iklan jual beli mobil

Perhatikan Volume Pelumas Agar Kondisi Kendaraan Selalu Prima

cara cek oli dengan dipstick

Otojatim.com - Tak jarang orang abai terhadap volume oli mesin kendaraan mereka, perhatian soal ini wajib untuk dilakukan supaya mobil tetap dalam kondisi prima. Pengecekan ini bisa dilakukan sendiri oleh pemilik kendaraan.


“Dengan mengecek secara mandiri bisa diketahui apakah volume oli sudah mulai berkurang atau kualitasnya menurun. Ini penting karena bila berkendara jarak jauh memerlukan penggunaan mesin selama berjam-jam.” terang Samsudin, Aftersales Support PT Astra International - Peugeot.
Baca:
Cara mengeceknya sebenarnya gampang. Untuk mesin mobil Peugeot 3008 SUV atau 5008 SUV, disediakan deep stick alias batang pengecek yang sudah terpasang pada bagian samping mesin. dengan menggunakan batang indikator ini, pemilik mobil bisa mengetahui kondisi kualitas dan volume oli mesin dan mengantisipasi masalah yang mungkin timbul.
cara cek oli mobil

Pengecekan dengan deep stick sebaiknya dilakukan ketika kondisi mesin dalam keadaan dingin atau belum dipergunakan. Tapi, ada juga merek oli yang menganjurkan agar pengecekan setelah memanaskan mobil. Alasan mereka, saat sebagian oli di posisi atas pasca melumasi komponen mesin waktu mobil dipanaskan, pada bak oli mesin biasanya velumenya sudah berkurang, padahal volume pada bak terserbut lah yang diukur.
Baca:
Langkah-langkah ini hendaknya dipahami pemilik dalam menjalankan prosedur yang tepat. Hal ini supaya proses pengecekan presisi dan tidak membuat kerja mesin menjadi berat.

Referensinya adalah dengan membaca petunjuk perawatan mobil. Sebab beberapa produsen oli ada yang menganjurkan penggantian oli mobil sebelum kendaraan dioperasikan atau ketika olinya masih dingin.
cek oli mesin

Saat melakukan pengecekan pastikan mobil terparkir pada permukaan yang rata. Agar mendapatkan pembacaan yang akurat, sekaligus memastikan oli tidak berkumpul di salah satu sisi tangki oli.

Buka kap mobil dan temukan tongkat celup (deep stick) di samping area mesin. Pada umunya mobil, di bagian atas tongkat celup terdapat pengait berwarna merah, oranye atau kuning. Bentuknya lingkaran atau kotak mencuat menjauhi mesin dan condong ke salah satu sisi. Biasanya dimasukkan ke dalam pipa selebar ukuran pensil.

Bila sudah ketemu, tinggal tarik dan langsung bisa mengecek kondisi oli. Sebaiknya siapkan tisu atau kain yang sudah tidak terpakai, untuk menyeka oli dan mengecek konsistensi dan volumenya. Pada ujung deep stick tersebut terdapat penanda ukuran volume oli.(*)
LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi