Cari Alamat dan Telepon Dealer:

Bahas Jualan Mobil, Fany Lebih Suka Meeting di Atas Kasur

WARUNG TRETES - Tempat berkumpul para salesman Invicta. "Konsolidasi tim tidak selalu harus di kantor," menurut Fany (paling kiri).

Surabaya, Otojatim.com - Irama bekerja bagi tim sales di PT Liek Satu Invicta (Invicta Toyota) memang berbeda dengan kebanyakan diler lain, yang biasanya tiap pagi selalu ada briefing dan sharing antara Supervisor (SPV) dan anak buahnya.

Semenjak Invicta Toyota menggunakan apps Satu Dealer Invicta sebagai pusat info dan business process bagi para salesman, praktis penggunaan waktu meeting dealer bisa dikurangi sehingga para wiraniaga bisa lebih fokus untuk follow up customernya, kapanpun dimanapun. Aplikasi perusahaan ini bisa diakses oleh masing-masing gadget wiraniaga yang terdaftar.

Baca: Blusukan Ala Fany, Tumbuhkan Potensi Pasar di Daerah Pelosok

"Dengan sistem aplikasi online di perusahaan kami, otomatis salesman punya waktu lebih banyak untuk pendekatan kepada calon pembeli. Tanpa harus banyak mengkonsumsi waktu membahas masalah stok, rencana delivery, bahkan sampai diskon semua infonya lengkap di apps Satu Dealer Invicta," kata Fany Fahreza, Sales Supervisor di Invicta Toyota.

Dengan alasan efisiensi waktu pula, tim sales Fany sepakat untuk sharing strategi, problem solving dan ide-ide untuk kemajuan tim dilakukan pada malam hari, di rumah masing-masing secara online melalui Whatsapp group, biasanya sebelum tidur.

Menurut Fany, ada satu kelebihan melakukan meeting sebelum tidur. "Semua materi bahasan yang didiskusikan lebih nancep ke otak. Keesokan harinya semua rekan-rekan komitmen dan menjalankan gagasan-gagasan baru yang dimunculkan dalam grup WA," lanjut pria berkacamata ini.

Baca: Kiat Jualan Arik, Aktif Merawat Supaya Tembus 54 

Tiap hari selalu ada masalah yang perlu dibahas dalam meeting grup. "Saya selalu menyediakan waktu untuk ngobrol bersama teman-teman sales sebelum tidur. Jam berapapun sebelum saya terlelap di atas kasur, saya melayani tanya jawab permasalahan rekan-rekan selama berada di lapangan waktu siang hari," tuturnya.
Tim Macan Invicta dikomandoi oleh Fany Fahreza (6 dari kiri) siap menembus batas. Tim Macan merupakan bagian dari The A Team besutan Arik Triono (sebelah kanan Fany). The A Team memenangi kompetisi penjualan antar team di Invicta Toyota. 
"Setiap wiraniaga mempunyai pengalaman baru yang unik tiap hari. Dan itu disampaikan ke dalam grup. Begitu pula dengan permasalahan menghadapi konsumen atau kesulitan saat proses leasing atau hambatan-hambatan lain pasti semua kita selesaikan bersama-sama. Akhirnya grup jadi solid dan produktivitas lebih mudah tercapai," jelas Fany.

Kebiasaan ini dibawa oleh Fany sebelum bergabung di Invicta Toyota."Dulu masih zaman Blackberry saya sudah memulai kebiasaan ini sewaktu masih menjadi Supervisor di Krida Toyota, Mataram NTB. Dan ternyata memang lebih efektif dan efisien dalam menyelesaikan permasalahan, karena semuanya dirembug bersama," ujarnya.

Baca: Fortuner Taxi Ride, Layanan SatuDealer Liek Bagi Pengunjung BCA Auto Show 

Lantas bukan berarti Fany benar-benar meniadakan meeting yang riil duduk bersama di atas meja. "Masih tetap ada, khususnya agenda meeting cabang. Karena yang berbicara nanti adalah Branch Manager pak Heri ataupun Mr.President selaku owner Invicta. Semua sales pasti ikut meeting. Biasanya seminggu diadakan dua kali."

Untuk konsolidasi tim, Fany dan rekan-rekan salesnya tetap memilih meeting jalur WA. Tanpa perlu janjian menentukan waktu, bisa langsung dicurahkan dan diselesaikan saat itu juga. "Kecuali beberapa hal permasalahan anak buah saya yang tidak bisa diselesaikan secara online, misalnya butuh pendampingan, saya tetap hadir untuk mereka," tutup Fany.

Fany berharap, timnya bisa makin solid sehingga bisa achieve target yang ditetapkan perusahaan. Invicta Toyota mempunyai beberapa sales poin, diantaranya di Jalan Ketintang Madya Surabaya, Kawasan Citraland dan seluruh area Madura.
Share on Google Plus

About Handi Cahyono

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Iklan Sticky