Cari Alamat dan Telepon Dealer:

Bingung Memilih Honda Genio atau Suzuki Nex Nih? Simak Komparasi Kedua-nya

honda genio vs suzuki nex
Honda Genio Lawan Suzuki NEX siapa pemenangnya? 

Jakarta, Otojatim.com Kehadiran Honda Genio seolah menandakan kalau Honda ingin mengenalkan lompatan teknologi terbaru mereka di kelas skutik 110 cc. Tetapi di satu sisi, mereka juga ingin berhadapan langsung dengan Suzuki yang memiliki Nex dengan segudang kelebihan yang tak pernah diduga sebelumnya.


Kalau berbicara kedua motor ini, sebenarnya mereka terlihat sama satu sama lain. Namun, kalau dibedah sedikit demi sedikit akan terlihat kalau keduanya punya keunikan tersendiri dan patut kita bedah. Karena memang, kedua motor ini bisa-bisa merajai di segmen entry level skutik 110 cc di Indonesia.

Baca juga: Cewek Milenial Enggak Galau Lagi Berkat Fitur Ini di Suzuki Nex-II 

Pertama kita bahas dimensi kedua motor. Dimana keduanya punya dimensi sedikit mirip satu sama lainnya. Seperti Suzuki NEX II sendiri punya dimensi panjang mencapai 1.890 mm dan panjang Honda Genio sendiri pun cuma 1.869 mm alias beda 21 mm ketimbang NEX II.

Sedangkan lebarnya, karena Honda Genio mengusung bagasi dengan isi mencapai 14 liter. Otomatis, sedikit melar ketimbang NEX II yang mengusung bagasi mungil nan minimalis. Sedangkan bobotnya sendiri, ini unik sekali. NEX II sendiri bobotnya bisa mencapai 93 KG tetapi Honda Genio hanya 90 KG saja. Alhasil, ini berpengaruh ke handling Suzuki NEX II nantinya.

Baca juga: Test Ride Singkat Suzuki NEX II, Begini Impresinya

Soal mesin sendiri, keduanya punya perbedaan karakter lho. Bisa terlihat dari stroke di Honda Genio dengan Suzuki NEX II. Kalau Honda Genio sendiri punya stroke mencapai 63,1 mm, sedangkan Suzuki NEX II hanya 55 mm saja.

Tentu saja karakter kedua mesin tersebut akan bertolak belakang. Lantas, apa iya Honda Genio bakalan menang banyak dibandingkan Suzuki NEX II. Bisa jadi, tetapi Suzuki NEX II sendiri harganya berbeda 3-4 Juta Rupiah ketimbang Genio. Dan segmen Genio sendiri dibawah Honda Scoopy dengan ukuran Velg 14 inch.

Sebenarnya tinggal pilih saja sesuai kebutuhan. Kalau mau tahan banting serta tangguh, bisa memilih Suzuki NEX II. Nah, kalau Honda Genio mungkin bisa dipakai untuk stop and go atau buat ojek online dengan kondisi jalan stop and go. Karena karakter mesinnya sendiri sangat digemari oleh kalangan komuter.
Share on Google Plus

About Adiyasa

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Iklan Sticky