Lengkingan Mesin V12 di Formula 1 Bakal Ramaikan Kembali Animo Fans Mulai 2021?

Ajang jet darat pada 2020 dimungkinkan akan memakai mesin berkonfigurasi V8, V10 atau bahkan V12.

Tahun 2021 merupakan tahun dimana Formula 1 akan berganti mesin setelah menggunakan V6 yang saat ini telah dipakai. Hal ini diketahui saat rapat tertutup pada akhir Maret lalu (31/3) dimana hasilnya diketahui kalau nantinya mesin yang akan dipakai akan berbiaya lebih murah namun memberikan sensasi maksimal.

Shanghai, Otojatim.com - Ajang jet darat pada 2020 dimungkinkan akan memakai mesin berkonfigurasi V8, V10 atau bahkan V12. Penggunaan mesin V6 yang dipakai sejak musim 2014 menunjukkan kalau F1 semakin tidak kompetitif dan mengurangi jumlah penonton yang datang ke sirkuit akibat kurangnya sensasi raungan mesin mobil.

“Saya sangat puas dengan prosesnya, dan bahwa ada sangat banyak pemegang saham berbeda yang mampu sepakat pada arah kejuaraan dunia FIA F1 pada area teknis penting,” kata Jean Todt selaku presiden FIA via Autosport. “Tentu, sekarang kami harus duduk dan bekerja melalui rincian bagaimana power unit 2021 jadinya tapi kami harus mulai dengan langkah yang tepat, dan saya menantikan untuk bekerja melalui proses yang akan datang dengan keputusan terbaik untuk Formula 1 di masa depan.”

Nantinya, F1 akan mengurangi batas konsumsi bahan bakar pada bagian mesin supaya gelaran makin seru ditonton. Rencananya, pengisian bensin mobil yang dihilangkan akibat penggunaan mesin V6 akan dihidupkan kembali.

“Menurut saya akan sangat bagus menggunakan mesin V10 atau semacamnya, dengan suara yang indah,”
ungkap pebalap Red Bull, Max Verstappen. “(Mesin saat ini) baik-baik saja untuk saya di mobil, tapi menurut saya tidak begitu mengesankan bagi para fans, jika Anda bandingkannya dengan V10 atau V12.”

Merunut sejarah, mesin V10 terakhir kali dipakai pada 2005 dan di tahun 2006 mulai menggunakan mesin V8 sampai 2013. Sedangkan mesin V6 turbo hibrida yang saat ini dipakai sudah berusia 4 tahun alias sudah dipakai sejak 2014 silam. Semoga saja dengan penggunaan mesin baru ini, F1 akan semakin menarik untuk ditonton oleh para fans dan mampu menarik banyaknya pebalap baru untuk berlaga di dalamnya.
Share on Google Plus

About Handi Cahyono

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen