iklan jual beli mobil

Aki Peugeot Anda Ngadat? Jangan Paksa Starter. Ini Daftar yang Perlu Dicek

Peran aki vital dalam memberi suplai kelistrikan ke semua komponen mobil.

aki peugeot

Pernah mengalami engine susah distarter? Ini artinya ada beberapa hal yang perlu diwaspadai.


Ciri pertama, jika starter mampu memutar mesin, tapi tetap tidak mau hidup juga, berarti ada masalah di mesin. Bisa jadi suplai bensin dan udara terganggu atau ada kendala di komponen pengapian.

Namun bila gejalanya diakibatkan oleh aki yang tekor atau soak, sebaiknya pemilik mobil Peugeot tidak memaksakan untuk terus menghidupkan mesin. Sebab bila dipaksakan terus dapat terjadi masalah pada sistem elektronik kendaraan.

Baca: Merawat Fitur Digital pada Peugeot

Umumnya, aki Peugeot ada 3 jenis yaitu tipe L1 390 Ampere, tipe L2 480 Ampere dan tipe L3 720 Ampere. Mekanisme kerjanya 42 ampere/jam untuk L1, 60 Ampere/jam pada L2 dan untuk tipe L3 hingga 70 Ampere/jam. Aki yang paling banyak dipakai adalah type L2 karena sudah mampu memenuhi kebutuhan kelistrikan pada kendaraan.
aki peugeot 206
Kebutuhan standar kelistrikan ini sudah dikalkulasi oleh Peugeot. Semisal ada penambahan daya dalam kendaraan biasanya akan membutuhkan pasokan listrik lebih ekstra. Contohnya: modifikasi sistem audio hingga penambahan daya lampu-lampu yang akan menyedot sumber kelistrikan yang ada.

“Sebaiknya untuk penambahan audio atau lampu-lampu atau perlengkapan lainnya, sebelumnya dikonsultasikan dulu ke bengkel resmi untuk bisa mengatasi masalah kelistrikan mobil. Bila tidak, hal ini bisa menggugurkan garansi mobil,” jelas Samsudin, Aftersales Support Astra Peugeot.

Baca: Peugeot Home Service

Jika aki bermasalah, disarankan tidak melakukan engine starter lebih dari 3 kali. Hal itu bisa memunculkan masalah pada sistem elektronik kendaraan. Risiko paling buruk bisa membuat program pada ECU dan BSI (Built-in System Interface) akan mengalami locked.

Bila sistem kelistrikannya tidak stabil. 

Bisa jadi, sumber arus listrik kendaraan berasal dari aki yang soak sehingga terganggu alias tidak stabil. Artinya, kemampuan komponen internal pada aki yang bertugas menyimpan energi listrik (hasil kerja dari altenator) sudah tidak maksimal.

Aki berfungsi menyimpan dan mengalirkan arus listrik sesuai kebutuhan komponen yang akan difungsikan. Jika kondisi aki mulai tidak stabil, begitu engine off setelah mobil dijalankan, maka tegangan yang tersimpan tidak akan ideal lagi. Sehingga saat hendak dinyalakan (engine on), biasanya mesin mobil jadi susah atau malah tidak mau hidup.
indikator aki peugeot
Untuk membuat mesin mobil menyala, memang butuh tegangan dan arus listrik sangat besar. Salah satu indikasi aki soak adalah suara dinamo starter terdengar lemah.

Tanda-tanda mobil tidak mau nyala juga terasa sama seperti aki kurang setrum. Biasanya hal ini beda penyebab. Jika aki kurang daya karena usia pemakaian, sedangkan kurang setrum bisa disebabkan energi terbuang saat mesin tidak hidup atau terjadi kendala pada komponen pengisian aki (altenator).

Untuk amannya, selalu periksakan Peugeot kesayangan Anda di bengkel-bengkel resmi Astra Peugeot di kota Anda.
LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi