iklan jual beli mobil

Beda 4 Jutaan, Mending Pilih Yamaha Grand Filano atau Fazzio?

  • PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ) selaku main dealer Yamaha area Jawa Timur, Kalselteng, Kaltim, dan Nusa Tenggara, secara gencar mempromosikan duo Classy Yamaha andalan terbarunya, Grand Filano Hybrid Connected dan Fazzio Hybrid Connected. Namun masih banyak yang belum memahami secara detil perbedaan diantara keduanya.

Otojatim.com - Skutik Yamaha Grand Filano Hybrid Connected dan Fazzio Hybrid Connected, tengah jadi hits belakangan ini berkat desain retro unik dengan teknologi hybrid terbaru. Meski serupa, keduanya ternyata membawa banyak perbedaan. Selain harganya yang selisih hampir 5 jutaan, berikut ini komparasi lainnya.


Motor matic Yamaha Grand Filano Hybrid dan Yamaha Fazzio masuk ke dalam anggota keluarga Classy Yamaha. Keduanya mengusung gaya retro modern ala Eropa dengan mesin hybrid assist serta fitur-fitur canggih yang mendukung gaya hidup modern. Lalu, apa ya yang membedakan keduanya?


"Banyak yang menganggap ini adalah versi upgrade dari Fazzio. Padahal ini adalah motor yang berbeda dan bukan Grand Filano yang ambil basis mesin Fazzio, tapi sebaliknya,” kata Ilham Wahyudi, GM Service STSJ saat ditemui di acara Kupas Teknologi Grand Filano pada Minggu (19/3/2023) 


Dilihat dari harganya, Grand Filano Hybrid dibanderol pada kisaran Rp29 jutaan, sementara Fazzio Hybrid berada di angka Rp25 jutaan (OTR Surabaya). Dengan kata lain, posisi kelas Filano berada di atas Fazzio.

"Target konsumen keduanya berbeda. Yamaha Fazzio membidik konsumen remaja yang suka tampil atraktif dan ceria. Kalau Filano Hybrid, targetnya konsumen di atas remaja yang lebih ingin tampil berkelas. Itulah kenapa warna-warna Filano lebih premium," kata William Saputra, Manajer Promosi STSJ yang turut hadir dalam acara tersebut.


Meskipun keduanya dibekali dengan mesin yang sama, yakni Blue Core Hybrid 125 cc SOHC 4 katup berpendingin udara dengan sistem injeksi, namun karakternya berbeda. Hal ini dilihat dari tenaga yang dihasilkan, dimana Fazzio unggul tipis dengan 8,3 dk @6,500 rpm dengan torsi 10,6 @4.500 rpm. Sementara Grand Filano punya power tenaga 8,1 dk @6,500 rpm dan torsi 10,4 Nm @5.000 rpm. Persamaannya, baik Fazzio dan Grand Filano memang didesain untuk berkendara harian bukan untuk kebut-kebutan, jadi tidak mampu mencapai kecepatan 100 km/jam.

Beralih ke panel instrumen digital, Fazzio menggunakan LCD, sementara Grand Filano pakai kombinasi LCD dan TFT (Thin Film Transitor) sehingga lebih berwarna. Input spidometer pada Grand Filano melalui speed sensor, sedangkan Fazzio masih pakai kabel girboks.

Perbedaan lainnya juga ada pada sistem penerangan, dimana pada Fazzio hanya bagian headlamp-nya saja yang pakai LED, sedangkan Grand Filano sudah full LED lengkap hingga ke penerang bagasi.


Sekilas, suspensi depan, pengereman, velg, hingga ukuran ban antara Grand Filano dan Fazzio memang identik. Padahal, rangkanya berbeda. Dimana Grand Filano punya tangki bensin 4,4 liter dengan lubang pengisian di dek depan dan bagasi seluas 27 liter. Sementara tangki bensin Fazzio pada balik jok berukuran 5,1 liter dengan area penyimpanan 17,8 liter.


Akibatnya, posisi aki di motor juga berbeda. Jika Fazzio ada di dek pijakan kaki, maka Grand Filano berada di dalam bagasi jok.

Menyoal gantungan barang bawaan pun keduanya punya perbedaan. Grand Filano punya 1 hook gantungan barang, sementara Fazzio punya laci depan tertutup dan 2 hook gantungan barang di dek depan.


Terdapat perbedaan pada dimensi dan bobot keduanya. Grand Filano punya postur yang lebih pendek dibandingkan Fazzio. Bobot Filano pun lebih berat yakni 100 kg, sementara Fazzio 95 kg.


Tak ketinggalan, pilihan warna yang ditawarkan keduanya berbeda, begitu pula dimensi dan ergonomi seperti tinggi jok pun dibuat berbeda.


Grand Filano menggunakan cat tipe Glossy dengan gradasi warna lebih dari satu, sehingga tampilannya lebih mewah dibanding Fazzio.

Selebihnya, baik Fazzio dan Grand Filano dilengkapi beberapa fitur yang sama, diantaranya lampu hazard, konektivitas Y-Connect, dan teknologi Blue Core Hybrid. Untuk mendukung akomodasi, keduanya punya open pocket di sebelah kanan, dan socket charger.


Jadi, mending mana? Kembali lagi ke kebutuhan dan selera Anda. Jika senang tampil eye catching dan butuh power yang lebih besar maka Fazzio cocok jadi pilihan. Namun, kalau lebih suka warna dan tampilan yang lebih elegan serta fitur-fitur lebih kekinian, maka bisa pilih Grand Filano.

LihatTutupKomentar

Impresi Awal: New Honda Mobilio 2017 Semakin Mewah dan Naik Kelas

Jakarta, Otojatim.com - Persaingan antar Low MPV sudah dimulai di awal tahun 2017. Tentunya, pabrikan banyak mengeluarkan varian dan menyeg...

close
harga yamaha lexi