Kesan Pertama Honda All-New CR-V: Makin Modern dan Banjir Fitur

Review All New CRV 2017
Dengan desain baru, memungkinkan CR-V melenggang bebas atau terjegal. Adiya/Otojatim

SUV (Sport Utility Vehicle) merupakan segmen mobil yang begitu digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Dimana kondisi jalanan yang masih tidak manusiawi dan gengsi yang masih terpelihara dengan rapi, membuat varian ini begitu digandrungi oleh pabrikan.

Melihat geliat SUV yang sangat kencang, membuat Honda dengan CR-V-nya berani keluarkan model terbaru mereka sekaligus refreshment pada SUV andalan mereka ini. Ya, CR-V generasi kelima sudah hadir. Dengan beberapa ubahan yang terbilang sangat radikal sekaligus menunjukkan eksistensi SUV yang begitu dikenal di 32 negara. 

Seperti apa perubahannya dan apa saja fitur-fitur dan keunggulan yang membuat generasi CR-V ini begitu istimewa dibandingkan generasi sebelumnya. Dan apa saja perbaikan yang dilakukan oleh Honda untuk hadapi ganasnya persaingan SUV di Indonesia. 

Eksterior berubah lebih modern 

Permintaan SUV dengan jumlah kursi mencapai tiga baris sangat banyak. Mengingat karakternya yang mampu melibas jalanan rusak dan ground clearance yang lebih tinggi ketimbang MPV, membuat SUV seperti CR-V begitu digemari. Cuma, dari generasi-generasi sebelumnya tidak ada baris ketiga malahan baris kedua saja. Alias bisa menampung lima penumpang saja. 

Karena itu, Honda CR-V memutuskan sedikit memanjangkan bodi dan sasis mereka supaya terakomodir baris ketiga-nya. Selain itu, perubahan bentuk terjadi pada grill, dimana desainnya lebih mewah dan futuristik sekali. Karena mengaplikasi headlamp LED, membuat CR-V terkesan futuristik sekali. 

Lalu buritannya yang sebelumnya terasa tidak proporsional akhirnya diperbaiki juga. Dengan beberapa ubahan seperti mulai dari lampu rem sampai pintu bagasi, seolah CR-V ini semakin gemuk saja. Tetapi, bagasinya saat ini sudah menggunakan tailgate power. Sehingga, tidak perlu repot saat membawa barang banyak bukan. 

Dasbor All-New CR-V 2017. Adiya/Otojatim
Interior mewah dan berkelas 

Soal interior pun rasanya CR-V tidak ada tandingannya, jika melihat desainnya, sebenarnya banyak sekali yang diubah oleh desainer seperti dasbor yang berkelas. 

Meter clusternya pun sudah serba digital meskipun masih menyisakan takometer yang masih gunakan model jarum. Namun secara keseluruhan sangat naik kelas CR-V kali ini. 

Soal akomodasi sendiri, banyak kemewahan yang bisa ditemui, mulai dari panoramic sunroof lalu wooden panel yang halus bila disentuh dan jok kulit yang memperkuat citra All-New CR-V. Memang, dengan peningkatan di bagian interior, membuat CR-V baru ini berbeda jauh apabila melihat generasi sebelumnya. 

Akses sedikit sulit bagi yang tinggi badannya lebih dari 170 cm. Adiya/Otojatim
Namun, jika melihat dari segi akomodasi fokus pada baris ketiga. Ada pengecualian bagi mereka yang punya tinggi badan lebih dari 170 cm. Karena ruang disediakan sebenarnya tidak mengakomodir kaki bahkan posisi duduk pun agak menyulitkan. 
Ruang bagasi begitu lapang namun kondisi berbeda dengan baris ketiganya. Adiya/Otojatim
Memang, kesan 7 seater yang menjadi keunggulan dari Honda CR-V hanya gimmick atau pelengkap saja. Toh sebutannya 5 plus 2 bisa mewakili ketimbang 7 seater beneran.

Mesin 1.5 Turbo yang berpotensi besar 

Mesin kecil dengan turbo semakin menarik perhatian. Adiya/Otojatim
Soal mesinnya, sebenarnya sangat menarik perhatian. Dengan kapasitas yang kecil dan penambahan turbo membuat bahan bakar lebih irit. Tapi, tenaga yang dihasilkan masih sama dengan mesin berkapasitas 2.400 cc

Memang, Honda masih menyediakan mesin 2.0 untuk konsumen yang punya budget terbatas atau mengincar model 5 seater. Rasanya, tidak mubazir mengeluarkan dua mesin sekaligus. Karena konsumen bisa memilih mana yang cocok dengan mereka. 

Namun mesin 1.5 Turbo ini punya potensi kuat apalagi sudah menyangkut keiritan bahan bakar. Sehingga, orang pun bisa saja ingin mengambil CR-V versi turbo ketimbang 2.0 N/A (natural aspiration=non-turbo), tetapi itupun belum bisa dipastikan sampai mobil ini bakalan berseliweran di jalanan. Apalagi transmisi yang diusung adalah CVT Earthdreams yang merupakan perpaduan pas. 

Sayangnya, transmisi 9 percepatan yang ditunggu-tunggu belum masuk kesini. Mungkin saja, pasangannya belum sesuai dengan mesin sekarang atau kemungkinan malah hadir dengan mesin diesel?

Harga

Soal harga sendiri, sebenarnya Honda CR-V masuk ke golongan SUV terjangkau. Mengapa dibilang terjangkau? Karena bisa dilihat dari rentang harga mulai dari Rp 432 Juta untuk model 2.0 lalu beranjak ke model 1.5 Turbo yang dibanderol cuma Rp466 juta dan Prestige sebagai varian tertinggi hanya Rp505 juta. 

Dengan rental banderol yang menyentuh Rp500 jutaan. Sebenarnya, masih terjangkau. Apalagi modelnya sudah berbeda jauh dan banyak fitur-fitur yang bakalan memanjakan pengguna, sebenarnya sangat pas untuk meminang CR-V terbaru ini. 


Jadi mempertimbangkan untuk meminang SUV ini? Atau malah berpikir dua kali? 
Share on Google Plus

About Adiyasa Prahenda

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen