Melihat Museum Moto Guzzi Di Kota Mandello Del Lario Kembali Dibuka

Museum Moto Guzzi

Mandelo del Lario, Otojatim.com - Moto Guzzi Museum di Kota Mandello del Lario, Italia, telah resmi dibuka kembali sejak 29 April 2022, merayakan sejarah panjang sepeda motor, pencapaian, dan para pahlawan merek Moto Guzzi.

Renovasi museum ini bertujuan untuk menyambut proyek baru, yang telah lebih dulu diperkenalkan, untuk pemugaran penuh seluruh area pabrik yang akan menjadikan Moto Guzzi sebagai hub yang benar-benar terbuka untuk umum.

Indonesia Resmi Hadirkan Moto Guzzi V7 III Racer 10th Anniversary

Museum ini menawarkan pengalaman berkunjung yang didesain ulang sepenuhnya, memamerkan koleksi sepeda motor luar biasa yang kini dibagi ke dalam tiga area utama bertematik, yakni model komersial, model balap, dan model militer, yang semuanya disusun secara runut.

Koleksi langka dan menarik merupakan satu-satunya di dunia, yang mana terhitung total 160 tipe model telah direstorasi secara detil dan teliti selama beberapa bulan terakhir, dengan operasional berharga yang ditangani langsung oleh staf lokal Moto Guzzi.
museum moto guzzi
Dimulai dari G.P. sebagai varian model unik yang telah hadir sebelum berdirinya Moto Guzzi, hingga model-model terkini yang masih dan masih diproduksi, seperti salah satunya V85 TT, menjadikan kunjungan ke museum ini sebagai pengalaman sekali seumur hidup dalam mengenal sejarah merek Italia yang luar biasa ini.

Area baru di lantai dasar museum ini memajang deretan sepeda motor yang diproduksi dari tahun 2000 hingga saat ini, seperti di antaranya California 1400 yang gagah dan Stelvio 1200 yang tangguh. Secara keseluruhan, sejarah Moto Guzzi diceritakan mulai dari bagian pertama di lantai dasar dengan menampilkan G.P. 1919, prototipe yang menjadi cikal bakal “Normale” sebagai produksi massal pertama Moto Guzzi pada 1921 silam.

Indonesia Boyong Empat Moge Premium: Aprilia 660 series dan Moto Guzzi V series

Perjalanan berlanjut ke lantai dua, yang memamerkan model-model produksi tahun berikutnya hingga awal milenium baru, serta berbagai sepeda motor untuk fungsi militer.

Kunjungan tersebut kemudian berlanjut ke area kedua yang berlokasi di lantai dasar, di mana menjadi rumah bagi seluruh model sepeda motor balapnya, termasuk koleksi kendaraan legendaris seperti Otto Cilindri yang futuristik pada masanya, di mana memberikan 14 gelar juara dunia untuk Moto Guzzi.
museum motoguzzi
Berbagai penambahan baru turut disematkan ke bagian ini, termasuk area yang didedikasikan untuk mendian Omobono Tenni, pembalap legendaris Moto Guzzi yang memenangkan Tourist Trophy pada tahun 1937. Lalu pada bagian ketiga dari ruang pameran baru ini menampung model-model langka, seperti 3X3 “Mulo Meccanico” sebagai kendaraan kerja di dekade 1960-an dengan penggerak tiga roda dan sespan Trialce, yang pertama kali diproduksi pada 1940 silam. Tampilannya juga mencakup lembar informasi untuk setiap model.

Beberapa di antara banyak sepeda motor luar biasa yang dipamerkan adalah: G.T. “Norge” dari akhir dekade 1920-an, Sport 15 sebagai kreasi futuristik yang berasal dari masa tahun 1930-an, Guzzino dari tahun 1940-an, Falcone yang diterima luas di kancah budaya populer, Galetto 192 dan V7 Sport yang berkesan sporty bagi muda-mudi di era 1970-an. Koleksi juga semakin lengkap dengan dipajangnya V50, Daytona 1000 yang super sporty, Griso yang lebih baru dan MGX-21 yang tampil unik.

Mau Test Ride Moto Guzzi? Langsung Ke Motoplex Surabaya

Akses masuk Moto Guzzi Museum sepenuhnya bebas biaya, di mana turnya dimulai dari gerbang merah yang terkenal melalui Parodi 63 di Kota Mandello del Lario, dari Senin hingga Sabtu.

Khusus hari Senin hingga Kamis, Museum buka dari pukul 2.30 siang waktu setempat hingga 4.30 sore, serta kunjungan harus melalui pemesanan sebelumnya. Adapun jam operasional untuk hari Jumat dan Sabtu diperpanjang hingga delapan jam, akses masuk gratis dari pukul 10.00 pagi waktu setempat hingga pukul 6.00 sore, serta pemandu tur tersedia jika dipesan terlebih dahulu.(*)
LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi