Ford Mustang Shelby FP350S, Spek Balap yang Bisa Langsung Dibeli Setelah Bertarung

Ford Mustang Shelby FP350S

Detroit, Otojatim.com - Rasanya memang slogan "race on sunday, sell on monday" (balap di hari Minggu, jual di hari Senin) merupakan salah satu slogan terpopuler di dunia otomotif jaman dulu. Banyak sekali pabrikan dan produsen part aftermarket yang turun untuk menguji produknya di ajang balap.

Jika mereka menang, mereka akan mendapat uang banyak dan sponsor yang melimpah hingga pada keesokan harinya mobil balap yang dipakai malah dibanderol mahal dan dijadikan barang sangat berharga bagi kolektor.
Akan tetapi, slogan itu tidak berlaku untuk jaman sekarang yang serba susah. Mobil malah tidak dijual, bahkan diperbaiki guna mempertahankan hasil positif jika berlaga di lintasan lain. Akibatnya, para pebalap muda menjadi kesulitan untuk membeli mobil balap bekas.

Ford Mustang Shelby FP350S
Saking susahnya, Ford mengerti dalam hal itu dengan menghadirkan Mustang Shelby FP350S yang diciptakan sebagai mobil siap balap dan bisa dibeli melalui dealer Ford di negara asalnya yaitu Amerika Serikat.

"Tujuan kami adalah selalu mendukung para pebalap dengan perlengkapan terbaik guna memenangkan lomba" ucap  Dave Pericak, global director, Ford Performance.

Mobil ini sudah memiliki mesin V8 berkapasitas 5200 cc. Sayang, tenaga yang dihasilkan masih dirahasiakan berikut dengan besaran torsi. Mustang ini juga dilengkapi oil cooler dan knalpot balap sebagai kelengkapan pada sektor peforma. Transmisi sendiri menggunakan 6 percepatan sekuensial dengan transmisi balap yang bisa disetel.

Untuk sektor eksterior memang sudah dipersiapkan sedemikian rupa seperti bodykit, sayap belakang dan pastinya diffuser sebagai piranti aerodinamika.

Soal keselamatan adalah hal utama dalam ajang balap karena mobil ini dilengkapi rollbar, jok balap bucket, stir balap dan tabung pemadam. Sayangnya harga mobil ini masih dirahasiakan oleh Ford dan akan dijual tahun depan untuk kepentingan balap saja.
Share on Google Plus

About Handi Cahyono

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen