iklan jual beli mobil

Review Honda Vario 125: Andalan Perjalanan Komuter dan Harian

  • Bagi Anda yang tengah mempertimbangkan untuk membeli New Honda Vario 125, berikut kami ulas kelebihan dan kekurangannya untuk Anda.

review honda vario 125

Sidoarjo, Otojatim.com - Skutik 125 cc terlaris Honda, New Vario 125 memang telah diluncurkan Oktober 2022 lalu di Jatim. Dan baru sekarang (Maret) kami bisa puas menjajal motor test milik MPM Honda Jatim ini selama seminggu dalam perjalanan Surabaya – Malang PP.

Motor ini merupakan versi facelift dari model 2018, yang basisnya masih sama, baik dari segi mesin maupun sasis. Pembaruan terjadi di bagian bodi dan beberapa penambahan fitur. Posisi berkendaranya juga khas Vario dimana stang rendah dan agak menekuk ke dalam, memberi kesan sporty yang senada dengan desainnya.

Tes Honda Genio di Tanjakan Curam


New Vario 125 memiliki suspensi yang empuk, jauh lebih nyaman dari pada Vario 160, PCX maupun ADV. Dengan demikian tidak ada hentakan keras yang terasa ketika melewati polisi tidur ataupun jalanan rusak.

Hal ini benar-benar kami rasakan ketika membandingkan dengan review Vario 160 yang lebih bongsor, karakter suspensinya berbeda.
Honda Vario 125 2023

Walaupun sama-sama empuk meredam jeglongan. Tapi saat rebound, Vario 125 lebih stabil dan tidak mentul-mentul. Efek bagi rider, tingkat percaya diri makin tinggi dalam melibas jalan rusak penuh tambalan di jalan provinsi sepanjang perjalanan luar kota.

Ban dan velg yang digunakan New Vario 125  mirip sekali dengan Vario 150 lama. Ukurannya 90/80-14 untuk ban depan dan 100/80-14 untuk ban belakang. Ini membuat dimensinya lebih proporsional dibanding versi sebelumnya yang cenderung terlihat ramping. Ukuran ban yang lebih lebar ini menunjang handling sehingga lebih mantap dan stabil ketika dipakai menikung.
kelebihan kekurangan honda vario 125

Masih menggunakan mesin SOHC 2 katup dengan injeksi berpendingin cairan, kapasitas 124,8 cc. Tenaga yang dihasilkan cukup responsif untuk stop and go, mudah dipakai menyalip cukup mumpuni untuk penggunaan harian. Mesin tersebut juga terbilang tahan banting dan minim komplain. 

Di atas kertas, New Vario 125 memiliki tenaga maksimal 11dk di 8.500 RPM dan torsi maksimal 10,8 NM di 5.000 RPM. Soal performa, akselerasi 0-100 km/jam, Vario mampu menyelesaikan dalam 21 detik. Sedangkan top speed Honda New Vario 125 mampu menembus 113 km/h (versi spidometer).
konsumsi bbm honda vario 125

Salah satu kelebihannya adalah sangat irit bensin untuk ukuran motor 125cc. Dari beberapa kali tes jalan, kami mendapatkan konsumsi BBM Honda Vario 125 berdasarkan AVG display kendaraan, adalah sebagai berikut:
  • Sendiri, dalam kota, teknik eco-riding = 1 liter: 60,5 km
  • Sendiri, dalam kota, random riding  = 1 liter: 53,3 km
  • Boncengan, luar kota, teknik eco-riding  = 1 liter: 54,4 km
  • Boncengan, dalam kota, random riding = 1 liter: 49,0 km

Kelebihan lain, volume bagasi Vario 125 sebesar 18 liter, cukup untuk menyimpan helm half-face. Deck-nya datar sehingga bisa dipakai untuk membawa barang belanjaan hingga botol galon minum. Di dekat stang, terdapat laci yang disertai dengan power outlet sehingga lebih aman saat dipakai mengisi daya gadget selama perjalanan. Sementara untuk sistem keamanan, New Honda Vario 125 menggunakan fitur smart-key yang bisa mengaktifkan alarm.
kelemahan vario 125

Dari sekian banyak keunggulan, New Honda Vario 125 juga memiliki beberapa kekurangan. Misalnya saja, tampilan spidometer yang tidak mendapakan pembaruan. 

Kekurangan lainnya yang kami rasakan adalah akselerasi di satu kilometer pertama, putaran mesin seperti tertahan. Jadi perlu membuka gas lebih besar untuk sekadar berjalan normal. Tapi gejala ini hilang setelah motor berjalan kurang lebih 5 menit.

Bisa jadi kendala tersebut berasal dari sistem pembakaran yang belum sempurna dimana O2 sensor belum mencapai suhu kerja. Jadi perlu proses pemanasan mesin dulu sebelum digunakan. Selain itu, saat melaju lambat, terasa getaran di stang dan jok. Getaran tersebut baru hilang ketika laju dipercepat.

Terakhir, posisi duduk bagi pemotor yang berpostur tinggi mungkin agak kaku bila diharuskan mengikuti pakem safety riding yang benar, artinya seluruh bagian kaki harus masuk (terlindungi) di dalam area deck.

Test rider Otojatim yang 175 cm, lebih suka duduk dengan kaki agak mengangkang (kaki sedikit keluar deck) untuk mendapatkan posisi yang rileks. Menurut kami, hal tersebut wajar sebagai konsekuensi desain motor yang sporty tapi dituntut mempunyai ruang penyimpanan yang memadai.
harga vario 125 2023

Dengan angka penjualan Vario di MPM Honda Jatim yang tembus belasan ribu unit per bulan, membuktikan bahwa desain model dan konsumsi bahan bakar menjadi pertimbangan utama masyarakat Indonesia dalam memilih motor harian.  Di Surabaya, harga Honda Vario 125 dibanderol Rp23.905.000 (tipe CBS) dan Rp25.544.000 (CBS-ISS).

Kesimpulan kami setelah melakukan review Honda Vario 125: irit dan stylish serta serta cukup akomodatif. Motor ini akan selalu menjadi andalan setiap perjalanan komuter dan harian.  Jadi bagaimana? Mau langsung ke diler?
LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi