vespa batik

Kontribusi 40 Tahun Hino Untuk Negeri

  • Hino hadir di Indonesia lebih dari 40 tahun. Beragam capaian mentereng telah diraih, seperti jadi market leader di kelas Medium Duty Truck, kendaraan komersial pertama yang mengekspor truk secara complete built up, hingga jadi mobil niaga pertama yang memenuhi standar emisi Euro4.
  • Hino juga berfokus pada pelatihan keselamatan berkendara bagi para customernya dan berdedikasi pada dunia pendidikan.

Otojatim.com - Hino hadir pertama kalinya di Indonesia pada tahun 1967 dimana 150 unit Hino Bus BT51 dikirim oleh Pemerintah Jepang sebagai bantuan kepada Pemerintah Indonesia. Barulah pada tahun 1982 Hino dipasarkan di Indonesia melalui PT. Hino Indonesia Manufacturing (HIM).


Tahun 1991 Hino Jumbo Ranger FL176 MA (6x2) dan FM226MD (6x4) lahir sebagai cikal bakal Hino Ranger FL dan FM JD series yang kemudian eksis selama 23 tahun sebagai market leader. Sejarah ditorehkan kembali pada tahun 2002 dimana Hino merambah segmen light duty truck di Indonesia dengan meluncurkan Hino Dutro.


“Kami terus mengembangkan dan berinovasi untuk menghadirkan kendaraan yang tepat sesuai dengan segmentasi bisnis para pengusaha di Indonesia, atau kami menyebutnya best fit product. Pencapaian Hino di Tanah Air yang mampu memimpin pasar medium duty truck, karena Hino terbukti tangguh dan meningkatkan keuntungan di tangan," terang Irwan Supriyono, After Sales Director HMSI.


Market Leader Medium Duty Truck

Memasuki tahun 2014, Hino Indonesia menjadi brand kendaraan komersial pertama sekaligus satu-satunya di Indonesia yang melakukan ekspor truk secara complete built up (CBU). Saat itu ada19 negara yang menjadi tujuan ekspor Hino.


Prestasi demi prestasi kembali ditorehkan Hino Indonesia. Di tahun 2015, Hino Indonesia jadi yang pertama di dunia meluncurkan Hino New Generation Ranger. Model ini kemudian digunakan untuk market Hino di negara-negara lain.


Hino menandai 40 tahun eksistensinya di Indonesia dengan menjadi brand kendaraan komersial pertama di Indonesia yang meluncurkan kendaraan dengan standar emisi Euro4 pada Maret 2022 lalu.


Total ada 60 model Hino Euro4 yang diluncurkan sepanjang tahun 2022. Diantaranya; Hino Ranger FMX 280 TH, Hino Ranger FLX 280 JW (8X2), Hino Ranger FLE 260 JW (6x2), Hino Ranger FG 260 JU, dan Hino Dutro 136 HDX 5.8 Plantation.


”Hino merupakan market leader dengan pangsa pasar diatas 50% untuk medium duty truck selama 23 tahun terakhir. Prestasi ini dapat dianalogikan seperti ini, apabila ada 10 medium duty truck di jalan, sekitar sekitar 50% dari jumlah truk ini pasti mobil Hino. Sebagai pemimpin pasar, kami berwajiban menjadi yang pertama untuk mengkampanyekan kesalamatan berkendara di jalan,” kata Santiko Wardoyo, Chief Operating Officer & Director HMSI di sebuah acara diskusi keselamatan berkendara Agustus 2022 lalu.


Bermain di 2 kategori, yakni light duty truck (LDT) dan medium duty truck (MDT), angka penjualan Hino tahun 2022 melesat tajam. Kategori medium duty truck melalui Hino 500 Series pada tahun 2021  terjual sebanyak 9.242 unit, di 2022 tercatat penjualan naik 78% jadi 16.411 unit. Begitu pula dengan market share sebesar 52,78% di tahun 2021 meningkat jadi 59,03% di 2022.


Sedangkan untuk kategori truk ringan atau light duty truck, Hino Dutro berhasil mencapai penjualan sebanyak 13.122 unit atau meningkat 26% dibandingkan penjualan tahun sebelumnya. Hal ini juga berdampak pada market share Hino Dutro yang meningkat dari 18,9% jadi 20,3%.


Layanan After Sales

HMI gencar mengedukasi konsumennya mengenai keselamatan dalam mengendarai mobil niaga (truk dan bus). Beragam platform edukasi dicetuskan untuk mendukung program tersebut, seperti Hino Total Support Customer Centre (HTSCC) dan aplikasi digital My Hino.


Hino bahkan memiliki sirkuit pusat pelatihan berkendara sendiri yang berlokasi di kawasan Kota Bukit Indah di Purwakarta, Jawa Barat. Fasilitas yang ditawarkan juga lengkap seperti blind spot test area, inspection boy, stop and go, parking parallel, shape curves, hairpin turn, parking reverse, circle road, portal, crank road, safety brake, hingga simulator dan ruang pelatihan khusus sesuai standar BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi).


Tak cukup sampai di situ, Hino saat ini memiliki Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP), Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) atau disebut LSP-LPK PT Hino Motors Sales Indonesia. Kurikulumnya selalu diperbaharui mengikuti tren otomotif yang ada. 


Sementara bagi ketersediaan suku cadang. Hino menghadirkan jaringan distribusi yang luas tersebar di seluruh Indonesia berupa part depo dan part shop. Pusat part depo ada di Jatake, Tangerang dan 5 part depo lainnya tersebar di seluruh wilayah Indonesia diantaranya Medan, Surabaya, Banjarmasin, Balikpapan, dan  Makasar. Sementara part shop ada sekitar  3.404 titik yang menjamin ketersediaan suku cadang. 


Pelanggan dimanjakan dengan fasilitas mobile service, sehingga tidak perlu repot datang ke bengkel jika ingin melakukan perawatan. Cukup telepon maka Hino Mobile Service yang dilengkapi dengan peralatan canggih dan mekanik terlatih akan datang ke lokasi pelanggan. 


Demi mendukung bisnis konsumennya, HMI menghadirkan Hino Connect, yakni  layanan telematik yang meningkatkan efisiensi bisnis konsumen. Fitur yang tersedia diantaranya driver management, vehicle management, Live Traffic on Map, serta lain sebagainya yang memudahkan pengguna dalam memantau letak dan kondisi kendaraan niaga miliknya.


Corporate Social Responsobility

Hino Indonesia turut mengambil peran dalam mengembangkan sumber daya manusia (SDM) di Indonesia. Salah satunya dengan menyerahkan alat peraga berupa unit truk kepada beberapa SMK dan universitas di Indonesia. Dengan demikian diharapkan pendidikan vokasi di Indonesia semakin berkembang dan menghasilkan SDM terampil yang mampu bersaing di dunia industri.


Tak hanya itu, HMI juga membantu tugas kepolisian dengan menyerahkan 1 unit Hino Dutro 110 SDB Flexicab dengan ubahan sebagai working station kepada Ditreskrimsus Polda Metro Jaya pada tahun 2020 lalu.

LihatTutupKomentar
close
harga matic yamaha 2023