Lamborghini Siapkan Aventador S untuk Redam Ferrari F12 TDF

Lamborghini Aventador S 2017

Bologna, Otojatim.com - Jelang akhir tahun, semua orang sedang menyiapkan liburan. Akan tetapi ada satu pabrikan yang tetap menjalani kegiatan seperti biasa. Adalah Lamborghini yang secara tiba-tiba meluncurkan Aventador S guna menyerang Ferrari F12 TDF pada tahun depan.

Hal ini dilakukan sebagai pengganti Aventador SV yang sudah habis terjual sebanyak 600 unit sejak diluncurkan pada 2015. Berbeda dengan SV, tenaga mobil ini dipatok pada 730 dk pada mesin V12 berkapasitas 6500 cc ini. 
Meskipun tenaganya tidak sebesar rivalnya F12 TDF yang berangka 770 dk, mobil ini diklaim memiliki akselerasi dibawah 3 detikan seperti layaknya versi SV dengan mencetak angka 2,9 detik di 0-100 km/jam.

Selain itu bagian eksterior pada mobil memang mengalami perubahan pada sektor aero yang diklaim mempunyai daya downforce sebesar 130 % ketimbang F12 TDF.

Hal ini bisa dilihat dari bagian bemper yang sudah lebih tajam demi memproduksi daya tekan kebawah supaya mobil bisa mendapat kestabilan saat dikendarai dalam kecepatan tinggi. Adapun bagian sayap memang sudah lebih aerodinamis karena bisa digerakkan dalam 3 posisi berbeda supaya bisa mereduksi koefisien drag sebanyak 400%.

Lamborghini Aventador S 2017
Mobil ini bisa berlari sejauh 350 km/jam dan ini mengalahkan kecepatan F12 TDF yang hanya mampu menorehkan angka di kisaran 340 km/jam. Untuk bagian penggerak sendiri, mobil dengan sasis monokok berbahan karbon fiber ini menggunakan four wheel steering untuk pertama kalinya dalam sejarah pabrikan berlambang banteng itu.

Menggunakan pushrod baru dan suspensi Magneto-rheological membuat pengendalian mobil ini lebih baik dari  varian SV. Untuk harga, mobil ini akan dihargai £11,106 di Eropa dan akan memulai pengiriman pada April 2017.

Apakah Ferrari akan tertunduk lesu akibat Aventador S? Atau pabrikan berlogo kuda jingkrak itu menyiapkan senjata lain? Hanya waktu yang menentukan.
Share on Google Plus

About Handi Cahyono

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen