iklan jual beli mobil

Banyak Fitur Digital, Begini Merawat Mobil Peugeot Selama di Rumah Saja

kap mesin peugeot

Otojatim.com - Adanya imbauan pemerintah untuk melaksanakan WFH dan status PSBB wilayah, membuat kendaraan pribadi di parkir saja di rumah dan jarang terpakai. Bagi pemilik kendaraan terutama merek Peugeot berdiam selama masa PSBB, tidak usah kuatir mobilnya bermasalah lantaran terlalu lama tidak digunakan.


Owner mobil dapat melakukan perawatan mandiri selama di rumah, dan caranya sangat mudah.

Untuk permulaan, agar mobil yang berhenti lama tetap harus sering dipanaskan (engine on). Lakukan setiap satu atau dua hari sekali, tujuannya agar performa aki mobil selalu stabil. Mobil-mobil masa kini banyak menggunakan komponen elektrikal, fitur-fitur digitalnya sangat bergantung pada arus listrik dari aki sebagai sumber utamanya.

Baca: Test Drive Peugeot 3008 dan 5008 Allure Plus: Pesawat Induk Luar Angkasa

“Sering memanaskan mesin, pemilik bisa memantau kondisi kendaraan baik dari fungsi engine dan fitur-fitur andalannya. Cukup mudah dengan melihat melalui indikator di panel spidometer, tanpa harus membuka kap mesin. Biasanya indikator yang bisa dipantau adalah temperatur mesin, kualitas aki, tekanan oli, sistem ABS dan lainnya,” kata Rafi’i Sinurat, Kepala Bengkel Astra Peugeot Cilandak, Jakarta Selatan.

Tidak usah terlalu lama. Bila saat dipanaskan temperatur mesin mencapai 80-90 derajat, maka cooling fan akan aktif atau berputar. Lantas kipas pendingin radiator itu juga akan mati secara otomatis bila suhu mesin sudah mencapai kondisi ideal kembali. Saat inilah proses memanaskan mesin sudah bisa selesai.
spidometer peugeot
Panel indikator Peugeot
Perlu diingat ketika memanaskan mesin mobil sebaiknya posisi knalpot mengarah ke luar pagar atau garasi rumah dengan kondisi pagar atau garasi yang terbuka sehingga langsung menuju udara bebas. Hal ini untuk menghindari asap knalpot terkumpul di udara sekitar rumah tanpa terjadi sirkulasi udara yang baik.

Selanjutnya mengecek langsung kondisi mesin melalui ruang mesin. Misalnya ketika memeriksa volume dan kondisi oli, dapat dilakukan dengan melihat deepstick atau batang pengukur oli. Selain itu memeriksa volume air radiator, isi minyak rem dan air wiper supaya Peugeot Anda tetap berada pada kondisi yang prima.

Untuk mobil kerap berhenti ada baiknya rajin mengecek batas servis berkala melalui buku servis.

Untuk servis berkala idealnya adalah per 10.000 km atau maksimal 1 tahun. Jika melewati batasan untuk melakukan servis, khusus di mobil Peugeot akan terdengar bunyi dan lampu indikator tanda Kunci menyala. Itu artinya pemilik mobil harus segera melakukan servis perawatan berkala bagi kendaraannya.

Baca: Dealer Peugeot Surabaya, Kini Punya Showroom dan Bengkel Baru

Astra Peugeot merupakan bagian dari PT Astra International Tbk yang memberikan jaminan kualitas Astra pada setiap produk yang dipasarkannya. Jaringan Astra Peugeot terdapat di wilayah Jakarta, Tangerang, Solo, dan Surabaya.
LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi