iklan jual beli mobil

PLN Pastikan 1.299 Unit SPKLU Siap Melayani Pengguna Mobil Listrik di Jalur Mudik

lokasi SPKLU jalur mudik
Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo (kelima dari kanan) melakukan pengisian daya kendaraan listrik di SPKLU rest area tol Jakarta - Merak km 13,5 Tangerang, Banten

Jakarta, Otojatim.com - Direktur Utama PT PLN (Persero), Darmawan Prasodjo, melakukan inspeksi terhadap Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di jalur mudik, memastikan kesiapan 1.299 unit SPKLU di seluruh Indonesia untuk melayani pengguna mobil listrik.


Menurut Darmawan, SPKLU telah tersedia di semua rest area di jalur-jalur mudik tol Trans Sumatra-Jawa. "Ini adalah bukti bahwa PLN sangat siap mendukung peralihan pemudik dari kendaraan berbasis energi fosil ke energi listrik," ujarnya.

Darmawan menambahkan bahwa PLN telah menambah 175 unit SPKLU di berbagai titik jalur mudik Jawa dan Sumatra, sehingga secara nasional, terdapat 1.299 unit SPKLU di 879 lokasi. Lokasi sebaran SPKLU tersebut telah dipetakan dengan cermat, dengan jarak rata-rata antar SPKLU sekitar 23 km untuk memastikan ketersediaan bagi pemudik yang menggunakan mobil listrik.

Selain itu, PLN juga menyiapkan 1.839 unit Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) dan 9.771 unit Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) bagi kendaraan listrik roda dua.

Darmawan menjelaskan bahwa semua lokasi SPKLU, SPBKLU, dan SPLU dapat diakses melalui menu Electric Vehicle pada Aplikasi PLN Mobile, untuk kemudahan pengguna kendaraan listrik.

Darmawan juga mencatat peningkatan signifikan dalam transaksi penggunaan SPKLU oleh masyarakat, dengan jumlah transaksi yang melonjak hingga lima kali lipat pada periode arus mudik tahun 2024 dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2023.

Selain itu, dari sisi konsumsi daya, terjadi peningkatan 5,2 kali lipat pada periode arus mudik tahun 2024 dibandingkan tahun sebelumnya.

PLN juga terus berinovasi dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan menambahkan fitur-fitur pada Aplikasi PLN Mobile, seperti Trip Planner yang memberikan rekomendasi titik-titik SPKLU yang dilalui pada rute perjalanan.

Selain itu, fitur tombol pop up hotline SPKLU juga ditambahkan pada aplikasi terbaru, yang langsung menghubungkan pelanggan pada nomor whatsapp customer service SPKLU.

"Masyarakat yang ingin mudik menggunakan kendaraan listrik tidak perlu ragu lagi, karena PLN telah menyiapkan manajemen perjalanan mobil listrik dengan fitur-fitur yang memudahkan pengguna dalam melakukan perjalanan jarak jauh," pungkas Darmawan.(*)

 

Ikuti berita PLN di Google News

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi