iklan jual beli mobil

Wajib Ada di Mobil, 5 Alat Ini Bisa Jadi Penyelamat Hidup

  • Segala kemungkinan bisa saja terjadi di perjalanan. Untuk itu, harus ada tindakan antisipatif agar segala resiko bisa diminimalisir. Salah satunya dengan selalu menyediakan peralatan pendukung di dalam mobil, apa saja itu?


Otojatim.com - Semua orang pasti menginginkan perjalanan  lancar tanpa hambatan hingga sampai ke tujuan. Namun kenyataannya, tak ada yang bisa memprediksi apa yang bakal terjadi di jalan. Untuk meminimalisir resiko, kita harus mempersiapkan diri dengan pengetahuan dan peralatan yang mumpuni.

Kebanyakan orang menganggap peralatan yang harus dibawa di dalam mobil hanya ban serep, dongkrak, dan kunci-kunci untuk keperluan ganti ban saja. Padahal masalah yang umum terjadi pada mobil bukan hanya soal ban bocor saja.

Berikut ini peralatan yang wajib ada di dalam mobil karena dapat menjadi penyelamat hidup jika terjadi kerusakan di perjalanan.

1. APAR (Alat Pemadam Api Ringan)

Korsleting listrik atau overheating bisa menyebabkan kebakaran. Sediakan satu APAR di dalam mobil untuk memadamkan api sebelum menjadi semakin besar dan sulit dikendalikan. Dengan begitu fatalitas dan kerugian bisa diminimalisir.

Namun, setiap APAR memiliki masa kadaluarsa. Biasanya 2-5 tahun saja. Jika lewat dari itu, maka biasanya isi APAR akan membeku dan tidak bisa lagi digunakan. Untuk itu, wajib cek secara berkala agar tidak percuma.

2. TPMS (Tire Pressure Monitoring System)
Salah satu penyebab kecelakaan di jalan adalah tekanan udara ban yang tidak ideal. Kurang tekanan udara bisa membuat laju kendaraan berat dan boros bahan bakar. Sebaliknya jika terlalu berlebihan bisa membuat cengkraman ban ke aspal berkurang.

TPMS berfungsi mendeteksi jika ban kempes atau pecah. Sering kali pengemudi tidak menyadari ada masalah pada ban, terutama saat mobil melaju dengan kecepatan rendah. Dengan TPMS, anomali pada ban akan terdeteksi sedini mungkin sehingga pengemudi dapat segera mengambil tindakan.

3. Carbon Monoxide Alarm
Alat ini berfungsi mendeteksi dan memberi peringatan jika ada asap knalpot yang masuk ke dalam kabin mobil. Kebocoran di sekitar header juga akan terdeteksi dengan Carbon Monoxide Alarm ini.

4. Pompa Ban Elektrik
Pompa ban mobil akan jadi penyelamat di saat susah. Alih-alih menggunakan pompa manual yang memakan tempat saat disimpan dan membutuhkan tenaga lebih ketika digunakan, pompa ban digital jadi solusi yang lebih baik.

Pilih pompa ban dengan kekuatan yang sesuai. Semakin besar dan tebal ban mobil, maka membutuhkan pompa berkekuatan Psi yang besar pula. Jangan memaksakan untuk membeli yang ada, karena pompa dengan Psi yang tidak sesuai bisa merusak ban.

5. Senter
Meski terkesan sepele, tapi nyatanya senter bisa mempermudah segala urusan, terutama di malam hari. Mengganti ban, mengecek bodi mobil, hingga mencari barang yang hilang di malam hari akan sulit jika tanpa penerangan. Pilih senter yang cahayanya mumpuni agar tidak sia-sia.

Selebihnya, pastikan Anda selalu waspada selama berkendara. Jangan lupa mengecek kondisi kendaraan sebelum melakukan perjalanan, dan jangan abaikan servis rutin. Dengan demikian performa kendaraan Anda selalu dalam kondisi prima.
LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi