iklan jual beli mobil

6 Perlengkapan Wajib Ini Bikin Mudik Bareng Hyundai Stargazer Jadi Makin Asik

  • Demi meningkatkan kenyamanan dan keamanan di perjalanan mudik Lebaran, Anda perlu melengkapi beberapa peralatan di dalam mobil. Apa saja kelengkapan yang dimaksud? Berikut ulasannya.

Otojatim.com - Mudik Lebaran menjadi hal yang paling ditunggu-tunggu oleh banyak masyarakat Indonesia. Setelah lama berkutat dengan kesibukan kota besar, Idul Fitri dijadikan hari pelepas rindu pada orang tua dan keluarga besar. 


Berbagai upaya dilalukan demi bisa pulang ke kampung halaman. Banyak yang rela mengendarai mobil berjam-jam menembus kemacetan agar bisa merasakan momen Lebaran di kota kelahiran. Oleh karenanya, penting untuk memastikan performa mobil cukup prima untuk menempuh perjalanan jauh.


Ada beberapa perlengkapan yang seharusnya standby di dalam mobil, namun kerap luput dari perhatian. Padahal perannya penting untuk menunjang keselamatan dan kenyamanan selama berkendara. Apalagi jika akan menempuh perjalanan jauh. Apa saja itu? Berikut ulasannya untuk Anda.


1. Alat Pemadam Api Ringan (APAR)

Tak hanya gedung dan rumah, risiko kebakaran juga bisa terjadi di kendaraan Anda. Kondisi mesin yang panas dapat memicu munculnya percikan api hingga timbul kebakaran. Untuk itu, keberadaan APAR di dalam kendaraan sangat penting. Simpan APAR di tempat yang mudah terlihat dan dijangkau. Namun, jauhkan dari paparan sinar matahari langsung. Bawah kursi penumpang depan bisa jadi tempat penyimpanan APAR yang cocok.


2. Handphone holder

Saat menyetir mobil, kebutuhan untuk tetap memakai smartphone sering kali tidak bisa dihindari. Terutama jika harus menggunakan aplikasi navigasi. Dengan adanya handphone holder di dashboard dekat kemudi, membuat Anda lebih mudah menjangkau gadget. Selain lebih praktis, tentunya juga lebih aman.


3. Smart Dashcam

Dashcam mobil berfungsi seperti CCTV, yang diletakkan di bagian dalam atas kaca mobil depan. Alat ini akan merekam apa saja saat berkendara. Hasil rekamannya lantas disimpan ke kartu memori.


Keuntungannya, jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan selama di perjalanan, seperti mobil diserempet, atau bahkan insiden kecelakaan, hasil rekaman dari dashcam bisa menjadi bukti kuat. Sehingga masalah bisa diselesaikan dengan benar dan cepat.


4. Pompa ban elektrik

Komponen lainnya yang harus disiapkan sebelum berangkat mudik, adalah pompa ban. Kini sudah waktunya Anda meninggalkan pompa konvensional yang membuat berkeringat saat mengisi angin pada ban mobil. Ganti dengan pompa elektrik yang sudah banyak dijua di pasaran.


Alat ini menggunakan sumber energi listrik mobil ketika dihubungkan dengan power outlet. Ada indikator tekanan angin ban, sehingga lebih akurat. Dan yang terpenting praktis dan anti capek.


5. Tire Pressure Monitoring System (TPMS)

Fungsi dari alat ini adalah untuk memonitor tekanan angin ban mobil. Jika tekanan ban kurang, bisa menimbulkan masalah serius seperti laju mobil akan kurang maksimal, ban cepat aus, bahan bakar boros, sampai velg ban yang cepat rusak. Keberadaan TPMS akan mempermudah pengendara mengecek tekanan ban secara rutin.


Tidak semua mobil memiliki TPMS, sehingga Anda harus membelinya secara terpisah. Namun, Hyundai Stargazer sudah menyematkan fitur canggih ini sehingga penggunanya tak perlu khawatir akan keselamatan selama berkendara. Hal ini sejalan dengan prinsip Stargazer sebagai mobil andalan keluarga, yang tidak hanya mengutamakan style, tapi juga kenyamanan, keselamatan, dan efisiensi.


6. Car charger

Kebanyakan penumpang memainkan gadget selama perjalanan jauh untuk membunuh rasa bosan. Apalagi jika harus terjebak macet berjam-jam. Dengan adanya car charger, Anda jadi tak perlu takut kehabisan daya baterai di tengah jalan.


Terlebih dengan adanya fitur Wireless Charger pada konsol tengah Hyundai Stargazer varian Prime. Tinggal letakkan smartphone Anda pada area tersebut selama berkendara, maka dayanya akan terisi secara otomatis. Dengan adanya fitur ini, Anda jadi tak perlu membawa kabel atau repot mengatur posisi kabel charger Anda di mobil yang bisa saja jadi berbahaya.


Apalagi, wireless charger pada Hyundai Stargazer memiliki konektivitas smartphone pada Head Unit-nya. Dengan demikian, area wireless charger juga berfungsi ganda sebagai tempat meletakkan smartphone di mobil.


Mudik ke kampung halaman #DiantarSangBintang tak hanya memberi rasa nyaman dan aman, tapi juga kepraktisan. Perjalanan jauh jadi terasa menyenangkan. Benar-benar kendaraan yang cocok dipakai mudik bersama keluarga.


Sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat yang mengalami kendala untuk mudik tahun ini, Hyundai menggelar mudik gratis bertajuk #DiantarSangBintang. Program ini berlaku mulai 3-28 Maret 2023.


Caranya mudah, Anda tinggal meng-upload foto di Instagram Feed dan tulis caption seputar siapa yang paling Anda dirindukan di kampung halaman dan mengapa. Sebutkan pula kota tujuan mudik dan domisili saat ini. Jangan lupa follow Instagram @hyundaimotorindonesia.


Ada sepuluh keluarga yang akan memenangkan mudik gratis dengan mobil Stargazer. Tak hanya itu, masing-masing juga akan mendapat THR sebesar Rp 10 juta.

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi