

Studi mulai 2014 dan gunakan multi-platform

"Pengembangan Traga dimulai pada 2014 di Jepang dan Indonesia. Dengan tujuan membuat sebuah produk untuk menghadapi rival di kelas Medium Pick-Up. Selain itu, kita juga mendengar masukan dari konsumen perihal keinginan mereka terhadap produk Isuzu ," kata Tonton Eko, Product Development Division Head IAMI di sela-sela acara test drive Traga.

Tonton lantas menjelaskan bahwa Isuzu Traga menggunakan mesin model 4JA1-L. Mesin ini juga digunakan pada Isuzu Panther selama lebih dari satu dekade. Terbukti andal dan hemat bahan bakar, Isuzu memutuskan untuk membenamkan engine legendaris ini pada Isuzu Traga. Selain itu, 4JA1-L telah dikenal masyarakat sebagai mesin yang mudah perawatannya di bengkel manapun.


Pantas saja, karakter grafik tenaganya mirip sekali saat kami mengendarai Isuzu Panther. Gak perlu dari gigi 1, mulai posisi diam mobil ini mampu memberikan torsi awal yang sangat baik di putaran mesin yang rendah pada gigi 2. Gigi 1 dipakai bila menghadapi tanjakan yang ekstrim.

Tapi, khusus untuk platform kendaraan niaga ringan ini, Isuzu memilih menggunakan transmisi yang mirip digunakan pada Isuzu D-Max. Alhasil, dengan rasio gigi yang cukup besar, Isuzu Traga makin ringan menari-menari di lembah yang curam.

Melepas baju Isuzu Bison

Sebelum menciptakan Traga, Isuzu pernah bekerjasama dengan brand lain (Mitsubishi) untuk urusan bodi saat memproduksi Isuzu Bison. Mobil ini sepintas terlihat mirip banget dengan L-300, tapi jerohan mesinnya tetap pakai mesin Panther.

Tak bisa dipungkiri, identitas asli Isuzu diperlukan sebagai sebuah brand yang terkenal sebagai rajanya diesel. Nah, diinspirasi dengan kesuksesan Isuzu Elf, Isuzu Traga hadir dengan bodi yang seirama dengan market leader di kelas light-truck tersebut. Isuzu Traga pun menyudahi eksistensi dari Isuzu Bison.

Itulah kenapa, kami menganggap bahwa Isuzu Traga ini merupakan gabungan kekuatan dari tiga model Isuzu lainnya. Yaitu Panther, D-Max dan Elf.

Baca juga:
Share on Google Plus

About Adiyasa Prahenda

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Imlek Hyundai