Cari Alamat dan Telepon Dealer:

Sejarah Transformasi Toyota Avanza Mulai 2003. Terkuak Penyebab Dimensinya Tetap Ringkas

Otojatim.com - Kehadiran Toyota Avanza tahun 2003 mengalami suatu proses yang panjang. Semua berawal dari krisis moneter besar yang melanda Indonesia tahun 1998 sehingga menyebabkan harga kendaraan melambung ke level tertinggi dalam sejarah otomotif Indonesia.

Toyota Kijang yang awalnya diproyeksikan untuk mobil keluarga dengan harga yang terbilang terjangkau, terpaksa mengalami kenaikan harga. Padahal Kijang adalah kendaraan serbaguna yang paling pas bagi masyarakat Indonesia yang guyub.

Hal ini lah yang membuat Toyota berusaha merumuskan jagoan baru di segmen mobil keluarga. Pengalaman membesarkan nama Kijang sejak era 1970-an adalah bekal yang lebih berharga untuk menciptakan kembali mobil keluarga Indonesia.

Toyota Avanza adalah sebuah produk yang customer oriented dimana Toyota Avanza dikembangkan dan di produksi untuk memenuhi kebutuhan pasar di Indonesia. Serangkaian survei dilakukan untuk memastikan kebutuhan masyarakat terhadap sebuah kendaraan untuk keluarga.

Demi memastikan hal itu tercapai, tim Toyota secara langsung turun ke lapangan hingga pelosok daerah, dengan tujuan mendapatkan informasi paling akurat. Dari hasil survei tersebut, beberapa rumusan penting didapat; antara lain harga yang terjangkau, dimana harganya jauh dibawah harga Kijang saat itu.

Kapasitas yang mampu menampung seluruh anggota keluarga juga menjadi hal penting, oleh karena itu pilihan tiga baris bangku merupakan suatu hal mutlak, tanpa mengorbankan kapasitas bagasi.
Selain itu, dari pengamatan yang dilakukan diperoleh masukan berharga. Dimensi bodi Avanza harus ringkas tanpa mengurangi fungsi utamanya sebagai mobil keluarga karena banyak calon pembeli Avanza saat itu yang memiliki rumah di wilayah dengan jalan yang kecil dan area garasi terbatas.

Daya tahan kendaraan juga menjadi poin penting karena kultur masyarakat yang memposisikan kendaraan sebagai prioritas jangka panjang. Mereka ingin kendaraan kesayangan mereka tetap durable hingga 5 – 10 tahun ke depan tanpa kendala berarti dan ketika dijual, kendaraan tersebut tidak mengalami penurunan signifikan.

Berdasar pada survei panjang tersebut, maka Toyota meluncurkan Toyota Avanza sebagai kendaraan bagi masyarakat Indonesia. Hingga usianya ke-15 tahun, Toyota Avanza tetap hadir mewujudkan mimpi para konsumen dalam kepemilikan kendaraan keluarga yang membanggakan.
Nama “Avanza” diambil dari kata “avanzato” yang dalam bahasa Italia berarti peningkatan. Sementara nama “Veloz” yang hadir pada generasi kedua keluarga Avanza di tahun 2011 mengambil dari kata “velocity”

Sejarah Avanza

  • Desember 2003 Avanza generasi pertama diluncurkan
  • 2006 Avanza generasi pertama Minor Change meliputi eksterior dan interior, peningkatan kenyamanan berkendara, penambahan tipe 1.5 S (1.500 cc)
  • 2008 Avanza mengalami Minor Change kedua meliputi desain eksterior dan interior
    2011 Avanza generasi kedua diluncurkan dengan lineup All New Toyota Avanza & All New Toyota Avanza Veloz. Total line up : 1.5 Veloz A/T & M/T, 1.5 G M/T, 1.3 G A/T, 1.3 E A/T
  • 2013 Avanza generasi kedua mengalami Minor Change
  • 2014 Penambahan line-up Luxury, sebelumnya 7 tipe menjadi total 11 tipe
  • 2015 Generasi ketiga, bernama Grand New Avanza & Grand New Veloz:
  • 2016 Avanza Transmover diluncurkan untuk kebutuhan komersil/niaga/fleet
  • 2017 Limited Edition diluncurkan dengan minor change pada eksterior yaitu New Front and Rear Bumper design,Daytime-running lights dan Side skirt
MURI Award
  1. Pencapaian Penjualan 1 Juta Unit Tercepat untuk Semua Kategori Jenis Mobil (sejak diluncurkan pada tahun 2004 hingga Maret 2013)
  2. Penjualan Tertinggi Selama 7 Tahun Berturut-turut (2006–2012) untuk Semua Kategori Jenis Mobil
  3. Pertumbuhan Penjualan Tertinggi untuk Semua Kategori Jenis Mobil.
  4. Kendaraan Mini MPV dengan Nilai Jual Kembali Tertinggi
  5. Peraih Penghargaan The Best Mini MPV Selama 5 Tahun Berturut-turut
  6. Jumlah Anggota Komunitas Mobil Terbanyak
  7. Pilihan Terbanyak melalui Sosial Media terhadap Merk Kendaraan
  8. Melukis dengan Menggunakan Ban Mobil di Atas Media Seluas 15 m x 20 m
  9. Mobil dengan Jumlah Penjualan Terbanyak dalam 1 Bulan (selama kurun waktu 1 tahun)
  10. Mobil dengan Jumlah Pemberitaan Tertinggi dari Media (dalam kurun waktu 1 tahun)
  11. Mobil MPV Low Pertama yang dilengkapi Transmisi Otomatis
  12. Mobil MPV Low Pertama di Indonesia yang Mengaplikasikan Teknologi Pengereman ABS
  13. Mobil MPV Low yang Mendapatkan Penghargaan Top Brand Selama 5 Tahun Berturut-turut

2019, New Avanza diluncurkan.
Desain Eksterior

Pengembangan New Avanza kali ini membawa pada ubahan yang cukup signifikan. Desain eksterior New Avanza lebih berani. Misi utama dari para desainer adalah menjadikan Avanza “Upscaled MPV” – sebuah MPV yang meningkat kelasnya. Hal ini didasari oleh survey yang dilakukan terhadap konsumen Avanza, yang menginginkan tampilan Avanza di-upgrade menjadi lebih modern dan semakin Toyota.

Untuk menjawab kebutuhan konsumen terhadap upgraded design, para desainer melirik desain MPV kelas atas Toyota; baik Alphard, Vellfire, mapupun Voxy. Dengan demikian, Avanza dan Veloz mendapat desain yang menyerupai ‘kakak’ segmen atas yang lebih mewah.
New Avanza 1.5G
Inspirasi headlamp dari produk Toyota yang lain

Desain Interior

Paling menonjol dari interior New Avanza adalah warna interior yang lebih soft sehingga memberikan kenyamanan. Tak hanya itu, center cluster pun kian modern dengan audio system anyar serta pengaturan suhu yang kini berganti system tombol.

Untuk meter cluster nya pun ada sedikit ubahan warna, untuk memberikan penyegaran dalam membaca informasi. Untuk memberikan kemudahan bagi pengemudi dalam pengisian ulang smartphone, kini selain baris depan, di tengah baris kedua pun hadir 12V socket, sementara untuk bangku ketiga sudah tersedia colokan USB.
Interior New Avanza


NEW VELOZ

Desain Eksterior

Sejak generasi kedua Avanza Tahun 2011, Toyota memahami kebutuhan konsumen yang menginginkan tampilan Avanza yang lebih sporty. Improvement di awal 2019 ini pun tak berbeda. Bahkan penekanan pada desainnya mengarah pada Upgraded Sporty.
Bumper depan yang kokoh mengikuti arahan desain dari MPV atas seperti Voxy, tampil gagah dengan garis tegas pada area lampu kabut, pun dengan warna ornament hitam.
Ornamen bumper Toyota Veloz mengikuti bentuk Toyota Voxy

Desain Interior

Perbedaan yang langsung terlihat adalah warna interior yang lebih gelap dibandingkan dengan Avanza. Suasana mewah didapat dari warna kabin dominan hitam, sementara nuansa sporti diperoleh dari red stitching bangku. Dasbor tengah pun tampil beda dengan adanya lis krom yang mengitari area audio dan A/C, menjadi tampak modern.
Veloz hadir dengan Start/Stop Button dan smart entry
Audio System

Secara tampilan, audio system terlihat seperti pada model-model Toyota terbaru, namun interface dan fiturnya baru, dan menjadikan Avanza / Veloz semakin modern berlimpah teknologi canggih.
Audio New Veloz dapat digunakan untuk mengatur:
  1. Retractable outer Mirror
  2. Dual-zone audio untuk penumpang depan dan belakang, sehingga kabin depan dan kabin belakang dapat mendengarkan music yang berbeda, atau pada Veloz, penumpang belakang dapat menyaksikan film pada rear-seat entertainment, sementara pengemudi dan penumpang depan mendengarkan musk.
  3. Door-lock alarm sound, dapat memilih diantara 3 bunyi yang berbeda serta dapat diatur volume-nya (low-medium-high)

Toyota Veloz Toyota Avanza

Mesin yang digunakan pada New Avanza dan New Veloz tetap 1NR-VE (1.3L) dan 2NR-VE (1.5L). Ubahan yang utama pada New Avanza dan New Veloz adalah pada bagian kaki-kaki dan suspensi, antara lain adalah lateral rod yang lebih tebal serta stabilizer yang juga semakin tebal, memberikan pengalaman berkendara yang lebih stabil namun tetap memberikan kenyamanan, terutama saat melewati speed trap atau melalui jalur yang tidak rata.

Electric Power Steering pada Avanza Veloz terbaru ini pun mendapat improvement, pada kecepatan atas, kemudi menjadi lebih berat agar lebih stabil dan lebih safety, sementara saat kecepatan rendah, kemudi menjadi lebih ringan, sangat membantu saat parkir.

New Avanza hadir dengan pilihan 7 warna termasuk 2 warna baru; Dark Blue, Bronze, Dark Red Mica Metallic, Grey Metallic, Black Metallic, Silver Metallic dan White. Sementara New Veloz ditawarkan dalam 4 warna; Dark Red Mica Metallic, Black Metallic, Silver Mica dan White.

Fitur-fitur baru di 2019
- Auto Folding Mirror
- Retractable Mirror (from 1.3 G up)
- Back Camera
- Rear Seat Entertainment (Veloz)
- Steering switch (from 1.3 G up)
- Follow Me Home Light (Veloz)

Itulah sejarah awal diluncurkannya Avanza sejak 2003 hingga kini. Avanza tetap memposisikan dirinya sebagai Low MPV yang ringkas namun mempunyai kemampuan daya angkut penumpang yang banyak. Untuk tetap memenangkan persaingan di hati masyarakat, Toyota terus melakukan penambahan fitur baru dan improvement yang lain.
Share on Google Plus

About Handi Cahyono

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Test Drive Almaz