iklan jual beli mobil

Sepeda Motor Berdecit Saat Musim Hujan? Yamaha Bagikan Cara Mengatasinya

  • Anda merasa terganggu dengan suara sepeda motor yang mendecit di musim hujan? Yamaha membagikan tips memperbaikinya.

Otojatim.com - Salah satu masalah yang kerap terjadi pada sepeda motor di musim hujan adalah suara berdecit yang berasal dari rem.


Bunyi tersebut memang tidak berarti bahwa rem tidak pakem. Namun kebanyakan pengguna merasa terganggu dengan suara tersebut. 


Tenang, kondisi ini bisa diatasi dengan cara yang mudah. Hal ini disampaikan oleh Ilham Wahyudi, General Manager Service PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ).


“Salah satu penyebab bunyi berdecit pada kendaraan adalah penumpukan kotoran yang ada di kampas rem,” ungkap Ilham. 


Kotoran tersebut dapat berupa debu atau pasir yang menempel sehingga menimbulkan bunyi decitan saat motor melewati genangan air. Maka dari itu, konsumen wajib membersihkan motor terutama di bagian kaliper dan piringan cakram. 


"Membersihkannya juga bisa menggunakan angin bertekanan atau bensin untuk mengusir kotoran yang menempel," kata Ilham.


Bagian kampas rem juga perlu dicek apakah sudah aus atau tidak. Ciri kampas rem mulai aus dapat terasa dari cengkraman rem yang sudah tidak kuat seperti sebelumnya. Solusinya, ganti kampas rem dengan yang baru agar fungsinya kembali prima.


“Penyebab lainnya yang membuat bunyi decitan adalah cakram yang terkena air. Saat cakram dibersihkan dari kotoran, cakram akan menjadi kesat sehingga menimbulkan bunyi decit. Tapi tidak perlu khawatir karena suara ini akan hilang ketika cakram sudah tidak basah lagi,” tambah Ilham. 


Bagi konsumen Yamaha, perawatan sepeda motor dapat dilakukan di bengkel resmi Yamaha Surya Inti Putra (SIP) terdekat dari areanya masing-masing. 

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi