Land Rover Luncurkan Discovery 5 di Indonesia

Land Rover Discovery 5. Foto:netcarshow/Naskah:Berto

Jakarta, Otojatim.com - Bertempat di showroom Jaguar Land Rover di bilangan Gandaria, Jakarta Selatan pada 22 Mei 2017. Wahana Auto Ekamarga (WAE) selaku APM Land Rover meluncurkan Discovery terbarunya bernama Discovery 5 untuk dipasarkan pada kategori luxury medium SUV.

Mobil ini dipasarkan dengan harga Rp 2,4 milyar off the road dan dihadirkan lewat varian tertinggi 3.0P HSE Lux. Sementara di Inggris yang merupakan tanah kelahirannya, Discovery 5 tampil melalui 4 varian berbeda.

“Karena kebutuhan pasar di sini memang keinginannya yang variang lengkap. Ini sudah kita survei dan hasilnya seperti itu.” ungkap Sales Planning & Product Manager WAE, Tommy Hananto saat menjelaskan soal varian 3.0 yang masuk ke Indonesia. Rencananya, kesiapan unit dan delivery akan dimulai pada Agustus 2017 dan pada bulan Juni akan ada private viewing untuk calon konsumen.

Mobil ini menggunakan mesin 3000 cc V6 supercharger yang diletakkan melintang memiliki tenaga 340 dk dengan torsi 450 nm.  Menggunakan transmisi 8 percepatan plus berpenggerak semua roda (AWD) Fulltime 4 Wheel Drive, Discovery 5 bisa berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam 7,1 detikan. Karena berpenggerak 4WD, kemampuan offroad dari Discovery 5 ini tidak perlu diragukan lagi meskipun dikategorikan sebagai kendaraan mewah.

Interior Land Rover Discovery 5
Selain itu pula, suspensi pada mobil ini sudah mengaplikasi air suspension yang bisa disetting turun sebesar 15 mm untuk meningkatkan handling ketika melewati lintasan aspal. Adapun kerangka alumunium monokok yang terpasang pada Discovery ini membuat bobot mobil tereduksi sampai 480 kg dari model lamanya. Soal ergonomis, SUV ini memiliki konfigurasi bangku baris kedua dan ketiga melalui sentuhan tombol di layar sentuh pada bagian dashboard maupun smartphone via aplikasi InControl Touch Pro.

Adapun desain Discovery ini terasa sangat Evoque di bagian depan karena mengaplikasi bahasa desain serupa dengan mobil SUV compact dari Land Rover itu.

“Hal ini merupakan hal yang harus diambil oleh Land Rover untuk menjadikan Discovery 5 menjadi SUV yang lebih aerodinamis. Salah satu tujuannya untuk menekan konsumsi bahan bakar dan juga stabilitas yang lebih baik,” jelas Roland Staehler, Chief Operating Officer PT. Wahana Auto Ekamarga, selaku authorized Distributor Jaguar Land Rover di Indonesia.

Masih ada harapan untuk WAE untuk memasarkan varian diesel yang notabene merupakan calon varian terlaku di Indonesia karena memiliki harga murah meskipun harus mempelajari dahulu karakter bahan bakar diesel di tanah air.
Share on Google Plus

About Handi Cahyono

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen