iklan jual beli mobil

Begini Caranya Bikin Akselerasi Yamaha NMAX TURBO Terasa Maksimal

  • Setelah sukses menggelar Launching dan Technical Workshop, kini Yamaha Indonesia memberikan pengalaman berkendara secara langsung bersama NMAX generasi terbaru untuk yang pertama kalinya kepada awak media.

Bogor, Otojatim.com – Yamaha Indonesia mengajak awak media menggali lebih dalam berbagai fitur dan pembaruan pada NMAX “TURBO” untuk selanjutnya diberi ulasan.


Kegiatan test ride itu dikemas dalam acara NMAX “TURBO” Media Experience yang berlangsung di Sirkuit Sentul Karting, Bogor, Jawa Barat, pada Kamis (27/6).

 

Awak media yang hadir tidak hanya bisa menjajal handling dan kenyamanan semata, tetapi juga membuktikan seberapa garang performa mesin Blue Core 155cc VVA generasi terbaru yang telah dilengkapi dengan teknologi YECVT.

Mayoritas peserta penasaran dengan fitur berkendara TURBO seperti Riding Mode dan juga Y-Shift.


“Sejak pertama kali diluncurkan di awal bulan Juni, ketertarikan publik terhadap teknologi baru yang ada pada NMAX “TURBO” memang sangat tinggi. Untuk menjawab rasa penasaran itu, Yamaha telah mengadakan berbagai kegiatan edukatif dan sharing experience. Mulai dari Technical Workshop hingga aktivitas test ride perdana khusus bagi awak media. Harapannya semua fitur terbaru bisa dicoba, mulai dari Riding Mode, Y-Shift hingga handling serta kenyamanan berkendara,” ungkap Antonius Widiantoro, Asst. General Manager Marketing–Public Relation, PT Yamaha Indonesia Motor Mfg. 


Acara NMAX “TURBO” Media Experience dimulai dengan sesi riding edukasi oleh instruktur dari Yamaha Riding Academy (YRA). Di sini, peserta mendapat penjelasan mengenai cara pengoperasian fitur Riding Mode dan juga Y-Shift agar pengendara bisa mendapatkan pengalaman riding yang lebih optimal saat berakselerasi di lintasan sirkuit.


NMAX “TURBO” memiliki dua pilihan Riding Mode, yakni T-Mode dan S-Mode yang bisa dijumpai di bagian depan stang kemudi kiri. T-Mode untuk berkendara yang lebih smooth, sementara S-Mode lebih agresif. Jika pengguna memindahkan mode dari T ke S saat sedang berkendara konstan, maka rpm motor akan naik 500 – 1.000 rpm.


Sementara tombol Y-Shift dapat digunakan untuk melakukan akselerasi ataupun deselerasi secera lebih cepat. Caranya dengan menekan tombol Shift yang terletak pada bagian bawah stang kemudi kiri. 

Berikut ini cara pengoperasian fitur untuk mendapatkan akselerasi dan deselari yang optimal:


Akselerasi

A. Posisi Standing Acceleration / 0 km Saat Start

  1. Opsi 1: Membuka gas secara cepat untuk auto shift ke 1. Kemudian dilanjut dengan melakukan shift 2 – 3 kali secara manual dan cepat (rpm kurang lebih akan mencapai angka 7.000). Note: Hindari jeda terlalu lama saat melakukan shift 1 – 3, karena jika rpm sudah tinggi, feeling akselerasi instan tidak terasa.
  2. Opsi 2: Membuka gas secara konstan, kemudian tekan tombol shift 1 kali, lalu buka gas secara cepat untuk auto shift ke 2 dan dilanjut menekan tombol shift secara manual dengan cepat untuk shift ke 3.
  3. Jika dengan menekan tombol shift akselerasi dirasa masih kurang, pengendara bisa merubah mode berkendara dari T ke S.


B. Posisi Passing Acceleration / Saat Ingin Mendahului Kendaraan atau Keluar Tikungan

  1. Tutup gas kemudian tekan shift 1–3 kali sesuai kebutuhan.
  2. Buka gas sedikit atau konstan (gantung rpm).
  3. Lanjut dengan membuka gas secara cepat dan akan terasa dorongan instan pada motor

Deselerasi

  1. Tutup gas dan tekan tombol shift 1–3 kali (shift 3 untuk deselerasi maksimal).
  2. Saat sebelum masuk atau ketika menikung: tutup gas dan lakukan shift sesuai kebutuhan 1–3 kali, ban belakang motor tidak akan mengunci dan motor tetap stabil untuk dikendarai.
  3. Saat jalanan menurun panjang: bisa melakukan Shift secara berulang dengan menekan shift 1–3 kali, kemudian tekan tombol Mode untuk me-release shift, dan tekan tombol Shift kembali sesuai kebutuhan.

Me-release Y-Shift

  1. Opsi 1 : Membuka gas secara cepat.
  2. Opsi 2 : Tekan tombol mode sebanyak 1 kali (jika 2 kali akan merubah mode berkendara).
  3. Opsi 3 : Tutup gas secara konstan.


NMAX “TURBO” juga dilengkapi berbagai fitur canggih lainnya seperti: TFT Infotainment Display, Navigation System, Y-Connect, Dual Channel ABS, Traction Control System, Power Outlet dengan USB Type C, Smart Key System, sistem pencahayaan full LED, dan masih banyak lagi.

LihatTutupKomentar

Video: Toyota Calya Raih Bintang 4 Uji Keselamatan ASEAN NCAP

Otojatim.com - ASEAN NCAP, lembaga yang bertanggung jawab atas penilaian keselamatan kendaraan baru di kawasan Asia, baru-baru ini merilis ...

close
harga yamaha lexi