iklan jual beli mobil

Keyless Peugeot Tiba-tiba Mati? Solusinya Ternyata Mudah

  • Teknologi keyless pada mobil memang membawa solusi dalam hal kepraktisan dan keamanan. Meski begitu, pengguna tetap harus mengecek kondisinya agar berfungsi dengan baik setiap waktu.

Jakarta, Otojatim.com - Salah satu keunggulan dari Peugeot SUV 3008 dan 5008 varian Active adalah fitur keyless atau tanpa anak kunci sehingga lebih praktis tanpa perlu repot mencari-cari kunci sebelum berangkat.


Keyless merupakan fitur terbaru yang disematkan pabrikan Peugeot beberapa tahun terakhir. 


“Fitur ini adalah inovasi teknologi terbaru di industri otomotif. Tentu tujuannya untuk kepraktisan sehingga pengguna tak lagi membutuhkan anak kunci yang harus dipasang secara manual," ujar Rafi’i Sinurat, kepala bengkel di Astra Peugeot Sunter, Jakarta Utara.


Keyless pada Peugeot Active tidak hanya sebagai perangkat keamanan mobil, namun perannya makin sempurna karena pemilik tidak lagi harus menekan tombol. Cukup mendekat dan arahkan telapak tangan ke gagang pembuka pintu, maka secara otomatis kunci pintu akan terbuka. 


“Hadirnya Keyless memang membuat pengguna semakin merasa dimanjakan. Terutama bagi mereka yang pelupa, tidak perlu lagi bersusah-payah merogoh kantong celana atau mencari di sekeliling rumah. Cukup tekan tombol Start pada Key, maka secara otomatis mesin mobil akan menyala,” kata Rafi'i.


Meski dinilai lebih praktis dan aman, ternyata fitur ini juga memiliki kekurangannya sendiri. Yaitu bisa mati secara tiba-tiba. Kemungkinan penyebabnya adalah baterai di dalam Keyless yang habis, ataupun Keyless terendam air. Maka, kondisi Keyless juga perlu dicek secara rutin.


Adapun ciri-ciri baterai Keyless mulai habis biasanya terlihat pada bagian lampu indikator yang mulai redup. Atau saat digunakan sering sekali tidak memberikan respon sinyal terhadap mobil.


Seperti diketahui, Keyless memanfaatkan gelombang radio sebagai sinyal untuk menyalakan mesin mobil ataupun membuka dan menutup pintu mobil.


Bila baterai habis, maka tinggal diganti saja dengan baterai yang baru. Jangan lupa untuk menjauhkan Keyless dari air agar tidak rusak.

LihatTutupKomentar

Video: Toyota Calya Raih Bintang 4 Uji Keselamatan ASEAN NCAP

Otojatim.com - ASEAN NCAP, lembaga yang bertanggung jawab atas penilaian keselamatan kendaraan baru di kawasan Asia, baru-baru ini merilis ...

close
harga yamaha lexi