Karakter Toyota Fortuner 2.8 Gabungan Kecepatan FT86 dan Kekuatan Dyna 130HT

test drive fortuner 2.8Fortuner menarik beban 12 ton

Surabaya, Otojatim.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) menggelar test drive All New Fortuner 2.8 bersama awak media dan konsumen di lapangan Kodam V Brawijaya Surabaya (28-30 Januari 2022) bertajuk 'We Dare You To Thrive'.

“Acara kali ini merupakan rangkaian kegiatan usai proses peluncuran All New Fortuner 2.8 pada 17 Januari 2022 lalu, harapan kami rekan media, pelanggan dan penggemar kendaraan SUV bisa merasakan secara langsung bagaimana sensasi berkendara All New Fortuner 2.8,” ucap Judianto, Regional Business Division Head Auto2000 East Java & Bali.

New Fortuner varian 2.8 ini menggunakan mesin baru 2.755 cc berkode 1 GD-FTV yang mampu menyemburkan tenaga maksimum sebesar 203,9 ps atau 201,1 dk pada 3.000-4.000 rpm dengan torsi 50,9 Kgm atau 499,15 Nm/1.600-2.800 rpm.

Harga Fortuner 2.8 OTR Jakarta

Tak salah bila kami menilai, tenaga dan torsi Fortuner 2.8 bisa diibaratkan sebagai gabungan kecepatan mobil sport Toyota FT 86 (sekitar 200 dk) dan melebihi kekuatan daya dorong truk Toyota Dyna 130 HT heavy duty (hampir 400 Nm).

Pantas saja, pada demonstrasi kekuatan kali ini, Toyota New Fortuner 2.8 mampu dengan mudah menarik sebuah truk molen (pengaduk semen) seberat 12 ton dari posisi berhenti.

Sedangkan pada test akselerasi yang dilakukan Toyota Astra Motor, untuk bergerak dari kecepatan 0 hingga 100 km per jam hanya membutuhkan waktu 11,9 detik. Sebuah angka yang impresif mengingat bobot Fortuner yang mencapai lebih dari 2000 kg.
test drive fortuner 1 gd
Soal penjualan di Jawa Timur, Judianto mengungkapkan bahwa minat konsumen terhadap Fortuner 2.8 sangat tinggi. Sudah sejak lama para pelanggan mengharapakan Fortuner mempunyai engine yang lebih bertenaga daripada versi 2.400 cc.

Banyak yang menginginkan performa Fortuner dapat ditingkatkan untuk menegaskan sosoknya sebagai SUV yang tangguh. Oleh karena itu, PT Toyota-Astra Motor menghadirkan mesin 1GD-FTV 2.755 cc VNT Intercooler dengan tenaga dan torsi yang lebih powerful.

Kehadiran mesin baru ini melengkapi opsi mesin diesel dan bensin yang sudah ada untuk memberikan pilihan lengkap yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan yang beragam.

Harga Fortuner 2.8 OTR Surabaya

“New Fortuner yang diluncurkan merupakan bentuk apresiasi kami kepada pelanggan. Dengan menggunakan mesin 1 GD yang memberikan tenaga dan torsi lebih besar, kami percaya bisa memberikan rasa berkendara yang lebih menyenangkan dan kepuasan lebih pada aspek performa kendaraan,” ucap Laz Marthino East Java Area Head PT Toyota Astra Motor.

“Sejak diluncurkan 17 Januari hingga sekarang telah membukukan pemesanan (SPK) sebanyak 110 unit di Jawa Timur. Ini bukti bahwa animo dan antusias masyarakat Jawa Timur terhadap Fortuner 2.8 ini sangatlah besar,” terang Judianto kepada awak media.

Pada acara eksplorasi keunggulan SUV baru ini, TAM menyiapkan 5 unit New Fortuner 2.8 GR Sport 4x2 dengan didampingi safety driver dan menyulap lapangan Kodam V Brawijaya menjadi test track yang lengkap dengan lima obstacle.
fortuner di tanjakan
Tes pertama diawali dengan Speed Track untuk merasakan performa maksimal dari mesin barunya sekaligus kemampuan rem ABS-nya. Lantas dilanjutkan menuju area Speed Bump untuk merasakan bagaimana karakter suspensinya.

Obstacle kedua melewati Pot Holes yaitu potongan kayu gelondongan yang disusun berdiri, lintasan ini ditujukan menguji traksi roda di permukaan yang licin.

Berikutnya di jalur Rocky Road untuk merasakan kemampuan New Fortuner ketika melewati jalanan berbatu.

Download Brosur New Fortuner 2.800 cc

Tantangan paling seru yaitu Seesaw Hills alias jungkat-jungkit. Untuk mengetahui front overhang alias moncong Fortuner tidak menggasruk medan depan yang membentuk approach angle sebesar 45 derajat. Serta menguji fitur Hill Start Assist dengan melepas rem selama 3 detik di puncak tanjakan.

Tantangan terakhir dengan melewati Flooding Tub, kolam buatan dengan kedalaman 50 cm dengan asumsi simulasi banjir yang merupakan hal sepele oleh Fortuner.(*)
fortuner tarik beban 12 ton
LihatTutupKomentar
close
cicilan yamaha dp 0