iklan jual beli mobil

Ini Waktu yang Tepat Buat Ganti Minyak Rem Motor Yamaha

  • Minyak rem kerap dianggap sepele padahal sangat berperan dalam keselamatan berkendara. 

Otojatim.com - Minyak rem mengambil peranan penting dalam performa sepeda motor. Fungsinya untuk meneruskan tekanan pengeraman dari tuas rem ke kampas rem dengan prinsip kerja hidrolik sehingga menghasilkan pengereman yang maksimal. Maka dapat dikatakan, minyak rem turut menentukan keselamatan para pengendara.


Oleh karenanya, kondisi minyak rem tidak boleh luput dari pengecekan. “Masih banyak pengendara yang lupa untuk mengecek kondisi minyak rem pada kendaraannya masing-masing. Agar sistem pengereman bekerja maksimal memang disarankan untuk dicek. Hal ini untuk menjaga kenyamanan dan keamanan pada saat berkendara," kata Ilham Wahyudi, General Manager Service PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ).


Penggunaan minyak rem juga dapat membantu mengurangi panas yang timbul dari gesekan logam pada kampas dan rem cakram. Apabila volume minyak rem yang tersedia tidak sesuai dengan standar, maka sistem pengereman hidrolik tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya.  


Menurut Ilham, ada dua cara yang dapat dilakukan saat mengecek kondisi minyak rem. Pertama, periksa ketinggian minyak rem. Apabila volumenya berkurang, tambahkan minyak rem hingga mencapai ketinggian yang sesuai dengan indikator pada kaca di reservoir master rem.


Kedua, cek warnanya. Apabila warnanya gelap atau keruh, maka minyak rem harus segera diganti. 


Perlu diingat bahwa masa pakai minyak rem pada suatu kendaraan adalah sekitar 2 tahun atau setara dengan 24.000 km. Kalau sudah lewat, maka harus segera diganti. Penggantian minyak rem bisa dilakukan di bengkel ataupun sendiri di rumah.


"Konsumen juga harus menggunakan minyak rem yang sesuai dengan standar atau spesifikasi yang dianjurkan oleh pabrikan. Jadi kualitas dan performa kendaraan bisa stabil seperti motor baru,” ungkap Ilham. 


Penggunaan minyak rem yang tidak sesuai standar ternyata dapat mengganggu kinerja komponen sepeda motor lainnya. Seperti merusak seal karet pada master rem dan seal kaliper. Ini dapat menyebabkan rem mudah berkarat. 


“Apabila sampai terjadi kebocoran, biaya mengganti komponen malah jadi lebih besar. Jadi, lebih baik disiplin dalam mengecek dan mengganti minyak rem, daripada mengalami kerugian dan gangguan saat berada di jalan,” tambah Ilham. 


Bagi konsumen Yamaha yang ingin melakukan perawatan sepeda motor, dapat mengunjungi bengkel resmi Surya Inti Putra (SIP) terdekat. Sebaran lokasinya bisa dilihat melalui website resmi www.yamaha-stsj.com. 

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi