Keputusan Nico Rosberg Mirip Mika Hakkinen, Pensiun di Puncak Karir Demi Keluarga?

Nico Rosberg, Juara Dunia Formula 1 2016 langsung pensiun setelah menerima trofi kemenangan

"Sebagai F1 driver kelihatannya enak dan glamour tapi butuh kerja keras dan pengorbanan. Sedikit waktu untuk keluarga"

- (Djembar Kartasasmita, punggawa Speedy Motorsports)

Otojatim.com - Tentunya ada alasan tersembunyi mengapa Nico Rosberg mengundurkan diri dari Dunia Balap Formula One pada musim 2017 mendatang. Keputusan yang terbilang mengejutkan semua pihak termasuk Toto Wolf, sebagai Chief of Mercedes F1 Team.

Mungkin saja Rosberg merasa lelah dengan rivalitas yang tak pernah berhenti sama sekali. Terutama persaingannya dengan Lewis Hamilton diibaratkan seperti Aryton Senna dan Alain Prost, namun hal tersebut berakhir tragis dengan insiden Aryton Senna menabrak tembok dan meninggal dalam perjalanan ke rumah sakit.

Baca:  Nico Rosberg Umumkan Pensiun dari Formula 1 
Memang selama musim 2016 ini, persaingan kedua pembalap Mercedes F1 Team ini begitu ketat dan sengit. Baik di sirkuit sampai press conference pun tidak pernah ada perang psikologi yang dilontarkan oleh kedua pembalap ini. Mungkin saja, persaingan menjadi juara dunia Formula One merupakan beban psikologis bagi setiap pembalap. Apalagi, Rosberg saat itu selisih poinnya begitu kecil dengan Hamilton.

Jika melihat kejadian Rosberg, mungkin bisa mengingat kisah yang sama dan terjadi pada salah satu pembalap Finlandia, Mika Hakkinen. Dimana dia mengumumkan pensiun di Formula One di umur yang tergolong masih mampu bersaing. Meskipun, alasannya pensiun karena performa dan juga isu keselamatan. Tetapi, sulitnya bersaing dengan Michael Schumacher membuat pembalap yang dijuluki Flying Finn ini lempar handuk.

Cuma, Mika Hakkinen sanggup menjadi juara dunia sebanyak dua kali dan itupun berturut-turut. Tahun 1998 dan 1999 menjadi masa keemasan Hakkinen. Berbeda dengan Nico Rosberg yang harus menunggu selama 10 tahun karirnya di Formula One dan berhasil jadi juara dunia.

Sayang sekali di usia yang tergolong masih muda dan sanggup bersaing dengan pembalap muda dan berada di puncak karir. Namun memutuskan mundur merupakan hal terbaik. Bahkan, Toto Wolff pun terkejut namun mengapresiasi keputusan anak didiknya tersebut. "Ini keputusan paling berani dari Rosberg dan menegaskan bahwa keputusan ini mutlak."

"Tapi kami hargai keputusannya dan akan mengambil opsi lain pada Senin mendatang," tukas Wolf yang dikutip dari BBC Sport. Pastinya, dengan mundurnya Nico Rosberg akan membuka jalan pembalap lainnya. Siapakah dia?

Naskah : Adiyasa
Share on Google Plus

About Adiyasa Prahenda

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen