Di Jepang: Persyaratan Punya Mobil Lebih Mahal daripada Ongkos Pacaran dengan 3 Cewek

Tokyo, Otojatim.com – Keputusan untuk memiliki mobil di Jepang memerlukan pemikiran yang benar-benar matang. Pasalnya, tak semudah di Indonesia. Punya mobil di Jepang jauh lebih mahal, bukan masalah harga mobilnya. Tapi prosesnya. Tahapan untuk memiliki mobil.

Bahkan sampai ada yang bilang kalau ongkos biaya pacaran dengan 3 orang lebih murah daripada biaya proses untuk memiliki 1 mobil.

Dikatakan oleh Ping Tjuan Suharna,  warga Indonesia yang telah menetap 22 tahun di Negeri Matahari Terbit, proses mempunyai mobil sangat sulit, lama dan mahal. Saking mahal dan ruwetnya, Ping membandingkannya dengan biaya 'pacaran'. "Mending punya tiga pacar ketimbang punya 1 mobil," seperti dikutip dari laman Liputan6 (27/10).

ongkos pacaran
Pacaran dengan cewek Jepang bayarnya sendiri-sendiri. (Foto:Pexel)
Untuk punya mobil, haruslah terlebih dulu punya SIM. Harga SIMnya 350 ribu yen atau bisa lebih dari Rp 40 juta. Itupun kalau langsung lulus. Bila gagal tentunya ada biaya tambahan lagi. Rata-rata orang Jepang mengulang 4 ujian tulis sebelum ujian praktik.

Kemudian juga harus punya lahan parkir yang dibuktikan dengan sertifikat lahan. Sebulannya,  bayar parkir bisa bisa Rp 6 juta, itu jumlah yang sama untuk menyewa apartemen 23 meter persegi di Tokyo.

Baca juga:
Dibandingkan dengan memiliki pacar. Menurut Suharna, proses pacaran di Jepang tidak sama dengan di Indonesia. "Semuanya berbagi. Biaya yang ditanggung sama untuk laki dan perempuan," ujarnya.
Tak ada kewajiban bagi pria untuk mentraktir pacarnya. Termasuk misalnya kalau mau acara weekend keluar kota pakai mobil.

"Tinggal sewa mobil, bayar sewanya ditanggung berdua. Bensinnya juga, termasuk sewa kamar bila mau menginap di hotel," ujar pria dua anak ini.

Sumber: Liputan6
Share on Google Plus

About Handi Cahyono

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen