Market Share Mobil Suzuki Meningkat Meski Diterjang Pandemi, Rakitan Lokal Laris Manis

Suzuki XL7 IndonesiaSuzuki XL7 Indonesia

Jakarta, Otojatim.com - Tahun 2020 performa industri otomotif anjlok 46,6% karena terdampak pandemi Covid-19, namun begitu Suzuki berhasil mempertahankan posisi sebagai APM yang dipercaya dan dipilih konsumen.

Dengan penjualan wholesales sebanyak 66.130 unit, Suzuki berhasil mencatatkan peningkatan market share sebesar 2,7% sehingga menjadi 12,4%. Sedangkan untuk retail sales, penjualan menembus angka 72.389 unit sehingga mampu meningkatkan pangsa pasar sebesar 2,66% menjadi 12,5%.

Baca: Carry, Penyelamat Masa Sulit Suzuki Di Tengah Pandemi

Kontribusi terbesar penjualan Suzuki di tahun 2020 didominasi produk yang dirakit secara lokal dan mencapai hingga 91% dari total penjualan nasional Suzuki. Kontributor terbesar yaitu New Carry Pick Up dengan total wholesales sebanyak 37.109 unit dan retail sales sebanyak 40.697 unit. Angka ini berhasil membawa New Carry Pick Up menguasai 59,5% pangsa pasar wholesales Low Pick Up dan 61% pangsa pasar retail sales Low Pick Up.
Suzuki New Carry Pick Up IndonesiaSuzuki New Carry Pick Up Indonesia

Kontribusi penjualan Suzuki tahun lalu juga disumbang dari produk andalan lainnya, yaitu XL7 dan All New Ertiga. XL7 menyumbang 12% terhadap penjualan nasional Suzuki dengan 9.827 unit wholesales dan 8.575 unit retail sales. XL7 sendiri menguasai 12,1% pangsa pasar wholesales MSUV dan 9,6% pangsa pasar retail sales MSUV. Disusul kemudian oleh All New Ertiga yang berkontribusi 13,3% dengan capaian 7.516 unit wholesales dan 9.663 unit retail sales. Di segmen LMPV, All New Ertiga menguasai 9% pangsa pasar wholesales dan 10,6% pangsa pasar retail sales.

“Kami berterima kasih atas kepercayaan dan dukungan dari semua pihak selama tahun 2020 lalu sehingga kami dapat mempertahankan performa meski industri otomotif mengalami kontraksi. Peningkatan pangsa pasar mobil Suzuki tahun lalu juga menunjukkan tingkat kepercayaan konsumen terhadap produk dan layanan Suzuki yang tinggi. Kami akan terus menghadirkan produk-produk berkualitas dan pelayanan terbaik untuk memenuhi kebutuhan konsumen,” ujar Dony Saputra, 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales.

Peningkatan pangsa pasar yang diraih Suzuki didukung rangkaian produk baru yang dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Selama 2020, Suzuki telah meluncurkan produk-produk terbaru, yaitu:


Jajaran mobil-mobil Suzuki, baik yang baru diluncurkan maupun sudah dijual di pasar, telah banyak menerima penghargaan dari berbagai ajang dan institusi terpercaya. Hal ini semakin menguatkan kepercayaan konsumen kepada Suzuki. Berikut beberapa penghargaan yang diterima Suzuki selama 2020:

XL7
  • Car of The Year – OTOMOTIF Award
  • Best of MPV Crossover – OTOMOTIF Award
  • Best Small MPV-Crossover – Gridoto Award
  • Total Cost Ownership Small MPV – Gridoto Award

New Ignis
  • Total Cost of Ownership Compact Car – Gridoto Award
  • City Car – Marketeers Youth Choice

Jimny
  • Rookie of the Year – OTOMOTIF Award
  • Best of Compact SUV Resale Value – Gridoto Award

New Baleno
  • Total Cost of Ownership Hatchback – Gridoto Award

SX4 S-Cross
  • Best of Low Crossover – OTOMOTIF Award

Video Pencapaian Suzuki Indonesia 2020
LihatTutupKomentar
close
cicilan yamaha dp 0