Cari Alamat dan Telepon Dealer:

Video: 17 Kejutan Saat Test Drive Toyota All New Rush 2018

review toyota rush
Test drive Toyota All New Rush 2018, tipe TRD Sportivo

Malang, Otojatim.com - Kami beruntung diberi kesempatan oleh Toyota Astra Motor (TAM) untuk menjajal langsung produk SUV terbarunya yaitu Toyota All New Rush. Pada Rabu 10 Januari 2018, dengan mengambil lokasi test drive di Malang dan Surabaya, kami telah mencoba bagaimana impresi berkendara, performa maupun fitur-fitur yang ada di Toyota Rush baru ini.

Toyota All New Rush memposisikan dirinya menjadi kendaraan yang modern dan advance, mengedepankan desain stylish dan up to date. Toyota menciptakan Rush sebagai kendaraan yang tough. Tahan banting dan dapat diandalkan di segala situasi.

Kami cukup terkesan dengan beberapa hal yang kami temukan pada New Rush, setidaknya hal ini belum ada di produk Toyota yang lain, di antaranya adalah :
  1. Full LED Headlamp.
    spesifikasi toyota rush
    Kami telah mencoba mengendarainya di malam hari, dan sinarnya sangat bagus sekali. Terangnya putih, batas sinarnya tegas tapi tidak menyilaukan. Begitu pula lampu belakangnya juga LED.
  2. Kap mesin Toyota Rush sepertinya sengaja dipahat membentuk otot-otot yang kekar. Juga disematkan pelindung kolong di bawah bumper.
    kelebihan toyota rush
    Dari tampangnya bisa kita lihat, diam saja sangar, apalagi kalo sudah berlari.
  3. Desain grillnya yang besar dan bermotif piano black. Ini berwarna chrome tapi gelap. Bukan chrome yang terang.
    kekurangan toyota rush
    Lebih kalem tapi berkesan mahal. Begitu pula rumah foglampnya.
  4. Desain rumah spion yang aerodinamis, mampu mereduksi suara angin yang mengganggu sehingga tidak sampai terdengar di dalam kabin.
    keunggulan toyota rush
    Dipercantik pula dengan lampu sein LED. Tak ketinggalan, antena sirip hiu menghiasi atap mobil sehingga mirip-mirip mobil zaman
  5. Tambahan sayap di bawah spoiler belakang yang mereka sebut dengan side signature fin.
    kelemahan toyota rush
    Kami rasa ini tidak ada gunanya, hanya membuat seakan-akan mobil bertambah panjang sehingga lebih enak dilihat bila dipadukan dengan ground clearancenya yang tinggi.
  6. Khusus tipe TRD Anda mendapatkan Smart Start dan Smart Entry system, tapi di tipe G, Anda hanya akan mendapatkan Smart Start Button, tanpa Smart Entry.
    perbandingan toyota rush
    Di tipe G Anda harus memencet remote untuk membuka pintu.
  7. Dengan dihilangkannya tire hanger atau konde ban serep di belakang, kini bodinya menjadi lebih panjang sekitar 23 centimeter.
    ban serep toyota rush
    Otomatis ini membuat akomodasi interior menjadi lebih lapang, dan terutama adalah bagasi yang bertambah 15 centimeter. Anda bisa mengangkut 4 kemasan galon air mineral di belakang.
  8. Kemewahan makin terasa ketika Anda mendapatkan AC Digital. Ya, hanya sekadar digital, belum dual zone atau climate control.
    toyota rush ac digital
    Tapi tak apa, ini sudah cukup mewah untuk kendaraan sekelas Toyota Rush.
  9. Total terdapat 8 speaker untuk memanjakan telinga Anda, dan di tiap baris bangku terdapat power outlet untuk mengisi ulang baterai gadget Anda.
    speaker toyota rush
    Kenapa dipilih power outlet 12 volt bukan colokan USB biasa seperti merek sebelah? Memang Anda harus beli charger dulu, tapi ini juga bisa untuk ngecas yang lain.. kulkas portable misalnya.. ini membuat petualangan makin seru.
  10. Toyota Rush dibuat lebih kedap suara kira-kira lebih senyap 5 persen daripada versi Rush yang lama. Kami mencoba dan memang benar untuk eksternal noise jauh berkurang..tapi saat kami pacu mobil ini masih terasa jelas suara raungan mesin masuk ke dalam kabin.
    tingkat kekedapan toyota rush
    Test internal Toyota Astra Motor
    Mungkin perlu tambahan insulator di antara ruang mesin dan kabin serta antara sasis dan knalpot.
  11. Setidaknya ada 6 faktor kenyamanan yang jauh lebih baik dibanding Rush yang lama, yaitu: Handling stability, Riding comfort, noise and vibration, dan seating position.
  12. Toyota Rush menggunakan mesin yang sama dengan Veloz, pemilihan mesin ini diklaim membuat konsumsi  bahan bakar makin irit 20 persen
  13. Yang anda .bisa lihat di gambar ini, mesin Toyota Rush mempunyai lubang napas atau semacam snorkel  yang diletakkan di atas radiator.
    mesin toyota rush
    Kurang lebih tingginya 70 cm dari tanah. Ini supaya lebih aman bila menghadapi situasi banjir.
  14. Selain 6 airbag, fitur keamanan yang sebelumnya tidak ada di Rush lama adalah EBD dan Brake Assist.
    airbag toyota rush
    Driver and passanger airbag. Curtain and side airbag kanan-kiri. Total ada 6 airbag
    Serta adanya Vehicle stability control dan Traction Control.
  15. Menurut kami, Traction Control membatasi power yang tersalur pada roda penggeraknya sehingga tarikan terasa terhambat. Itu kami rasakan ketika bermain-main dengan tombol pengaturan traction control.
    fitur keamanan toyota rush
    Cakram lebih besar diameternya dibanding model lama. Plus ABS, EBD dan BA. TRC VSC dan parking camera.
    Tapi ketika kami utarakan hal itu kepada Toyota, mereka menganggap itu cuma sugesti test driver. Traction control satu paket dengan VSC, fitur yang mencegah ban mobil sliding, tidak berhubungan dengan power mesin.
  16. Oh ya, untuk tipe automatik, meski tombol traction dinonaktifkan, secara default dia akan kembali aktif ketika engine berada di 4000 RPM
  17. Head unit bisa terkoneksi dengan gadget, aplikasi waze dan internet browser.

Impresi setelah menjalani test drive;

  • Untuk driving impression, handlingnya jauh lebih stabil daripada model terdahulu. Ini dikarenakan suspensi telah diracik ulang plus ditambahkan stabilizer. Saat menikung di bundaran tol dengan kecepatan 80 km/h tidak ada rasa ngebuang atau limbung.
  • Driving positionnya SUV banget, meski tanpa teleskopik steering, masih ada tilt steering yang dibantu dengan height adjuster untuk menyesuaikan pandangan ke depan
  • Suspensi sangat confident untuk melaju di jalan kriting tanpa terasa geyal-geyol lagi
  • Ketika harus menghadapi lubang di jalan ataupun terpaksa turun aspal, travel suspensi yang panjang membantu ban tetap menapak dengan baik dan menjaga laju kendaraan tetap tenang dan bodi sama sekali tidak mengayun
  • Legroom dan headroom sangat lega mulai depan sampai baris ketiga
  • Untuk performa kami tidak bisa memberikan nilai yang istimewa terhadap mesin yang dibuat untuk efisiensi BBM.  Sepertinya mobil ini sengaja dibuat untuk lebih sering dipakai di kondisi stop-and-go, sehingga supaya bisa mengeluarkan tenaga yang sebenarnya, Anda harus berani menekan pedal gas dalam-dalam sampai RPM menyentuh di atas 4.000, baru di sana mobil ini terasa lebih galak.
  • Dengan range harga di Jatim Rp250-270 jutaan, (harga sama dengan tipe lama tapi banjir fitur baru) seharusnya menjadikan Toyota Rush sangat kompetitif dengan rivalnya sesama SUV. Ataupun dengan varian crossover yang sekelas.


Baca juga:
Share on Google Plus

About Handi Cahyono

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Imlek Hyundai