Pas Banget Buat Road Trip, Ini Fitur Mitsubishi XForce yang Bikin Betah di Jalan

  • Bagi Anda yang hobi berpetualang menjelajahi tempat-tempat wisata di Indonesia dengan cara road trip, atau berkendara jarak jauh melintasi kota bahkan pulau, Mitsubishu XForce menawarkan beragam kemudahan dan kenyamanan untuk Anda.

Otojatim.com - Tak hanya untuk mobilitas harian, masyarakat Indonesia kerap menggunakan mobil untuk berpetualang menempuh jarak yang jauh, terutama saat hari libur tiba. Pantai dan pegunungan biasanya menjadi destinasi favorit untuk melepas penat.

Agar liburan terasa menyenangkan, kendaraan yang digunakan juga harus mampu mengakomodir kebutuhan perjalanan.

Mitsubishi XFORCE menawarkan solusi untuk kebutuhan tersebut melalui fitur-fiturnya yang memang dirancang khusus untuk menghadapi cuaca, kontur jalan, dan kebiasaan bermobilitas masyarakat Asia Tenggara.

Berikut ini fitur XForce yang mampu mendukung petualangan Anda:


1. 4 Mode Berkendara
Keunggulan utama dari Mitsubishi XForce adalah 4 mode berkendara, yakni Normal, Wet, Gravel, dan Mud yang bisa diaktifkan sesuai dengan kondisi jalanan yang sedang ditempuh. Misal, saat menghadapi jalan licin karena hujan, mode Wet akan sangat memudahkan pengemudi untuk mengontrol laju mobil, begitu pula mode Gravel untuk jalan berbatu, Mud untuk jalan berlumpur, dan Normal untuk jalan raya perkotaan.

Product Appeal Evaluation Department Mitsubishi Motors, Masahiro Tamura, menjelaskan bahwa fitur driving mode secara otomatis berdampak pada kontrol traksi yang dimiliki XForce yakni AYC Control, Acceleration Gain, dan Steering Effort.

“Setiap mode berkendara sudah kami riset selama beberapa tahun, sehingga dipastikan akan sesuai dengan kondisi di jalanan di Indonesia,” kata Masahiro Tamura.

Mode berkendara ini bisa diatur di konsol tengah, tepatnya di bawah tuas transmisi. Pilihan mode akan muncul di layar pada dashboard bagian tengah. Pergantian mode bisa dilakukan sambil berkendara, bahkan saat kecepatan tinggi.


2. Bagasi Luas
Jalan-jalan identik dengan barang bawaan yang banyak. Tak perlu khawatir, karena meskipun Mitsubishi Xforce punya dimensi lebih pendek, tapi bagasinya bisa muat banyak bahkan dapat ditambah volumenya.

Saat bangku belakang diisi penumpang, maka volume bagasi Mitsubishi Xforce adalah 480 liter. Sedangkan jika jok belakang direbahkan, maka volume bagasi jadi semakin besar.

Volume bagasi ini merupakan yang paling besar jika dibandingkan rivalnya seperti Toyota Yaris Cross, Honda HR-V, dan Hyundai Creta.

Selain itu, SUV 5-seater ini juga punya fitur keren pada pintu bagasinya. Yakni power tailgate alias pintu elektrik, sehingga pengguna tidak perlu membuka tutup pintu secara manual dengan tangan lagi.

Pengguna hanya tinggal memencet tombol yang ada di remote, atau cukup gerakkan kaki ke bagian bawah buritan (kick sensor), maka bagasi XForce bakal terbuka secara otomatis. Semakin menyenangkan, karena lebar bukaan pintu bagasi ini masih bisa disetel sesuai kebutuhan.

3. Ground Clearence Tinggi
Ground Clearence, atau jarak antara center muffler dengan permukaan tanah, penting diperhatikan, terutama untuk mobil yang akan diajak berpetualang. Dengan ground clearence mumpuni, pengemudi tak perlu khawatir saat dihadapkan dengan jalanan yang konturnya tidak rata.

XForce punya ground clearance hingga 222 milimeter (mm), lebih tinggi dibanding Pajero Sport (218 mm). Dengan begitu, SUV Mitsubishi ini bisa melintas di berbagai medan jalan.

Muhammad Arif Dwianto, Head of Sales Training Department PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menjelaskan, XForce memang sengaja dibuat lebih tinggi karena beberapa alasan.

"Dari studi kami, banyak jalanan di Indonesia yang masih belum sepenuhnya aspal, krikil, dan sering banjir khususnya di kota-kota besar. Jadi tentunya dengan ground clearance tinggi, akan memberikan rasa aman," papar Arif di salah satu konferensi pers di Surabaya, Jawa Timur, Kamis (24/8/2023).

Meski begitu, Arif menyarankan agar XForce tidak melintasi banjir dengan tinggi lebih dari setengah atau 2/3 tinggi ban.


4. Premiun Sound System
Perjalanan jauh akan terasa makin menyenangkan jika sambil mendengarkan musik. Mitsubishi ogah tanggung-tanggung untuk hal ini. Berkolaborasi dengan Yamaha, tersematlah teknologi Dynamic Sound Yamaha Premium pada tubuh XForce.

Sistem suara dengan karakter dynamic sound untuk sistem audio tingkat tinggi ini dilengkapi dengan 8 buah speaker terintegrasi dan 4 preset equalizer (Signature, Lively, Powerful, Relaxing) yang dapat disesuaikan dengan mood pengendara, serta fitur Speed Compensated Volume (SCV).

"Kami memanjakan pengendara dengan kualitas audio yang mumpuni pada saat berkendara dengan XForce. Rasanya cocok sekali ketika menghadapi lalu lintas padat, penat, kemudian sistem audio ini hadir mencairkan suasana," kata Gariyo Slamet selaku Branch Manager Sun Motor, salah satu dealer resmi Mitsubishi, saat ditemui usai peluncuran Mitsubishi XFORCE dalam rangkaian Mitsubishi Motors Auto Show (MMAS) di Trans Studio Mall Bali, Kamis (24/8/2023).


5. Floor Console Box
Mitsubishi XFORCE sangat pas untuk menemani perjalanan pengguna sehari-hari maupun berwisata, salah satunya karena kehadiran fitur Floor Console Box dengan sistem pendingin alias kulkas portable yang bisa mendinginkan beberapa minuman botol dan kaleng, bikin makin betah di perjalanan.

Tak hanya itu, mobil ini juga dilengkapi Dual Zone Auto Climate Control dengan teknologi Panasonic Nanoe-X yang berfungsi mengontrol kualitas udara sehingga kabin terasa lebih sejuk dan segar, meski di luar sedang panas terik.

6. Fitur Keamanan Canggih
Brand Ambassador Mitsubishi Motors Rifat Sungkar mengungkapkan, Mitsubishi XFORCE dilengkapi dengan sederet fitur keamanan canggih yang bisa memudahkan pengendara mengendalikan mobil dan menjaga keselamatan di berbagai situasi tak terduga saat berada di perjalanan.

Di antaranya: Active Yaw Control (AYC), Cruise Control, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), hingga Active Stability Control (ASC).

Tak hanya itu, pada bagian head unit, Mitsubishi XFORCE memiliki fitur Tire Pressure Monitoring System (TPMS) untuk mengecek tekanan ban mobil, drive score yang membantu pengendara berkendara secara efektif dan efisien, dan fitur avionics untuk mengecek akselerasi mobil.

Saat menghadapi kondisi gelap dan hujan, pengendara tak perlu khawatir karena Mitsubishi XFORCE telah dilengkapi fitur auto light control yang dapat menyala secara otomatis saat gelap, dan rain sensor yang aktif saat tetesan air hujan jatuh di depan kaca mobil.

Untuk mengetahui posisi kendaraan lainnya di sekitar mobil, Mitsubishi XFORCE memiliki teknologi blind spot warning (BSW) yakni radar yang dapat mendeteksi objek pada jarak tiga meter di belakang atau samping mobil.

Selain itu, ada pula Rear Cross Traffic Allert (RCTA) yang mampu memberi perlindungan saat mundur dengan cara memberi peringatan melalui sensor pada belakang mobil sehingga pengendara dapat menghindari potensi gesekan dengan mobil lain yang ingin lewat.

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) memasarkan XForce dengan harga mulai dari Rp 382,9 juta (tipe Exceed CVT) dan Rp 415,9 juta (Ultimate CVT), on the road Surabaya.
LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi