iklan jual beli mobil

Pentingnya Setel Klep Mesin dengan Benar Agar Performa Mesin Maksimal

klep valve motor

Surabaya, Otojatim.com - Banyak pengguna sepeda motor yang tak terlalu paham atau bahkan menghiraukan soal fungsi setel klep/valve. Padahal setel klep berguna buat menjaga jarak renggang klep untuk menjaga performa motor tetap maksimal dan efisien.


Klep atau Valve adalah bagian dari mesin yang berfungsi untuk membuka dan menutup saluran. Klep atau valve merupakan komponen mesin yang sifatnya dinamis dan biasanya terpasang pada kepala silinder.

Baca:

Ada 2 jenis klep yaitu klep IN dan klep EX. Klep IN yaitu untuk saluran bahan bakar dan udara masuk ke dalam silinder. Klep EX sebagai saluran pembuangan sisa pembakaran ke knalpot.

setel klep honda

Klep atau Valve yang normal yakni yang celahnya sesuai dengan pabrikan. Tidak sesuainya jarak renggang klep dapat berakibat tenaga motor yang keluar jadi tidak maksimal. Jarak renggang klep atau valve motor tentunya diperlukan agar tarikan motor tidak menurun dan tidak boros konsumsi bahan bakar.

Bagaimana cara mendeteksi klep yang perlu dilakukan penyetelan atau tidak.

Yang pertama apabila mendengar suara tik tik pada bagian mesin motor dan apabila di gas suaranya tambah keras. Itulah bunyi klep yang celahnya terlalu besar. Akibatnya akan membuat suara mesin berisik, tekanan kompresi rendah, dan gas buang juga tidak bersih, sehingga pengaruh ke performa mesin yang tidak maksimal.

Baca:

Sedangkan jika setelan celah yang terlalu sempit akan mengakibatkan kompresi yang dihasilkan oleh mesin akan bocor. Hal ini membuat mesin bisa mati secara mendadak. Tarikan menjadi lebih berat dan putaran mesin tidak stabil.

Cara-Menyetel-Kerenggangan-Klep-Pada-Motor-MaticFoto: istimewa

"Pengecekan celah klep perlu dilakukan secara berkala untuk memastikan celah sesuai dengan rekomendasi pabrik. Pengaturan jarak klep ini fungsinya penting untuk penghematan konsumsi bahan bakar dan agar buka tutup klepnya itu teratur timing-nya. Ada mekanisme kerja dalam menggerakkan klep agar bisa membuka dan menutup saluran " kata Dodik Kuswinarno Mekanik Big Bike MPM Honda Jatim

Untuk itu apabila performa motor menurun, segera hubungi Honda Big Wing terdekat untuk dilakukan penyetelan klep agar perfotma motor terjaga dan berkendara menjadi aman dan nyaman.

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi