Cari Alamat dan Telepon Dealer:

Direct Shift, Terobosan Baru Toyota Ciptakan CVT Anti Lemot

CVT Generasi Terbaru dari Toyota ini Bawa Sebuah Terobosan Baru Dengan Nama Direct Shift

Jakarta, Otojatim.com Transmisi CVT saat ini banyak digunakan oleh produsen otomotif. Selain hemat bahan bakar, juga pengembangan transmisi ini banyak mengalami kemajuan. Termasuk ramah terhadap mesin dengan energi alternatif seperti listrik atau hidrogen.

Tetapi karakter CVT yang dikenal lemot dan susah dibuat spontan, membuat produsen otomotif berjuang maksimal mencari cara agar transmisi ini bisa berkarakter seperti transmisi matik konvensional. Toyota Motor Corporation akhirnya menemukan cara agar CVT bisa berakselerasi di awal start atau dibutuhkan saat melakukan akselerasi atau menyalip.

Apa saja keuntungan dari perubahan ini, ternyata banyak perbaikan signifikan termasuk respon transmisi itu sendiri. Kenapa bisa begitu dan apa saja yang diubah oleh mereka. Ternyata hanya menambah gigi bernama direct shift. Lantas, apa kegunaan Direct Shift Gear ini. Dalam video penjelasan yang diberikan oleh Toyota, direct shift ini mengeliminasi karakter ngempos atau kurang responsif saat berakselerasi, Entah saat start atau ingin menyalip.

Lantas, direct shift ini bekerja untuk membantu CVT ini agar bisa responsif sesuai keinginan pengemudi. Hal tersebut, membuat mesin tidak meraung lebih tinggi dan bahan bakar bisa lebih irit. Nah untuk mendukung gir ini maka ada bagian yang dimodifikasi ulang.

Belt dan Pulley-nya pun bisa 

Seperti Pulley dan belt sendiri dibuat lebih kompak. Lalu, belt baja didesain ulang supaya lebih ringkas dan masih banyak lagi. Hasilnya bisa dilihat dibawah ini. Cukup mencengangkan sekali bagi kemajuan industri otomotif.

Ada perbaikan signifikan dari efisiensi bahan bakar sampai waktu responsif. Contoh, dengan Direct Shift ini bahan bakar yang dihemat bisa mencapai 6 persen dibandingkan CVT generasi kedua dan generasi pertama.

Soal waktu shifting sendiri, Toyota klaim lebih cepat dibandingkan DCT sekalipun. Wah, begitu canggih juga CVT dari Toyota ini. Mungkinkah teknologi akan masuk di model-model Toyota di Indonesia. Rasanya bakal hadir juga dan patut kita tunggu agar bisa dibedah oleh kita.



Share on Google Plus

About Adiyasa Prahenda

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Imlek Hyundai