Test Drive TATA Prima 2528 K, Dump Truck Paling Nyaman Dan Bertenaga

Harga TATA Prima 2528 K
TATA Prima 2528 K siap menaklukkan jalanan manapun

Jakarta, Otojatim.com PT. TATA Motors Indonesia, Mengadakan uji coba untuk kendaraan komersial yang baru saja mereka luncurkan di GIIAS 2017 silam. Bertempat di Desa Pelangi, Sentul Selatan, Jawa Barat pada tanggal 14 September 2017.

Kali ini kendaraan yang dicoba adalah TATA Prima 2528 K, Medium Truk yang diperuntukkan untuk proyek infrastruktur dan pertambangan. Dimana, varian yang dicoba kali ini adalah Dump Truck Heavy Duty. Oke, seperti apa impresi dari TATA Prima. 

Dimana TATA sedang mencoba peruntungan mereka di kendaraan Heavy Duty sekaligus masuk disaat momen pembangunan sedang gencar sekali. Untuk itu, Otojatim.com berkesempatan untuk mencoba kendaraan ini dan melihat seperti apa kehebatan dari Truk yang dibuat dari beberapa negara tersebut.

Tampilan sederhana dan tangguh 

Pertama kali melihat bentuknya, TATA Prima sepertinya dibuat dengan tampilan sederhana dan modern. Sehingga, penampilan sederhananya dan modern ini bisa dibilang mendukung kemampuannya melibas jalanan mulai dari tanah sampai bebatuan di areal pertambangan. 


“Karena kami mengusung efisiensi waktu, maka bentuk dari per daunnya sendiri kami ubah agar waktu perbaikan bisa lebih cepat. Selain memudahkan pekerjaan mekanik dimana mereka tidak perlu membuka ban lagi.” tukas Varun Satija, Head of Customer Care TATA Motor Distribution Indonesia. 

Karena pengunaan di daerah pertambangan menuntut efisiensi waktu serta kemudahan dalam perawatan. Hal ini yang dikejar oleh TATA untuk hadapi kompetitor mereka. 


Keunggulan Kelemahan TATA Prima 2528 K
Interiornya simpel sekali 
Interior begitu modern dan simpel 

Soal interior, TATA Prima 2528 K ini terbilang modern dan simpel sekali. Dimana letak tombol-tombol mudah dijangkau serta sudah tersedia teleskopik di setirnya. Wah, sungguh modern sekali Truk Heavy Duty tersebut. 

Information clusternya sendiri begitu mudah dibaca dan memudahkan sopir untuk mengetahui kondisi mesin dan rpm. Rasanya, information cluster TATA Prima ini begitu memanjakan penggunanya.

Spesifikasi TATA Prima 2528 K
Kunci dari Kenyamanan kabin adalah suspensi ini 
Kenyamanannya dari TATA Prima jadi perhatian serius. Dimana mereka menempatkan suspensi di kabin mereka. Alih-alih gunakan air suspension pada kursi penumpang dan pengemudi. Mereka malah gunakan suspensi di luar kabin. “Kami melihat kenyamanan pengguna adalah prioritas utama kami. Untuk itu, kami siapkan suspensi empat titik pada kabin TATA Prima,” tambah Varun. 

Selain itu, truk ini tersedia AC juga dan sepertinya, TATA mengerti bagaimana keinginan konsumen di Indonesia yang inginkan nyaman dan tangguh pada truk mereka.

Mesin dan penggerak yang tidak mengecewakan

Untuk mesinnya sendiri, TATA percayakan pada Cummins Euro 3. Dimana mesin asal Amerika ini bertenaga 280 dk dengan torsi mencapai 975 Nm di 1.500 rpm. Wah, torsinya sudah keluar di rpm yang rendah sekali. 

Lalu bagaimana torsi ini disalurkan ke 10 roda tersebut? Tenang saja, TATA Prima gunakan penggerak 6X4 dengan transmisi dari ZF 9 percepatan. Pastinya, mereka tambah dengan Crawler gear, memang gigi ini digunakan saat beban penuh dan jalan menanjak. 

Saat mencoba dengan trek bervariasi, mulai dari turunan curam lalu lumpur dan halang rintang mudah dilewati. Apalagi saat berjalan, seperti tidak membawa truk berukuran besar. Apalagi saat bermanuver dengan kondisi jalur pengetesan yang begitu sempit sekali. Sungguh, TATA Prima bisa melewati semuanya. 


Bahkan, kemampuan torsinya ini yang patut diacungi jempol. Dimana bekerja di putaran rpm 1.500 saja. Cukup gunakan gigi satu dan bisa berjalan mulus. Sungguh, enak sekali membawa Truk Heavy Duty ini. Dimana torsinya begitu melimpah dan tenaganya pun bisa tersalurkan ke penggeraknya. Bahkan, produk ini bisa laris dengan dukungan after sales yang bisa dikustomisasi atau modifikasi sesuai dengan kebutuhan fleet perusahaan. 
Share on Google Plus

About Adiyasa Prahenda

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen