Pemilik Peugeot 3008 Disarankan Menggunakan Oli dengan Spesifikasi Ini

Tips Astra Peugeot: Pentingnya Menggunakan Pelumas Yang Sesuai Dengan Tipe Mesin

oli mesin peugeot 3008

Otojatim.com - Bicara soal perawatan mesin, ganti oli secara teratur merupakan kewajiban. Jangan sampai pemilik kendaraan mengabaikan peran penting pelumas kendaraan. Selain sebagai media penjaga suhu mesin, juga berfungsi untuk pencegah karat, peredam getaran dan pengikat kotoran (gram).

Baca: Ada Promo Flush Oli Matic di Astra Peugeot, Bukan Sekadar Ganti Pelumas Girboks. Ini Bedanya

Masing-masing pelumas memiliki nilai kekentalan oli (viskositas) yang disimbolkan dengan angka. Dalam pembacaannya, semakin tinggi angkanya, semakin kental olinya. Pelumas di pasaran tersedia dalam dua jenis tingkat kekentalan, yaitu kekentalan tetap (single-grade) dan kekentalan dinamis (multi-grade).

“Untuk mengukur tingkat kekentalan pelumas otomotif digunakan standar SAE (Society of American Engineering). Tingkat kekentalan atau angka viskositas ini ditunjukkan dalam bentuk angka. Makin kecil angka, berarti makin encer pelumas,” terang Roni Agung, Kepala Bengkel Astra Peugeot Sunter.

Baca: Pelumas LE, Dipakai NASA Kini Jajal Pasar Otomotif di Indonesia

Dalam industri pelumas dikenal dua tingkat kekentalan. Pertama kekentalan tunggal (monograde) seperti SAE 40W yang umumnya dipakai sebagai oli girboks. Lalu kekentalan multigrade seperti contoh 20W-50 atau 10W-50 yang biasa dipakai untuk pelumasan di dalam mesin.

Beberapa pelumas multi-grade yang umum beredar di pasaran mempunyai angka viskositas SAE 5W-30, 10W-30, 10W-40, 15W-30.

Oli dengan SAE 5W-30 berarti memiliki 5 level kekentalan pada temperatur dingin (Winter), dan 30 level kekentalan pada temperatur 100 derajat Celcius. Pada umumnya, kebutuhan mesin modern membutuhkan spesifikasi tingkat kekentalan pelumas yang encer.

Baca: Deltalube si Oli Merah, Berjaya di Daerah Kini Ekspansi ke Surabaya

Karena encer, oli lebih cepat mengalir dan tidak banyak merintangi gerakan komponen mesin. Pelumas 5W-30 menjadi standar minimal mobil modern, termasuk lansiran Peugeot.

“Kemajuan teknologi mampu menghasilkan pelumas dengan kekentalan makin rendah. Pelumas dengan viskositas kecil atau encer cocok digunakan mesin mobil masa kini yang memiliki komponen lebih banyak, celah antar komponen rapat, dan lubang saluran oli halus. Seperti SUV Peugeot 3008 & 5008 GT Line atau Allure Plus,” tambahnya di PT Astra International – Peugeot, Jl. Yos Sudarso kav. 24, Sunter II, Jakarta Utara.

Shell Helix 5W-30 yang kini jadian acuan all varian terbaru mobil Peugeot, termasuk SUV Peugeot 3008.
promo oli shell helix
Bagi Anda pengguna Peugeot, ada program special ‘Beli 4 Liter Oli Astra Shell Helix 5W-30, Gratis 1 Liter Oli’. Penawaran menarik ini tersedia di seluruh cabang bengkel resmi Astra Peugeot yang tersebar di Sunter, Cilandak, BSD, Solo, dan Surabaya. Berlaku hanya selama di Bulan Februari 2021. (*)
LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi