iklan jual beli mobil

Toyota Agya 2023 Resmi Rilis, Jadi Saingan Brio?

  • Generasi baru Toyota Agya resmi diperkenalkan dalam dua varian, yakni standar dan GR Sport dengan pilihan transmisi matic dan manual.
  • Meski belum merilis angka pasti, TAM menjamin Agya 2023 akan memiliki harga yang terjangkau.

Otojatim.com - PT Toyota-Astra Motor memperkenalkan All-New Astra Toyota Agya dan Toyota Agya GR Sport secara World Premiere pada Senin (13/2).


Agya akan kembali menggaet para first-user yang mendambakan mobil pertama yang dapat diandalkan. Mobil ini digadang-gadang akan jadi pesaing kuat bagi Honda Brio.

Sementara Agya GR Sport ditujukan bagi pelanggan berjiwa sporty yang menginginkan mobil dengan performa sebuah sports car.


Generasi kedua dari Agya ini telah mengusung platform baru DNGA seperti yang digunakan Raize, Avanza dan juga Vios. 


Henry Tanoto, Vice President PT Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan bahwa penggunaan platform DNGA pada All New Agya membawa banyak manfaat, diantaranya kenyamanan, keleluasan kabin, dan lebih efisien.

"Generasi kedua Agya ini nantinya akan dijual dalam dua model yakni standar dan GR Sport dengan pilihan transmisi manual dan otomatis D-CVT," sambung Henry.


Hingga berita ini diturunkan, TAM belum merilis berapa harga resmi dari All New Agya. Meski begitu, pihaknya menjamin Agya 2023 akan memiliki harga yang terjangkau.


“Khusus model GR Sport akan ditempatkan satu tingkat di atas Agya biasa. Untuk model satunya (Agya G) tetap membawa DNA Low Cost Green Car (LCGC) sebagai mobil hatchback dengan harga terjangkau, namun dari segi berkendara masih fun to drive dan menyenangkan seperti model GR Sport,” imbuh Henry.


Toyota Agya 2023 memiliki tampilan yang lebih agresif dibanding model sebelumnya. Desain bodinya banyak mengimplementasikan garis tegas. Lampu LED-nya berbentuk pipih yang membuatnya sekilas mirip dengan Raize dan Avanza. Kap mesinnya juga lebih lebar dan kekar. Khusus varian G dan GR Sport, bumper dibuat lebih add on dengan tambahan body kit serta side skirt sehingga tampilannya lebih sporty.

Soal dapur pacu, Agya gen 2 ini memakai mesin baru, persis seperti kepunyaan Raize. Mesinnya berkode WA-VE 3 silinder segaris, 12 valve berteknologi DOHC, Dual VVT-i dengan kubikasi 1.198 cc. Jantung pacu ini sanggup memeras tenaga 88 PS di 6.000 rpm serta torsi maksimal 112 Nm pada putaran 4.500 rpm.


Dimas Aska selaku Interactive Head of Public Relation PT TAM mengatakan, di Indonesia Agya gen 2 ini tidak tersedia dengan varian 1.0L.


“Kalau mesin pakai kepunyaan Raize yang 1.2L. Secara model dan strutktur sama. Hanya tunning yang berbeda disesuaikan dengan karakter mobil dan kebutuhan,” terang Dimas.


Lebih lanjut Dimas mengatakan bahwa All New Agya merupakan mobil perkotaan yang dituntut untuk gesit dan lincah. Maka dari itu, akselerasinya akan bermain pada putaran bawah.

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi