Kontes Irit Isuzu GIGA Commonrail, Cetak Sopir Pintar Penghemat BBM

Jakarta, Otojatim.com - Biaya paling besar dalam operasional truk adalah bahan bakar, dan salah satu faktor penentunya adalah bagaimana sopir dapat mengemudikan kendaraannya dengan efisien. Untuk itu, pada periode Juni sampai Juli 2017, PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) dan dilernya mengadakan Eco Drive Contest.

Perlombaan ini mengapresiasi driver yang mampu mengemudikan truk Isuzu GIGA secara ekonomis dan efisien. Tahun ini adalah periode tahun kedua Isuzu mengadakan Eco Drive Contest.


Aturan main kontes ini adalah membandingkan data konsumsi bahan bakar SEBELUM vs SESUDAH para sopir diberikan training tentang eco driving. Pada permulaan sebelum lomba, data aktual konsumsi BBM harian akan diunduh dari DRM (Data Record Modul) yang dimiliki Isuzu GIGA. DRM menyimpan histori pengoperasian truk, salah satunya termasuk mengenai konsumsi BBM.

eco driving isuzu contest
Para pemenang dan perwakilan perusahaan fleet konsumen Isuzu - Pemenang berhak mendapatkan hadiah menarik yang diserahkan oleh Takuji Kani (duduk paling kanan) selaku CV Marketing Director di booth Isuzu pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017.
Isuzu GIGA adalah truk dengan teknologi tinggi yang sudah diatur dengan sistem Common Rail, dan dilengkapi dengan ECU (Electronic Control Unit) dan DRM (Data Record Modul) untuk merekam histori pengoperasian truk, salah satunya adalah mengenai histori konsumsi bahan bakar.

Baca juga:

Setelah diberikan pelatihan mengemudi yang efektif dan efisien, driver diberi kesempatan mengoperasikan mengangkut muatan sesuai dengan aktivitas sehari-hari. Selang 3-4 minggu dari pencatatan DRM yang pertama, tim penilai akan mengunduh data konsumsi BBM untuk kedua kalinya dan dibandingkan data sebelumnya.

mesin isuzu giga irit
Mesin Isuzu GIGA commonrail bertenaga 285 PS
Eco Drive Contest 2017 ini diselenggarakan di customer Isuzu GIGA terpilih di area Jabodetabek, yaitu PT. Dakota Buana Semesta, PT. Otowa Logistik, PT. Alpha Lima Transisi, PT. Trans Darpi Indoneisa, dan PT. CJ Korea Express Indonesia

Masing-masing perusahaan diwakili oleh 5 orang pengemudi, dan selanjutnya dipilih dua pemenang dari masing masing perusahaan fleet tersebut. Pemenang berhak mendapatkan hadiah menarik yang diserahkan oleh Takuji Kani selaku CV Marketing Director di booth Isuzu pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017.

"Setelah di Jakara, Eco Drive Contest 2017 akan diselenggarakan pula di Surabaya dan Semarang. Semoga Eco Drive Contest 2017 ini dapat membantu pengusaha, pemilik truk, dan para sopir Isuzu untuk semakin meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar, dan dapat untuk meningkatkan skill pengemudi truk Isuzu, bagaimana mengemudikan truk secara efisien dan hemat bahan bakar," kata Maman Fathurrahman, Marketing Communication Dept Head PT Isuzu Astra Motor Indonesia.
Share on Google Plus

About Handi Cahyono

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen