Cari Alamat dan Telepon Dealer:

Kiat Jualan Arik, Aktif Merawat Supaya Tembus 54

showroom toyota outdoor
Arik Triono, Sales Supervisor Toyota Invicta

Surabaya, Otojatim.com - Lebih dari 15 tahun berkecimpung dalam dunia penjualan mobil membuat sosok Arik Triono (40), semakin matang. Ia adalah Sales Supervisor PT Liek Satu Invicta (LSI), diler Toyota yang berdiri megah di kawasan asri Jalan Ketintang Madya 74 Surabaya.

Berbeda dengan kebanyakan perusahaan yang mewajibkan salesnya untuk selalu ngantor, LSI membuat terobosan dengan sistem online pada jajaran wiraniaganya. Cukup dengan menginstal software perusahaan di gadget masing-masing, maka semua kegiatan harian salesman bisa dilakukan melalui aplikasi tersebut. Mulai mengecek stok mobil, presentasi, kirim brosur, input data customer sampai membuat surat pemesanan kendaraan (SPK).

Arik menetapkan target penjualan sebanyak 54 unit setiap bulan kepada tim yang dipimpinnya.

"Kami diuntungkan dengan adanya sistem online Satu Dealer Invicta (sebutan sales-apps LSI), di situ semua informasi untuk salesman terpampang jelas, jadi para wiraniaga tidak perlu menghabiskan waktu mondar-mandir dari lapangan ke kantor untuk mengurusi proses administrasi penjualan," jelas Arik.

Baca: Surabaya Menjadi Tempat Festival Avanza-Veloz Sebangsa Paling Antusias 

Untuk bekerja menjadi tenaga penjual di LSI kita tidak perlu harus ke kantor, cukup di rumah atau di café atau di warung kopi sudah bisa melakukan transaksi.“Dengan Satu Dealer Invicta salesman tidak harus pergi ke kantor, jadi di manapun bisa melakukan follow up kepada calon pembeli. Ini artinya, bisa efisiensi waktu dan salesman lebih fokus untuk melayani konsumen di lapangan," tegasnya.
MONITOR - Arik bersama anak buah di ruang sales Toyota Invicta.

Menariknya, dengan apps Satu Dealer Invicta, siapapun bisa menjadi tenaga penjual Toyota, dengan catatan orang tersebut punya jaringan yang kuat. "Bisa full time ataupun paruh waktu (freelance) tanpa perlu resign dari pekerjaan utamanya," papar Arik. Setiap salesman mendapatkan bonus yang menyenangkan bila berhasil menjual kendaraan sesuai target. Bahkan ada bonus trip ke luar negeri.

Namun sistem ini bukannya tanpa tantangan.

"Karena tidak perlu ngantor, tidak jarang beberapa salesman malah jadi tidak fokus pada target pribadinya. Keasyikan bermain atau ngurusi hal lain," ungkap Arik.
"Di sinilah, saya selaku Supervisor harus rajin-rajin merawat mereka. Dalam arti secara kontinyu memberikan support, baik motivasi maupun pendampingan."

"Kalau semangat sudah kendur, bisa dipastikan pencapaian tujuan menjadi terhambat. Saya pastikan untuk selalu hadir di samping mereka, membantu memecahkan masalah dan memberikan arahan untuk solusi yang tepat," papar Arik yang mempunyai 28 anggota salesman aktif.

Baca: Daftar Harga Kendaraan Toyota 2019 di Surabaya 

Di LSI menganut keterbukaan. Baik sistem maupun orangnya. Pada apps Satu Dealer Toyota misalnya, semua salesman bisa memonitor indenan SPK yang antre matching dengan stok kendaraan. Konsumen yang sudah mendapat unit diberi batas waktu untuk menyelesaikan kelengkapan administrasi, bila melebihi limit yang ditetapkan, maka unit tersebut menjadi hak antrean SPK berikutnya. Inilah namanya transparansi yang belum tentu ada di diler lain.

Terkadang diler lain untuk antrean unit barang yang laris informasinya tidak dibuka, infonya disimpan rapat-rapat oleh oknum yang cari untung. Kadang ini malah membuat konsumen yang menunggu terlalu lama membatalkan SPK.

Dengan jumlah manpower aktif 28 wiraniaga, tentunya bukan hal yang sulit bagi Arik untuk menembus target 54 unit.

Tak hanya melulu menempa semangat salesman, Arik dan LSI juga memperhatikan hobi para wiraniaganya. Di showroom LSI sendiri terdapat lounge live music yang disediakan bagi mereka yang suka menyanyi. 

Kebetulan tim Arik juga hobi nonton pertandingan sepak bola. Mereka tidak pernah absen mengunjungi stadion GBT bila Persebaya tampil di kandang. Sebuah tim yang solid.
KEBERSAMAAN - Melepas penat di Stadion GBT. Arik (topi putih) besama para sales Toyota Invicta

"Berkarir di Toyota Invicta bisa mewujudkan impian rekan-rekan sales di sini. Ada anak baru jebolan salah satu toko bakery mencoba peruntungan di dunia sales mobil. Ternyata bulan pertama langsung mencetak income hingga Rp7 juta. Langsung resign dari bakery tersebut dan fokus di LSI," cerita Arik.

Arik tetap membuka kesempatan bagi siapa saja yang ingin bergabung. "Langsung saja datang ke Warung Tretes Toyota (Cafe dan Showroom LSI) di Jalan Ketintang Madya 74 dan menemui saya. Saya selalu standby di sini untuk merawat rekan-rekan salesman," pungkasnya.
Share on Google Plus

About Handi Cahyono

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Iklan Sticky