Waspada Ditipu Sales Mobil, Ini Tips dari Cak Sholeh

  • Tak sedikit orang yang tertipu oknum sales mobil ataupun motor. Setelah menyerahkan sejumlah uang, barang yang dibeli tak pernah datang, sales pun menghilang. Cak Sholeh membagi tips agar Anda terhindar dari modus penipuan ini.

Otojatim.com - Saat ingin membeli mobil, Anda tidak hanya harus fokus mengenai spesifikasi dan harga mobil impian Anda tetapi juga wajib pintar agar terhindar dari penipuan sales mobil. Pasalnya sudah banyak orang yang menjadi korban penipuan para oknum sales nakal. Mayoritas dari mereka tidak pernah menerima kendaraannya padahal sudah melakukan transaksi pembayaran. Uang yang mereka serahkan ternyata dibawa kabur oleh si sales.


Melalui akun TikTok @sholehlawyer, Cak Sholeh, pengacara kondang asal Surabaya, membagikan info mencegah terjadinya penipuan tersebut.


"Saat membeli motor atau mobil, meski tidak datang ke dealer atau hanya membeli melalui sales, ketika melakukan pembayaran baik DP maupun cicilan, harus melalui nomer rekening resmi dealer. Nama PT nya apa, tokonya apa. Dengan begitu, tidak ada hubungan hukum dengan si sales," kata Cak Sholeh.

Lebih lanjut Cak Sholeh mengatakan bahwa transaksi keuangan tidak boleh diserahkan ke sales atau ke rekening sales, harus langsung ke rekening dealer. Sehingga jika terjadi apa-apa dealer akan bersedia bertanggung jawab.


"Kalau kasih uang misal DP 50 juta ke sales. Lalu dia bawa kabur uangnya. Ya dealer tidak mau tanggung jawab, karena itu bukan kesalahan dealer," tegas Cak Sholeh.


Lebih lanjut Cak Sholeh mengatakan, "Itu jadi kesalahan pembeli dan sales. Pembeli percaya kepada sales, padahal sales-nya nakal. Makanya, jangan pernah memberi  atau transfer uang ke sales baik saat membeli mobil ataupun motor."


Namun, pengacara yang kerap membuka konsultasi hukum gratis di Surabaya tersebut memberi jalan keluar lain jika pembeli ingin mengusahakan uangnya kembali. "Anda bisa melaporkan sales ke kepolisian atas kasus penipuan penggelapan uang," tutup Cak Sholeh.


Sales memang memiliki kemampuan memikat hati konsumen melalui kata-kata. Maka, Anda sebaiknya tidak terburu-buru percaya begitu saja. Jangan pernah mau melakukan transaksi ke nomor rekening pribadi sales dengan alasan apapun. Jika sales tetap kekeuh meminta, sebaiknya cari sales yang lain. Selama mobil yang ingin dibeli merupakan produk terlaris, jangan pernah takut kehilangan stok. Lebih baik menghabiskan banyak waktu untuk mencari tempat lain daripada  uang Anda yang habis sia-sia.

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi