Mitsubishi Pajero Sport Raih Car of the Year 2016

Mitsubishi Pajero Sport raih penghargaan Car of the Year 2016 versi jurnalis otomotif

JAKARTA (22/9), Otojatim.Com  - Forum Wartawan Otomotif Indonesia (FORWOT) tahun ini memberikan penghargaan kepada mobil terbaik yang beredar di Indonesia melalui FORWOT Car of the Year 2016.

Pada ajang tahun ini FCY berhasil menyaring 28 mobil terbaik di Indonesia dari 16 Agen Pemegang Merek (APM) yang ada di dalam negeri. Mobil-mobil yang dipilih merupakan model benar-benar baru (all-new) yang diluncurkan pada periode Agustus 2015 hingga Juli 2016.
Kelima merek finalis FCY 2016 adalah Chevrolet Trax, Honda Civic, Mitsubishi Pajero Sport, Toyota Sienta dan Toyota Kijang Innova. FCY yang digelar untuk keenam kalinya ini turut didukung oleh Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan dan GT Radial.

Indra Prabowo, Ketua Umum FORWOT menyebutkan, proses penjurian masih tetap mengacu pada Car of the Year Committe atau www.caroftheyear.org yang digunakan untuk pemilihan mobil terbaik di Eropa namun telah disesuaikan dengan kebutuhan pasar otomotif di Indonesia.

"Ada 25 juri dari jurnalis otomotif di Indonesia yang dilibatkan dalam proses pemilihan FCY 2016. Para juri memilih dengan cara polling dan penilaian scoring yang ketat," kata Indra.

Sedikit berbeda di tahun ini, FCY melibatkan seluruh anggota FORWOT dalam mencari lima mobil terbaik dari 28 model yang memenuhi kriteria. Kelima mobil terbaik kemudian melalui proses penjurian untuk memilih satu mobil yang paling baik, dengan sistem pengumpulan poin.

“Hasil penilaian para juri mengantar Mitsubishi Pajero Sport sebagai FORWOT Car of the Year 2016, dengan akumulasi nilai 189,5 poin. Mitsubishi Pajero Sport sukses mengungguli Kijang Innova dengan 140 poin, Civic 126,5 poin, Sienta 90 poin, Trax 79 poin,” sahut Gede Widiastra selaku Ketua Juri FCY 2016.

Intan Vidiasari, Head of MMC and MFTBC PR Departement PT KTB, Intan Vidyasari yang kerap disapa 'Mamabishi' mewakili Mitsubishi Pajero Sport menerima anugerah Car of the Year 2016 dari ketua FORWOT, Indra Prabowo

Indra berharap FORWOT Car of the Year mampu memberikan sumbangsih kepada industri otomotif Nasional sekaligus menjadi panduan bagi segenap konsumen otomotif di Tanah Air.

FORWOT Car of the Year adalah pemilihan mobil terbaik yang dilakukan oleh para jurnalis otomotif yang bernaung dalam Forum Wartawan Otomotif (FORWOT) yang telah dilaksanakan sejak 2009.

Untuk menentukan pemenang FORWOT Car of the Year, dewan juri berasal dari 25 jurnalis otomotif berbagai media Nasional yang secara seksama memilih dari 5 nominator FORWOT Car of the Year setelah disaring dari jumlah total mobil baru yang dipasarkan di Indonesia dalam periode waktu yang telah ditentukan dewan juri.

Lima finalis dipilih melalui voting, yang kemudian dari hasil lima nominator FORWOT Car of the Year ini, setiap juri menilai ulang mobil terbaik berdasarkan pertimbangan profesional mereka sebagai jurnalis otomotif. Pemilihan ini ditentukan dari point yang diberikan juri (system scoring), setiap juri mendapat jatah 25 point yang harus habis digunakan untuk memilih mobil terbaik dari lima finalis FORWOT Car of the Year. Yang keluar sebagai pemenang adalah mobil yang meraih point tertinggi.

Adapun kriteria penjurian adalah Design, Comfort, Safety, Economy, Handling, Performa, Functionality, Enviromental requirement, Driver Satisfaction, dan Price. Selain itu tentu saja preferensi yang tinggi dari para dewan juri terhadap mobil berdasarkan liputannya, seperti perkenalan produk, media test drive, dan lain-lain.
Share on Google Plus

About Handi Cahyono

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen