-->

Digiroom Menembus Transaksi Hingga ke Pelosok, Semudah Mengunjungi Showroom Toyota Terdekat

Tampilan situs Digiroom Auto 2000 pada layar desktop
showroom toyota terdekat

Otojatim.com - Perbedaan usia pada tiap generasi membuat berbeda pula selera dan cara berinteraksi terhadap sesuatu. Termasuk urusan membeli mobil. 


Generasi baby boomer mungkin merasa lebih nyaman dilayani dan bertatap muka langsung dengan tenaga penjual. Tetapi generasi Y dan Z yang kini berusia dengan rentang 25 hingga 40 tahun bisa jadi lebih suka dengan privasi dan kepraktisan.

Apalagi di musim pandemi seperti ini, dibutuhkan solusi agar kebutuhan membeli mobil tetap terpenuhi, namun bisa meminimalisir interaksi dengan orang lain.

Dengan semangat kaizen untuk terus berubah dan beradaptasi lebih baik, kini Auto2000 makin mempermudah konsumen soal urusan Toyota melalui aplikasi Auto2000 Digiroom.

Baca: Kembangkan Digiroom, Auto2000 Diakui Sebagai Dealer Resmi Terbaik Versi IBBA 2020 dan ICXA 2020

Digiroom alias digital showroom mengusung tagline Toyota Showroom in Your Pocket. Aplikasi ini menyediakan semua layanan diler Toyota dalam bentuk digital.

"Tujuannya agar bagaimana para customer semakin mudah mengakses informasi dan mendapatkan semua layanan Auto 2000 tanpa harus datang ke cabang. Karena semua menu layanan ada dalam genggaman," jelas Faris Henky Irawan selaku Kepala Cabang Auto 2000 Kertajaya kepada awak media (7/12).
digiroom showroom toyota
Tampilan aplikasi Digiroom pada ponsel

Dengan memanfaatkan Digiroom, pelanggan bisa mendapatkan layanan booking service di cabang tanpa harus antri, meminta layanan home service, janjian untuk test drive ke rumah, hingga melakukan transaksi pembelian mobil.

Di tempat terpisah (10/12), I Gede Arimbawa selaku Kepala Cabang Auto 2000 Malang Sutoyo mengatakan,"Untuk memutuskan membeli mobil idaman, tentunya konsumen membutuhkan informasi selengkap-lengkapnya. Agar nanti pertimbangannya tidak salah. Karena pembelian mobil ini termasuk transaksi besar selain membeli rumah. Jadi jangan sampai nanti menyesal di kemudian hari. Mengakses Digiroom adalah cara paling cepat untuk mengumpulkan informasi."

Namun begitu, meskipun layanan Digiroom dikemas dalam bentuk platform digital, yang melayani tetaplah karyawan Auto 2000 juga. Baik dari divisi sales, service maupun administrasi. Digiroom menjembatani kebutuhan konsumen dengan para PIC Auto 2000. Sehingga waktu dan tenaga pelanggan lebih efisien.

"Dari pemesanan yang dilakukan customer pada situs auto2000.co.id atau aplikasi Digiroom, cabang lokal yang terdekat dengan konsumen akan mendapatkan leads (perintah kerja) dari kantor pusat untuk segera digarap. Itulah kenapa di setiap interaksi dengan konsumen, Digiroom meminta akses geo-tagging lokasi pelanggan untuk menyesuaikan harga yang berlaku di masing-masing daerahnya," Gede menjelaskan lebih lanjut.

Cukup mudah melakukan proses pembelian mobil Toyota melalui Digiroom. Konsumen bisa memulai dengan mencari info soal mobil Toyota yang diincarnya. Lantas bisa juga melakukan komparasi sampai empat kendaraan sekaligus.

Baca: Mirip Gojek, Kini Mudah Cari Sales Toyota Terdekat dengan Aplikasi Go Invicta. Unduh Sekarang!

Untuk masuk ke tahap yang lebih serius, customer diminta mendaftar atau login ke aplikasi secara mudah, dengan akun Google ataupun Facebook.

Selanjutnya customer bisa memulai simulasi cicilan dan mengatur pembelian serta memilih opsi pembayaran terbaik.

Setelah merasa yakin, customer bisa melakukan pemesanan secara online dan mengunggah dokumen serta membubuhkan tanda tangan digital sebagai tanda konfirmasi pemesanan.

Dari sini Sales Executive Auto 2000 yang terdekat akan mengurus proses lebih lanjut hingga tuntas sampai pengiriman kendaraan.

"Meskipun pemesanan kendaraan dilakukan secara virtual, namun pada prakteknya konsumen masih bisa melakukan negosiasi atas pemesanan yang dibuatnya," tambah Faris.

Hal tersebut diamini Hadi Suroso, wiraniaga Auto 2000 Malang Sutoyo,"Ya, memang saat menginput pemesanan di system masih berpatokan dengan harga OTR kantor pusat Jakarta. Jadi untuk masing-masing wilayah punya kebijakan harga dan diskon sendiri-sendiri."

Baca: Toyota Virtual Expo

Hadi yang mempunyai wilayah kerja di Malang Raya (semua kota dengan plat N), mengakui banyak mendapatkan manfaat dari aplikasi Digiroom ini. Hal ini cukup beralasan, karena situs Digiroom mendapatkan banyak traffic secara organik yang tentu saja berpengaruh terhadap penjualan di cabang bersangkutan.

"Kadang sampai daerah pelosok, asalkan terjangkau internet, siapa saja bisa mengakses Digiroom dan melakukan pembelian mobil," kata pria sudah mengabdi di Auto 2000 Malang Sutoyo lebih dari 10 tahun ini. "Kebanyakan yang order via Digiroom memang kalangan usia muda. Tapi tidak perlu khawatir, bagi yang awam tetap kami bantu isikan form-nya," tambahnya.
digiroom tembus ke pelosok
Hadi Suroso, serah terima dengan customer wilayah Donomulyo, Malang

Bagi konsumen, selain mendapatkan pengalaman baru yang lebih praktis dan singkat dalam membeli mobil dari rumah saja, nantinya juga masih akan mendapatkan tambahan promo khusus dengan mengisikan kode promo atau referal code.

Deasy Eka Prasetya, Sales Executive Auto 2000 Kediri Hasanudin menceritakan pengalaman customernya saat melakukan order Home Service. "Memang semudah sms biasa ketika melakukan permintaan Home Service untuk konsumen meski tinggal di pelosok."
showroom toyota pedesaan
Deasy mengirim mobil pesanan customer ke Talun, Gandusari Blitar.

Mempunyai pengalaman yang sama dengan Hadi, Deasy pun mengapresiasi langkah perusahaannya meluncurkan Digiroom yang konten di dalamnya selalu up to date.

Di dalam aplikasi Digiroom, baik melalui ponsel maupun personal computer, disediakan bot assistance bernama Tasia yang secara instan mampu menjawab pertanyaan konsumen seputar pelayanan Auto 2000. Kehadiran Tasia merupakan kepanjangan tangan dari Customer Service yang telah diisikan database jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang bakal ditanyakan konsumen. Apabila jawaban Tasia masih belum memuaskan konsumen, maka akan diarahkan tombol chat dengan PIC Customer Service yang sedang bertugas.

Beragamnya menu layanan Digiroom didasarkan dari banyaknya pula kebutuhan konsumen soal urusan Toyota. Di dalam Digiroom juga terdapat penawaran-penawaran menarik seperti program promo kredit, promo service dan lain-lain.

"Sebelum mantap melakukan pemesanan, customer bisa juga terlebih dulu order Test Drive ke Digiroom. Dengan senang hati personil kami akan mengantarkan kendaraan Toyota yang akan dijajal ke rumah."

"Mobil yang akan dicoba calon pelanggan tentunya sudah melalui pemeriksaan SOP protokol kesehatan. Semua bagian-bagian kendaraan yang tersentuh tubuh, seperti handle pintu, setir kemudi dan panel-panel pada dasbor akan disterilkan terlebih dahulu. Ini pun berlaku sama dengan kendaraan yang telah dipesan sebelum dikirim ke rumah customer, semua telah disemprot disinfektan," pungkas Faris.

Untuk mengakses Digiroom sangat mudah. Ada dua cara. Pertama dengan menginstal aplikasi Digiroom melalui Google Play ataupun Appstore. Bila malas menginstal bisa juga dengan klik langsung situs auto2000.co.id. Selain terdapat menu layanan pembelian mobil baru, juga terdapat layanan purna jual, promo terbaru bahkan sampai layanan mobil bekas bersertifikat.

Di dunia otomotif era digital, Digiroom hadir sebagai platform Auto2000 yang paling lengkap sehingga bisa memuaskan segenap informasi dari spesifikasi produk, varian serta pilihan warna.(*)
LihatTutupKomentar