iklan jual beli mobil

Tips Fitgloss Merawat Mobil Lama Tampil Cling dan Nyaman Seperti Baru

poles body mobil surabaya

Surabaya, Otojatim.com - Meski sudah terasa surut, dampak pandemi Covid-19 masih berlaku dan hampir memengaruhi semua sendi perekonomian. Saatnya masyarakat menahan diri dan memanfaatkan apa yang dimiliki. Contohnya mobil lama diremajakan menjadi seperti mobil baru.

Mobil lama sebenarnya masih bisa menjadi kendaraan istimewa dengan beberapa penambahan atau penggantian aksesoris sehingga menjadi nyaman seperti mobil baru. Ada bengkel variasi mobil yang sudah menyediakan program untuk membuat mobil lama ini jadi senyaman mobil baru.

Tips Pintar Pilih Kaca Film Dan Antisipasi Karat Pada Mobil

”Bisa menghemat pengeluaran dan kebutuhan lain bisa tetap tercukupi,” ucap Jason punggawa Fitgloss Auto Care Center, Jemursari.

Jason mengatakan bahwa mobil lama bisa menjadi senyaman mobil baru dengan perawatan yang teratur. Ada beberapa bagian yang perlu diperhatikan agar mobil tetap nyaman dikendarai untuk aktivitas sehari hari.

Yang pertama adalah memperhatikan item-item interior, misalnya;
  1. Kebersihan dasbor, ada cairan pembersih khusus yang aman untuk membuat dasbor kembali tampil seperti baru.
  2. Kebersihan karpet dasar, jok dan atau cover jok. Biasanya ada kotoran yang menempel dan sulit dibersihkan. Begitu juga dengan karpet lantai. Sebelum memutuskan untuk mengganti jok atau cover jok, sebaiknya dibersihkan lebih dulu dengan sabun lalu disikat pelan pelan.
  3. Plafon yang agak kusam, biasanya karena usia atau polusi dari asap. Tidak usah galau, karena plafon ini bisa kembali bersih dan enak dilihat. Cukup pakai air dan sabun, lalu sikat pelan pelan. Tunggu mengering sebentar dan lihat hasilnya.
  4. Kebersihan panel display yang ada di dasbor juga selayaknya diperhatikan, bila ada lampu lampu panel yang sudah tidak berfungsi diganti yang baru.
  5. Penggunaan kaca film disesuaikan dengan kondisi, tidak terlalu gelap ataupun terang.
Bagian eksterior;
  1. Kebersihan bodi mobil, bila catnya masih bagus cukup dipoles saja sehingga kembali kinclong. Penambahan coating bisa dilakukan supaya kinclong lebih tahan lama.
  2. Bila cat pada kendaraan sudah mulai pudar maka langkah pengecatan ulang bisa dipertimbangkan.
  3. Pengecekan anti-karat kendaraan. Pada bagian ini tidak kalah penting bagi mobil lama. Bisa mencegah bocor ketika musim hujan juga mampu meredam kebisingan kendaraan.

Nah, merawat beberapa bagian mobil ini juga bisa dilakukan sendiri di rumah, mudah dan tidak sulit. Tapi bila tidak ada waktu ataupun ingin hasilnya lebih maksimal cepat saja bawa kendaraan ke salon mobil.
laminating mobil surabaya
”Berkendara apalagi bersama keluarga, paling enak bila kabin dan interiornya bersih dan harum," tutur Jason.

Di Fitgloss, langkah pertama membuat mobil menjadi nyaman adalah dengan membersihkan bagian lantai, semua kotoran disedot menggunakan vacuum cleaner. Debu atau kotoran yang ada di lipatan jok, doortrim, konsol maupun karpet dasar akan sangat mengganggu bila tidak dibersihkan.

”Mobil customer yang akan dibersihkan dilepas seluruh joknya, supaya mudah untuk membersihkan karpet lantai dan bagian bagian detail yang sempit jadi ikut bersih,” lanjutnya.

Setelah bagian lantai bersih dan harum, giliran joknya dibersihkan. Supaya terlihat seperti jok yang baru, ada cairan khusus untuk mengangkat kotoran yang membandel pada jok.

Cairan pembersih ini juga bisa digunakan untuk bagian interior lainnya yang terbuat dari bahan karet, plastik, vinyl, dan polyurethane seperti doortrim, setir hingga gear knob.

Termasuk pada bagian plafon mobil. Di kendaraan yang sudah berumur bagian ini kerap sudah berubah warna karena kotoran yang melekat.

Untuk membersihkannya bisa dengan menggunakan sikat yang halus atau potongan karpet. Lantas gunakan shampoo interior mobil untuk membersihkannya.

Untuk membersihkan sendiri mobil di rumah, sebaiknya mempersiapkan peralatan seperti lap kering, sikat gigi bekas, dan lap basah atau plas chamois.

”Sikat gigi ini bisa untuk membersihkan bagian sempit yang sulit dijangkau oleh tangan,” jelasnya.

Ketika bagian dalam selesai, kini waktunya bagian eksterior juga harus diperhatikan. Antara lain kaca depan  mobil. ”Kaca depan mobil ini yang paling penting. Apakah sudah berjamur? Kalau iya berarti waktunya dipoles,” ujarnya.
kaca film 3m surabaya
Soal kaca mobil, jangan lupa dengan kaca film. Penggunaan kaca film yang tepat akan membuat kabin menjadi semakin nyaman. Ruangan bisa lebih sejuk dengan pemasangan kaca film yang tepat.

”Penggunaan kaca film ini biasanya juga tergantung pemilik mobil, sebaiknya jangan terlalu gelap,” ujarnya.

Setelah bagian kaca depan beres, selanjutnya periksa juga kaca lampu atau headlamp. Apakah sudah kusam? Perlu diganti atau hanya perlu dibersihkan dari luar saja.

Untuk mobil lama ada baiknya diperiksa kembali kondisi kolong kendaraan, apalagi menjelang musim hujan, untuk memastikan tidak ada lantai dasar yang keropos dan berkarat.

”Bisa dilakukan proses anti karat di Fitgloss yang cukup cepat dan profesional,” lanjutnya.

Terakhir, poles body dan nano ceramic coating bisa menjadi pilihan agar bodi mobil tetap selalu kinclong dan lebih mudah untuk dibersihkan.

“Mengendarai sebuah mobil keluarga, kenyamanan adalah faktor yang utama selain ketangguhan mesin. Bisa menjadi nyaman terkait dengan interior serta aksesoris yang melengkapinya,” pungkas Jason.(*)
LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi