Ngetes Suzuki New Carry Pick Up. Irit, Gak Gampang Overheat Meski Macet dan Nanjak

konsumsi bbm suzuki carry pick up

Otojatim.com - Ketika ada kebutuhan pengiriman perabot dari Surabaya ke kota Batu Malang, kami dibantu oleh PT United Motor Centre (UMC) selaku main dealer mobil Suzuki di wilayah Jawa Timur, berupa peminjaman satu unit test drive Suzuki New Carry Pick Up. Kesempatan ini sekaligus kami gunakan untuk mengetahui sejauh mana performa mobil ini dalam melahap tanjakan berkelok dengan muatan penuh.

Kami mencoba keandalan dan performa Suzuki New Carry Pick Up mengarungi jalanan dataran tinggi sepanjang jalur Pasuruan ke Malang dan terus merayap sampai ke kota Batu dalam kondisi traffic yang cukup padat di liburan akhir minggu.

Kabin Lega
Selain mengangkut barang, dalam perjalanan kali ini Suzuki New Carry Pick Up ini juga mengakomodasi tiga orang. Ternyata ruang kabin yang tersedia cukup lega dan tidak terasa berdesakan. Terbilang nyaman di kategori mobil komersial karena busa joknya tebal, meski bangku tak bisa dimaju-mundurkan seperti kendaraan penumpang. Sliding seat hanya tersedia di sisi pengemudi.

Ruang kaki cukup luas dan lega bagi driver dengan tinggi 175 cm seperti saya.

Fitur Lengkap di Kelasnya
Sebagai mobil pick up, kabin Suzuki New Carry Pick Up sangat akomodatif dengan mempunyai enam tempat penyimpanan barang, termasuk tempat botol dan kantong di belakang jok, sehingga membuat barang-barang tersimpan rapi.

5 Kerugian Saat Kelebihan Muatan Pada Mobil Pick Up

Kenyamanan kabin mobil ini sangat diperhatikan oleh Suzuki dengan disematkannya Air Conditioner, dan setir yang enteng berkat Electric Power Steering (EPS) serta audio 1Din dengan kualitas standar.

Berkat fitur-fitur tersebut, perjalanan pun tidak membosankan, padahal sepanjang perjalanan diwarnai dengan kemacetan. Khususnya bottle neck keluar dari Sidoarjo. Dan ketika memasuki area Karanglo menuju arah Batu yang macet panjang yang rutin terjadi ketika weekend tiba.

Suzuki New Carry Pick Up juga sudah dilengkapi dengan fitur immobilizer yang dapat mencegah terjadinya kehilangan kendaraan.

Suspensi belakang kuat, suspensi depan nyaman.
Suspensi Macpherson Strut di depan dan Leaf Rigid Axle di belakang tidak bekerja terlalu berat saat kami membawa muatan kurang lebih seberat 500 kg. Masih jauh dari batas yang disarankan dari mobil ini yang mampu mengangkut hingga satu ton.
tonase suzuki carry pick up
Sektor suspensi tidak ada masalah sama sekali, meski beberapa kali mobil harus turun aspal menembus kemacetan ataupun terantuk sambungan jalan dan lubang jalan rusak yang menganga. Driver dan penumpang merasa cukup nyaman saat Suzuki New Carry Pick Up melewati kondisi ini.

Ya, meskipun angka nyamannya tidak bisa dibandingkan dengan kelas mobil penumpang.

Suzuki menambahkan kekuatan pada bagian suspensi Suzuki New Carry Pick Up dengan meninggikan komponen-komponen kunci untuk mengurangi kerusakan, termasuk ground clearance yang cukup tinggi.

Pengendalian mudah
Membawa beban dalam kemacetan tidak membuat kesulitan dalam mengendalikan mobil ini. Punya radius putar 4,4 meter dan fitur Electric Power Steering (EPS) menjadikan kemudi terasa ringan dan mudah dikendalikan. Terutama ketika harus putar balik kanan saat mengalami salah jalan dan harus mencari jalur lain.

Performa Mesin Mumpuni
Suzuki New Carry Pick Up menggunakan mesin K15B-C dan DOHC 16 Valve yang berkapasitas 1.500 cc. Mesin ini sama dengan yang digunakan mobil penumpang Suzuki Ertiga namun disetting khusus untuk kendaraan komersial.

Harga Suzuki Carry Minibus

Mampu menghasilkan tenaga 97 ps @ 5.600 rpm dan torsi sampai 135 Nm @4.400 rpm. Kemampuan mesin ini lebih baik dari mesin G15A versi lama yang memproduksi tenaga 78,8 ps @ 5.500 rpm dan torsi 120 Nm @ 3.000 rpm.

Sepanjang perjalanan yang didominasi kemacetan dan cenderung terus menanjak, tenaga yang dikeluarkan Suzuki New Carry Pick Up tak pernah kendor. Walaupun saya lebih sering mengendarai dengan cara eco-driving untuk menghemat bahan bakar.
suzuki carry pick up kuat nanjak
Konsumsi bahan bakar Suzuki New Carry Pick Up yang dicapai dalam perjalanan kali ini ketemu angka 14 km per liter. Termasuk dihitung saat turun dari kota Batu ke Surabaya dengan muatan kosong. Total perjalanan menempuh 250 km.

Tentunya hasil ini pasti berbeda-beda dengan driver lain dikarenakan gaya mengemudi dan jumlah muatannya juga tak sama.

Yang menarik yaitu, kekuatan mesinnya berbeda ketika kami bandingkan mengetes pickup merek lain dengan cara menyetir dan kondisi kemacetan yang sama. Ternyata mesin Suzuki New Carry Pick Up tidak mudah dilanda panas berlebih meski harus sering antre di belakang mobil lain dengan posisi menanjak.

Kesimpulan kami, mobil ini sangat dapat diandalkan baik dari sisi performa maupun kemampuan angkutnya. Tak salah jika Suzuki New Carry Pick Up ini merajai segmen pick up di Tanah Air.(*)
LihatTutupKomentar
close
daftar yamaha maxiday 2022