Toyota Bidik Market 35%, Auto 2000 Masih Tunggu Juklak Insentif PPnBM

test drive berhadiah veloz auto 2000Danella CRC Auto 2000 Singosari dan I Gde Arimbawa Kepala Cabang Auto 2000 Malang Sutoyo berpose saat acara test drive Veloz untuk pelanggan di cafe MyKopiO

Malang, Otojatim.com - Langkah pemerintah dalam mendukung sektor otomotif melalui pemberian insentif PPnBM jilid kedua patut diapresiasi dan ditunggu banyak pihak.

Terbukti, pemberian insentif PPnBM jilid pertama mampu mendongkrak perdagangan kendaraan bermotor sebanyak 12,1% dan meningkatkan produksi alat industri angkutan sebesar 17,8% pada 2021. Setelah sebelumnya anjlok 14-19% di 2020 karena efek pandemi.

Hadirkan New Fortuner 2.800 cc, Toyota Jatim Siap Dominasi Pasar SUV High

Namun, Peraturan Menteri Keuangan nomor 5/PMK.010/2022 tentang PPnBM DTP yang baru saja disahkan 2 Februari 2022 lalu belum serta merta langsung dapat diimplementasikan di lapangan, padahal sudah banyak konsumen yang menunggu kepastian hal ini.

I Gde Arimbawa, Kepala Cabang Dealer Toyota Auto 2000 Cabang Sutoyo Malang mengatakan bahwa sampai saat ini pihaknya masih menunggu SK dari Toyota Astra Motor selaku pabrikan.

"Ini merupakan kabar baik dari pemerintah, namun di dalamnya masih ada persyaratan tertentu kendaraan mana saja yang bisa mendapat insentif PPnBM, dan ini masih kita godok di pusat," kata Gde saat acara peluncuran Toyota Fortuner 2.8 dan Test Drive Veloz di cafe MyKopiO Jalan Tenes Malang, 11 Februari 2022.
ppnbm toyota
Pengenalan produk New Fortuner diesel 2.800 cc di hadapan awak media

Seperti diketahui, pada waktu pemberian insentif PPnBM pertama, sejumlah model Toyota mendapatkan potongan harga yang cukup signifikan berkisar Rp6 juta hingga Rp30 jutaan. Antara lain Avanza, Veloz, Rush, Yaris, Vios, Innova dan Fortuner.

Saat itu Toyota memenuhi persyaratan lokal konten 80% yang diminta oleh pemerintah.

Namun kini, pemberian insentif PPnBM edisi 2022 terbatas hanya pada kendaraan LCGC (diskon PPnBM bertahap 100%, 66,66%, 33,33%) dan atau mobil bermesin sampai 1.500 cc  yang mempunyai rentang harga antara Rp200 hingga Rp250 juta saja (mendapat diskon PPnBM 50%).

Test Drive Veloz Berhadiah Mobil Toyota

Insentif PPnBM edisi 2022 tidak menyertakan mobil bermesin diesel hingga 2.500 cc, sehingga otomatis Toyota Innova dan Fortuner tidak lagi ikut dalam program ini.

"Tentu kami berharap pemberian insentif PPnBM yang akan datang bisa mendongkrak kesuksesan seperti tahun lalu di mana kami selaku penjual mobil merek Toyota mampu menjadi market leader se-Malang Raya dengan menguasai pangsa 37% di Kota dan 25% di tingkat Kabupaten. Hampir semua segmen Toyota menguasai yang dipimpin oleh Yaris, Avanza, Veloz, Innova dan Raize," imbuh Gde.

Sementara itu, dalam acara pengenalan produk terbaru Toyota Fortuner bermesin diesel 2.800 cc tersebut, Gde berharap untuk bisa membangkitkan market yang sudah mulai mengeliat terutama di sektor transportasi.

Karakter Toyota Fortuner 2.8 Gabungan Kecepatan FT86 Dan Kekuatan Dyna 130HT

"Sudah mulai tumbuh lagi yah, setelah beberapa waktu lalu dihantam krisis. Sebelumnya di Malang Raya volume penjualan all brand kendaraan bisa 1.100an unit per bulan. Setelah pandemi menyusut menjadi 700an unit per bulan atau anjlok 30%. Kami berharap tahun ini bisa rebound lagi tembus target market 35%."

"Terlepas dari hal tersebut, yang paling penting bagi Auto 2000 adalah sisi kepuasan pelanggan. Bagaimana mereka bisa dengan mudah mendapatkan informasi dan pelayanan produk Toyota. Mendapatkan pelayanan saat proses pembelian dengan baik sehingga Auto 2000 akan selalu menjadi top-of-mind," tutup I Gde Arimbawa.
test drive toyota di kopi oSuasana acara test drive Toyota Veloz di cafe MyKopiO Jalan Tenes Malang

Acara test drive Toyota Veloz yang digelar di cafe MyKopiO berlangsung selama 2 hari 11-12 Februari 2022 oleh seluruh cabang Auto 2000 Malang yaitu Sutoyo, Sukun dan Singosari. Setiap pelanggan yang melakukan test drive, berkesempatan mendapatkan hadiah undian satu buah mobil Avanza.

Toyota memberikan promo kredit EZ Deal hingga 6 tahun. Cicilan mulai Rp2,7 juta dengan DP mulai 20%. EZ Deal menawarkan cicilan tetap yang ringan di awal sehingga memudahkan pasangan muda untuk memiliki mobil impian.

Bagi konsumen yang ingin mengakses informasi produk Toyota, hitungan kredit maupun pelayanan lain dari rumah, bisa mengunduh aplikasi Digiroom Auto 2000. Sebuah aplikasi showroom digital Auto 2000 yang dipersembahkan bagi pelanggan yang mempunyai waktu terbatas ataupun belum terjangkau oleh frontline dealer Toyota terdekat.(*)
LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi