-->
close
Sepeda Jakarta-Surabaya

Suzuki XL7, Dari Bermesin Enam Silinder ke Empat Serta Eksistensi 7 Penumpang

Suzuki Kembali Hadirkan XL7 sebagai jawaban untuk Low SUV di Indonesia 


Jakarta, Otojatim.com Legenda XL7 sudah mengakar kuat di Indonesia. Sebagai pelopor Low SUV 7 penumpang, Sepatutnya mobil ini menyandang legenda SUV bermesin enam silinder dengan konfigurasi V dan interior mewah buat era tersebut sudah dikatakan mewah sekali. Iya, menyandang nama Grand Escudo XL7 SUV satu ini digemari sekali pada era milenium sampai akhirnya berhenti produksi pada tahun 2009.

11 tahun berikutnya, Suzuki memutuskan untuk hadirkan Suzuki XL7 dengan platform baru dan kali ini meminjam platform dari Suzuki Ertiga, hasilnya jadi sebuah Low SUV 7 penumpang dengan mesin baru dan berbeda sekali dibandingkan model terdahulu. Oke, kita bandingkan bentuk bodi dari Suzuki XL7 dengan model terdahulu.

Bodi pun, Suzuki XL7 lebih condong ke Ertiga. Memang, platform gunakan model Ertiga dan kapasitas kursi berbeda dengan yang dimiliki di India. Alhasil, XL7 jadi pertama di seluruh dunia yang adopsi model ini. Lantas, perbedaan dengan XL7 generasi sebelumnya, terletak di platform dimana dulu masih gunakan model Escudo dengan target kalangan menengah ke atas.

Suzuki Grand Escudo XL7


Maka, bentuk dari XL7 sekarang ini jauh sekali dan radikal perubahan bentuknya. Hal itu dilakukan supaya harga yang dipatok dari XL7 sekarang ini tidak terlalu mahal. Selain itu, kesan mewah dari Escudo XL7 sendiri tetap dipertahankan dengan sedikit auro sporty ditambahkan pada model terbaru.

Mesin, Escudo XL7 gunakan mesin dengan kapasitas mencapai 2.500 cc dengan konfigurasi V6. Bertolak belakang dengan XL7 terbaru gunakan mesin 1.500 cc empat silinder berkode K15B, mesin ini  digunakan oleh Ertiga dan Suzuki Jimny. Sepatutnya, mesin ini sudah teruji sekali keunggulannya.

Fitur sendiri, kalau membandingkan keduanya pun tidak elok, Karena Escudo XL7 sudah hadir dari tahun 1998 dan bertahan hingga 2008-2009. Setelah itu, tidak ada lagi pengembangan model ini. Sehingga lompatan fitur yang diberikan pun sesuai dengan keinginan dan perkembangan teknologi tersebut.


LihatTutupKomentar