iklan jual beli mobil

Minor Change, New Sigra Siap Jadi Tulang Punggung Penjualan Daihatsu

harga new sigra
Manajemen Daihatsu Sales Operation area Jawa Timur memperkenalkan wajah baru Daihatsu Sigra

Surabaya, Otojatim.com - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) resmi meluncurkan edisi terbaru dari Daihatsu Sigra di Jawa Timur (18/9). New Sigra tampil lebih stylish dan modern dengan grille, bumper, rear garnish yang baru dan lampu depan yang menggunakan LED. New Sigra juga dilengkapi polished alloy wheel desain baru 14 inch yang tampil dinamis dengan mud guard pada keempat rodanya.

Pada saat Sigra di-launching 2 Agustus 2016, jualan per bulan 2.100 unit dan sekarang beranjak di level 4200 unit atau kontribusinya 30 persen terhadap total penjualan Daihatsu nasional.

”Sehingga New Sigra menjadi krusial bagi Daihatsu. Selama empat tahun, kami melakukan survei secara periodik dan ada 3 hal yang menjadi sesuatu bagi customer yakni desain yang lebih baik, tetap lebih ekonomis dari sisi harga dan bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari secara fungsional. Untuk itu, dilakukan improvement,”papar Chief Executive of PT Asra International - Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Supranoto, di sela peluncuran Daihatsu New Sigra, di Atrium Tunjungan Plaza 6 Surabaya, Rabu (18/9/2019), menjelaskan, Sigra sukses membukukan total penjualan 150 ribu unit (year to date Agustus 2019).

Baca juga: Toyota dan Daihatsu Luncurkan Calya dan Sigra di Hari Yang Sama

Terkait dengan Sigra menjadi backbone penjualan Daihatsu, Supranoto menegaskan, mengalir saja karena ini kebutuhan masyarakat. Ada sedikit pergeseran market dari MPV Medium ke Low dan dari MPV Low ada yang masuk ke LCGC karena sudah terbukti sejak 4 tahun lalu penerimaan masyarakat terhadap LCGC sangat baik.

Saat Agya dan Ayla diluncurkan dengan five seater diterima masyarakat. Namun dari hasil survei, karakter masyarakat Indonesia lebih suka rame-rame dan memilih seven seater dengan hadirnya Sigra dan Calya.

”Pembeli LCGC Daihatsu rata-rata adalah first entry buyers yang beralih dari motor ke mobil. Mereka punya pilihan apakah 5 penumpang atau 7 penumpang. Dan mayoritas pembeli Sigra, 95 persen memilih manual,”tambahnya.

Sementara Regional Head Jawa Timur-Bali - PT Astra International Daihatsu Sales Operation, Tunjung Pramusinto, menegaskan, kontribusi Sigra pada 2018 terhadap total penjualan Daihatsu sebesar 27 persen. Hingga Agustus 2019, kontribusi Sigra menjadi 33 persen terhadap total penjualan di Jawa Timur.

Baca juga: Launching di Jatim: Xenia 1.500 cc Andalan Baru Daihatsu 

”Market share juga meningkat dari 54 persen di 2018 menjadi 56,37 persen di 2019. Dengan hadirnya New Sigra, kami optimistik, kontribusi Sigra terus membesar dan penjualan lebih baik lagi,”ungkapnya.

Tunjung menjelaskan market di Jawa Timur turun 7 persen termasuk Daihatsu. Ini disebabkan beberapa tipe di beberapa bulan terakhir kosong dan suplainya sedikit seperti Xenia. Yang bisa dijual dan ada barangnya yakni Sigra, Ayla dan Pick Up.

”Dari kondisi yang ada, Sigra mungkin benar-benar menjadi backbone bagi Daihatsu di Jawa Timur,”lanjut Tunjung.

Pada sisi interior, suasana kabin tampil berbeda dengan sentuhan nuansa warna 2-tone colors dark & light grey. Pada bagian center cluster, knob AC tampil lebih kekinian dan memudahkan pengguna dalam mengatur suhu kabin dalam mobil.

Untuk fitur keamanan, terdapat rear parking camera di beberapa varian. New Sigra tersedia dalam 7 pilihan warna dengan 3 pilihan warna terbaru yakni Glittering Silver Metallic, Bronze Metallic dan Orange Metallic. Harga on the road Surabaya mulai Rp132.950.000 hingga varian tertinggi Rp165.400.000

Sejak kendaraan LCGC MPV diluncurkan tahun 2013, segmen pasarnya terus tumbuh. Tahun pertama di industri otomotif, kendaraan LCGC kontribusinya 3,7 persen.

Kontribusinya meningkat pesat menjadi 21,3 persen dari total market otomotif nasional berdasarkan year to date Agustus 2019. Pertumbuhan kontribusi LCGC ini tidak lepas dengan hadirnya Daihatsu Sigra, LCGC 7 seater pada 2016.

Sigra, kata Supranoto, telah menjadi salah satu pemain utama di segmen LCGC MPV di Indonesia. Berdasarkan data Gaikindo, penjualan ritel pasar otomotif nasional, mencapai sekitar 675 ribu unit hingga year to date Agustus 2019, atau turun 11 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Pada segmen LCGC year to date Agustus 2019 mencapai 143.632 unit atau menurun 4 persen dibandingkan tahun lalu. “Namun, kontribusi di segmen LCGC meningkat 19,7 persen pada 2018 menjadi 21,3 persen pada 2019. Sementara penjualan LCGC Daihatsu meningkat 6 persen dibanding periode yang sama tahun lalu,”ujar Supranoto.

Supranoto menjelaskan secara total volume 47.622 unit menjadi 49.093 unit atau kenaikan kontribusi dari 37 persen menjadi 43 persen. Daihatsu Sigra juga meningkat kontribusinya dari 25 persen menjadi 29 persen, dari total volume 33.718 unit dibanding tahun lalu mencapai 31.813 unit.
LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi