close
Harga Mobil Baru

Diuji MPM, Top Speed Honda CB500X 2019 Tembus Segini. Simak Perbedaannya dengan Model 2018

top speed honda cb 500 x
Pengujian dyno test pada Honda CB 500 X

Surabaya, Otojatim.com - Menjawab penasaran terhadap performa Honda CB 500 series, Sabtu 7 Desember 2019 PT. Mitra Pinasthika Mulia (MPM) selaku distributor sepeda motor Honda Big Bike wilayah Indonesia Timur mengundang Otojatim untuk membedah teknologi Honda CB 500X di MPM Big Bike Simpang Surabaya.

Dalam acara yang bertajuk 'Workshop Jurnalis Teknologi Honda CB500X' ini, MPM berupaya memberikan pemahaman kepada awak media tentang teknologi modern yang tersemat pada moge dua silinder spesialis turing tersebut.

Baca: Konsumen Sangat Puas Dengan Pelayanan After Sales MPM Big Bike Surabaya 

“Honda CB500X menjadi salah satu Big Bike yang laris manis di pasaran. Peminatnya di Jatim banyak, oleh karena itu kami ingin berbagi tentang fitur dan keunggulan motor ini,” kata Vinensia Kenanga selaku Sercretary Corporate Head MPM.

Yanuar Achmad, Big Bike Manager MPM optimis ke depan pasar motor ber-cc besar akan semakin meningkat. Hanya saja dia tak menampik akibat pembatasan kuota produk impor dari Pemerintah, terpaksa sebagian besar konsumen Honda BigBike di Jatim maupun NTT harus menunggu inden.
Penjelasan spesifikasi dan teknologi Honda CB 500 X oleh Dodik, Kepala Bengkel Big Wing Surabaya

"Honda CB500X ini saja masih ada 4 customer yang belum dapat jatah. Kira-kira kuartal pertama baru bisa kami delivery," imbuh Yanuar ketika ditanya penjualan moge seharga Rp164 juta ini.

Selanjutnya pada sesi workshop kami dipandu oleh Dodik, selaku Kepala Bengkel Big Wing MPM yang pernah menjuarai kontes mekanik se-Asia Pasifik.

Disebutkan perbedaan antara CB500X 2019 dengan CB500X 2018 terdapat pada lampu-lampu yang memakai LED, menggunakan LAF Sensor sebagai penentu Euro 5, volume box udara yang makin besar, aki yang lebih kecil karena pemakaian elektrikal yang menurun, DLC 6 pin OBD2, desain knalpot lebih bagus, kembangan ban yang beda, desain display spido lebih informatif dan shock depan yang lebih panjang 10 mm.

Baca: MPM Honda Jatim Kupas Teknologi Skutik Petualang ADV150 versus PCX 

Selain itu dijelaskan pula CB500X mempunytai raiser setang yang lebih tinggi sehingga lebih nyaman pada sektor handling, pundak tidak mudah capek bila bepergian jauh. Tangki BBM juga lebih besar serta pada ignition system sudah menggunakan immobilizer sehingga motor lebih aman dari pencurian.
Honda CB 500X 2019 mempunyai raiser yang lebih tinggi daripada model tahun 2018 serta display yang lebih informatif.
Di akhir sesi moge ini diuji coba kemampuannya melalui dyno test yang ada di Dyno Room bengkel MPM. Data yang diperoleh untuk torsinya tercatat 43 Nm sedangkan top speed diraih pada 182 km/h versi dyno test dan 192 km/h versi spidometer motor.

Untuk kondisi riil di jalanan kemungkinan akan berbeda tipis hasilnya, ini dikarenakan dalam ruang pengetesan tidak terdapat hambatan angin dan koefisien gesek kontur jalan yang berbeda dengan roller dyno test.

Sebagai tambahan informasi, MPM juga menyediakan layanan dyno test bagi builder atau modifikator yang ingin mengetahui performa motornya secara presisi. Biaya untuk dyno test di bengkel MPM sebesar Rp700 ribu untuk segala jenis merek. Khusus motor merek Honda mendapat diskon 50 persen.
LihatTutupKomentar