vespa batik

Cegah Pemalsuan Oli, Toyota Sematkan QR Code

  • Toyota memperkenalkan fitur TMO QR Code Anticounterfeit, dimana para pelanggan bisa dengan mudah mengecek sendiri keaslian oli TMO lewat smartphone.

Otojatim.com - Demi memenuhi kepuasan pelanggan, PT Toyota-Astra Motor (TAM)  berfokus di ranah “service (retention)” yang merupakan tahapan dengan periode terlama dalam berhubungan dengan pelanggan. Salah satu caranya yakni lewat program T-Care, servis berkala bebas biaya jasa dan suku cadang hingga servis berkala ke-7 (maks. 3 tahun/60.000 km).


Salah satu suku cadang yang diberikan bebas biaya pada program T-Care adalah TMO, yang merupakan genuine oil keluaran TAM khusus untuk pasar Indonesia. Formula TMO Lubricant telah disesuaikan dengan kinerja seluruh jenis mesin Toyota sehingga performanya tetap optimal.


TMO memiliki ACTIFILM Technology Double Protector yakni lapisan membran dengan keseimbangan formula yang optimal sehingga mampu melindungi setiap bagian mesin bahkan celah terdalam dan terkecil sekalipun dari keausan dan kebocoran, serta sekaligus berfungsi sebagai penghancur kerak pada dinding mesin.


Baru-baru ini, TAM meluncurkan 2 varian baru dari oli Toyota TMO. Varian TMO 0W-16 SN GF-5 (Applicable for SP GF-6) cocok untuk model-model terbaru Toyota seperti All New Voxy, Camry Hybrid, Raize, dan All New Kijang Innova Zenix. Varian lainnya adalah TMO LITE 0W-20 SN GF-5 yang cocok untuk kendaraan Toyota dengan kapasitas oli sama atau di bawah 3,5L seperti mobil LCGC (Agya dan Calya), Avanza, Veloz, Raize, Sienta, Yaris, Rush, dan lain-lain.


Kini, TAM kembali melakukan improvement baru terhadap TMO dengan fitur TMO QR Code Anticounterfeit, dimana para pelanggan bisa dengan mudah mengecek sendiri keaslian oli TMO.


Hadirnya fitur TMO QR Code Anticounterfeit tersebut dilatarbelakangi oleh kondisi akhir-akhir ini, dimana peredaran oli palsu meningkat dan semakin meluas di pasaran. Meskin pihak berwenang telah turun tangan membasmi kasus ini, namun pemalsuan oli masih banyak terjadi. Sehingga konsumen harus semakin waspada terhadap oli palsu terutama jika tutup botol atau kemasannya ditemukan dalam kondisi tidak baik seperti retak, rusak, kasar, atau kurang rapih. 


Padahal penggunaan oli palsu dapat sangat merugikan konsumen karena bisa merusak mesin kendaraan seperti gampang muncul endapan, perlindungan terhadap panas tidak optimal, dan sebagainya yang merusak kendaraan.


“Kami mengimbau agar pelanggan Toyota waspada terhadap peredaran oli TMO palsu. Dengan adanya fitur TMO QR Code Anticounterfeit, pelanggan bisa mengecek keaslian oli TMO sehingga mereka akan merasa semakin aman dan terjamin. Ini kami lakukan karena Toyota berkomitmen kuat memberikan total ownership experience dan peace of mind kepada pelanggan,” kata Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT TAM.


Fitur QR Code Anticounterfeit ini tersedia pada TMO yang dipasarkan di seluruh jaringan resmi Toyota di Indonesia. Tersedia juga di jaringan luar Toyota seperti toko spareparts.


Pengecekan keaslian oli TMO dapat dilakukan dengan cara scan QR Code di seal aluminium tutup botol TMO melalui handphone. Ada 3 informasi yang muncul pada fitur ini, yaitu:

  • Informasi mendapatkan produk asli (genuine)
  • Informasi produk telah di-scan 1x (potensi pemalsuan)
  • Informasi produk tidak dikenali (potensi pemalsuan)


Pelanggan juga bisa mengecek keaslian TMO dengan melakukan metode 4C (Congkel, Cabut, Copot, Cek). Dengan metode ini, konsumen telah berkontribusi mengurangi peredaran produk palsu yang modusnya penggunaan ulang kemasan karena pelanggan harus merusak kemasan tutup botol.

Adapun cara metode 4C adalah sebagai berikut:

  • Congkel segel tutup botol TMO, Anda bisa menggunakan obeng kecil
  • Cabut penutup plastik tutup botol TMO
  • Copot kepingan kertas pelindung seal aluminium TMO
  • Cek kode QR yang tercetak di seal aluminium tutup botol TMO


Setelah memindai kode QR pada seal aluminium botol TMO, pengguna diarahkan ke website tmo.toyota.astra.co.id. Jika oli TMO terdeteksi asli, konsumen akan mendapatkan informasi telah melakukan scan QR Code untuk kali pertama, yang artinya produk oli itu asli dari pabrik dan tidak pernah dibuka sebelumnya.


Untuk memastikan keamanan produk, kemasan TMO juga menerapkan sistem ratchet & snap, yakni tutup botol dan botol menyatu untuk mencegah penggunaan kembali.


Sepanjang 2022, TMO mencatatkan total penjualan lebih dari 18,4 juta liter, naik 23,5% dibandingkan tahun 2021. Saat ini TMO memiliki total 7 varian sebagai berikut:

Tipe Oli

Mesin

Varian TMO

Synthetic

Bensin

TMO 10W-40 SN

Full Synthetic

Diesel

TMO 15W-40 CI-4

Bensin

TMO LITE 0W-20 SN GF-5

TMO 5W-30 SN GF-5

TMO 0W-20 SN GF-5

TMO 0W-16 SN GF-5

Diesel

TMO 5W-30 ACEA


LihatTutupKomentar
close
harga matic yamaha 2023