iklan jual beli mobil

Berapa Lama Umur Ban Jika Tidak Digunakan?

  • Ban memiliki umur simpan tertentu yang harus diperhatikan agar kinerjanya maksimal. Kami mengulas faktor apa saja yang bisa membuat ban cepat tua dan bagaimana cara mengantisipasinya.

Otojatim.com - Ban adalah salah satu bagian terpenting dari tubuh sebuah mobil. Kestabilan kendaraan saat melaju dan kenyamanan penumpang bergantung pada kondisi ban. Bahkan ban juga bisa memengaruhi keiritan BBM dan ketahanan kaki-kaki mobil.


Di Indonesia, ada aturan Pemerintah yang mewajibkan mobil memiliki ban serep. Hal ini tertuang pada Undang-undang Nomor 22 Pasal 57 butir 2 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dan Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2012 Pasal 47 ayat 1 dan 2.


Namun, tahukah Anda, bahwa meski belum pernah dipakai, ban serep punya batas waktu penggunaan atau bisa dibilang tanggal expired. Berapa lama umur simpan ban jika tidak digunakan? Berikut ulasannya.


Berdasarkan The National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) USA, ban bisa bertahan selama 6-10 tahun tergantung penyimpanan dan kondisi lingkungan. Umumnya, pabrikan ban resmi  menyatakan bahwa ban 100% aman digunakan hingga usianya 5-6 tahun.


Ada dua faktor yang memengaruhi penuaan ban. Diantaranya keadaan lingkungan (meliputi oksigen, sinar UV, ozon) dan kondisi penyimpanan.


Ban memiliki bahan utama berupa karet yang sangat elastis, dimana kelenturan ban tersebut akan berkurang seiring berjalannya waktu. Oksigen menjadi perusak paling cepat dibanding UV dan ozon. Namun, para produsen saat ini telah memberi kandungan senyawa antioksidan dan antiozonant yang disebut 6PPD pada produk bannya sehingga dapat memperlambat proses penuaan dengan meminimalisir degradasi thermal.


Kondisi ban juga dipengaruhi oleh paparan sinar matahari, karena karet dapat menyerap radiasi UV. Meskipun sudah dilindungi senyawa Carbon Black, namun lama kelamaan ban tetap akan kehilangan kemampuannya untuk menstabilkan sinar UV.

Ada sejumlah langkah yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki kondisi penyimpanan agar ban lebih bertahan lama, diantaranya:

  • Bersihkan ban sebelum disimpan.
  • Jangan terpasang dengan kendaraan yang sedang ada beban muatan.
  • Kosongkan angin atau lepaskan peleknya, karena tekanan angin akan meregangkan bentuk karet dan membuat ban lebih cepat tua.
  • Bungkus dengan plastik kedap udara agar oli dalam ban tidak mudah menguap.
  • Jauhkan dari paparan matahari dan udara lembab (suhu maksimal 31⁰).
  • Disarankan untuk menumpuk ban agar mengurangi potensi perubahan bentuk dan ukuran.

Anda bisa mengetahui usia ban yang anda simpan dengan mengecek kode tanggal di dinding sampingnya. Usia dihitung dari taun pembuatan, bukan tanggal beli. Sebaiknya beli ban dengan usia dibawah 3 tahun agar masih masuk masa garansi. Biasanya ban mendapat garansi 5 tahun dari waktu produksi.

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi