vespa batik

Berkat Inovasi dan Kontribusi, Mitsubishi Fuso Rajai Pasar Niaga Indonesia

  • Kepala kuning terus eksis hingga saat ini. Capaian tersebut tak lepas dari konsistensi Fuso dalam berinovasi dan memberi kemudahan pada konsumennya melalui layanan after sales. 
  • Selain itu, ragam kegiatan CSR digelar sebagai bentuk sensitivitas Fuso terhadap isu-isu sosial di Tanah Air.

Otojatim.com - Lebih dari lima dekade (50 tahun) PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) menjadi distributor resmi dari Mitsubishi Fuso Truck & Bus Corporation (MFTBC) di Tanah Air. Sebagai pionir kendaraan niaga di Indonesia, Mitsubishi Fuso telah memberi kontribusi besar terhadap perkembangan pasar kendaraan niaga, termasuk mendukung perkembangan berbagai sektor bisnis, mulai dari perdagangan hingga perkebunan. 


Juara Bertahan Kelas Mobil Niaga

Beragam inovasi secara konsisten terus dilakukan oleh KTB sejak awal kemunculannya di tahun 1970. Alhasil, truk Mitsubishi Fuso berhasil merajai pasar niaga Indonesia, menjadi kendaraan pilihan mayoritas pelaku bisnis.


Penjualan kendaraan komersial truk di Indonesia sepanjang Januari-November 2022 tercatat mencapai 83.298 unit. Dimana berdasarkan data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Mitsubishi Fuso FE memimpin penjualan sebanyak 3.030 unit pada November 2022.


Ramah Lingkungan

Mitsubishi Fuso telah menghadirkan beragam varian produk untuk berbagai segmen market yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna dan mengikuti tren teknologi yang berkembang. Teranyar, ada 15 varian Canter dan 14 varian Fighter X yang diluncurkan pada tahun 2022. 


Canter merupakan ubahan dari Colt Diesel dimana mesin yang digunakan adalah tipe 4V21. Sementara Fighter X adalah hasil pembaharuan dari model Fighter yang menggunakan mesin 6M60. Keduanya dilengkapi teknologi Common Rail yang dapat menghasilkan tenaga mesin maksimal, torsi lebih tinggi di range RPM yang lebih panjang sehingga performanya lebih optimal. 


Mendukung program pemerintah menuju zero emision di tahun 2050, Mitsubishi Fuso menerapkan teknologi Exhaust Gas Recirculation, Positive Crankcase Ventilation, dan Diesel Oxidation Catalyst Muffler yang mampu menurunkan kadar emisi NOx (Nitrogen Oxide) sehingga emisi gas buang kendaraan lebih ramah lingkungan, sesuai dengan standar EURO4 yang diberlakukan pemerintah.


Sebenarnya, jauh sebelum peraturan batas emisi tersebut dijalankan, Mitsubishi Fuso telah siap menghadapi regulasi EURO4. Perusahaan yang bermarkas di Kanagawa Jepang ini, sudah siap dengan teknologi EURO4 pada jajaran produknya. Sebagai bagian dari ekosistem industri yang ramah lingkungan, KTB juga melakukan sosialiasi kepada pelanggan, menjamin ketersediaan suku cadang, hingga membekali teknisi terampil dalam menangani mesin teknologi baru tersebut di 220 jaringan dealer.


Hasilnya, Canter FE 71 dan FE 71 Long sukses menjadi primadona. Tak hanya ramah lingkungan, sejumlah pembaharuan juga dilakukan demi mendukung bisnis konsumen, khususnya sektor logistik di perkotaan. Canter FE 71 Long hadir dengan ROH yang telah diperpanjang dari 1,3 meter menjadi 2,0 meter dan panjang total menjadi 6,4-meter sehingga memiliki volume angkut yang lebih besar.


Antusiasme masyarakat terhadap varian EURO4 Mitsubishi Fuso sangat tinggi. Terbukti dalam tiga bulan setelah acara Regional Launching, Fuso berhasil mencatatkan penjualan sebanyak 4.378-unit SPK dan 1.699-unit SPK di GIIAS 2022.


Dalam sebuah wawancara di event GIIAS Agustus 2022 lalu, Nobukazu Tanaka, President Director PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors mengatakan, “Saya senang mengetahui bahwa produk EURO4 kami diterima dengan baik oleh konsumen. Kami akan terus menunjang bisnis konsumen dengan dukungan penuh dari tim aftersales, melalui jaringan dealer terluas di seluruh Indonesia. Kami memastikan konsumen terlayani dengan baik."


Layanan Purna Jual yang Menyeluruh

Tak hanya sekedar janji, KTB benar-benar memanjakan konsumennya dengan berbagai layanan purna jual yang prima. Diantaranya jaminan 2×24 jam ketersediaan suku cadang, layanan gratis perawatan selama dua tahun atau 40.000 km, Mobile Workshop Service atau bengkel berjalan yang dilengkapi peralatan berteknologi tinggi serta mekanik profesional yang siap datang kemanapun lokasi Anda untuk melakukan perbaikan ataupun perawatan dengan cepat.


Mitsubishi Fuso juga memiliki sistem canggih bernama Runner Telematic System yang memiliki segudang fitur inovatif untuk kelancaran usaha pengguna. Diantaranya Job Order Planning (Perencanaan kerja sopir, rute, area dan kendaraannya), Vehicle Management (Pengaturan Penggunaan dan Perawatan Kendaraan), Report / Evaluation (Laporan dan Analisa terkait pengoperasian kendaraan), Driver Management (Pengaturan Penugasan Pengemudi), dan Real Time Monitoring (Mengetahui Lokasi, Situasi dan Status Perjalanan Kendaraan).


Mitsubishi memiliki jaringan dealer yang luas yakni 229 dealer, 15 truck center, 19 parts depo, 107 mobile workshop service dan ± 4900 outlet spare parts yang siap memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam perawatan armada Mitsubishi Fuso. Terbaru di tahun 2022, Mitsubishi Fuso membuka dealer di Ciamis, Ciawi, Kendari, Banjarmasin, dan Pekanbaru.


Berkontribusi Memajukan Bisnis Konsumen

Salah satu pelanggan setia Mitsubishi Fuso di wilayah Jabodetabek, yakni PT. Agung Solusi Trans (Ageng Rent) yang memiliki pengalaman lebih dari 40 tahun menjalankan bisnis rental kendaraan, baik komersial maupun mobil penumpang, mengaku sangat berhati-hati dalam memilih mitra bisnis.


“Sudah lama kami mempercayakan kendaraan niaga kami kepada Mitsubishi Fuso untuk disewakan pada konsumen. Mayoritas permintaan dari end user kami untuk kendaraan niaga adalah Mitsubishi Fuso, karena beberapa alasan seperti mudah dioperasikan, lebih irit, perawatan mudah dan harga jual kembali yang tinggi,” kata Edi Cahyono, Manajer Operasional Ageng Rent dalam sebuah wawancara September 2022 lalu.


Diketahui Agung Rent melakukan pemesanan 119-unit produk FUSO Euro-4. Varian Canter FE 71, FE 71 Long, FE 74 dan FE 74 Long untuk disewakan kepada kliennya yang menjalankan bisnis di bidang logistik.


Tak mau tanggung-tanggung dalam melayani konsumen, pada September 2021 lalu, KTB memberikan satu unit armada Mobile Workshop Service (MWS) kepada salah satu konsumen loyalnya, PT Batavia Prosperindo Trans Tbk (BPTR). Dimana BPTR telah melakukan pembelian kendaraan niaga Mitsubishi Fuso hampir 1.300 unit.


"Dukungan yang tidak berhenti sebatas pengadaan kendaraan saja, namun juga berupa pelatihan bagi mekanik dan trainer, sehingga kualitas dan produktivitas yang disampaikan dapat disetarakan dengan standar yang berlaku di KTB," kata Direktur Utama BPTR, Paulus Handigdo.


Tak hanya fokus pada penjualan dan layanan aftersales, Mitsubishi Fuso juga menunjukkan kepedulian pada para konsumennya dengan mengadakan sejumlah kegiatan postif. Salah satunya Fleet Customer Training yakni kelas pelatihan rutin bagi para mekanik dan driver dari para konsumennya. Kegiatan ini diharapkan dapat mendorong perilaku berkendara yang baik, sehingga dapat mengurangi penggunaan bahan bakar, meminimalkan polusi udara, serta menurunkan tingkat kecelakaan lalu lintas.


Corporate Social Responsibility

Mitsubishi Fuso juga peduli terhadap lingkungan dengan menyusun program CSR yang memiliki dampak luas bagi masyarakat. Antaranya KTB FUSO Vocational Education Program (KTB FUSO VEP) yakni Pelatihan Otomotif untuk Guru dan Murid SMK di 15 sekolah mitra Fuso yang tersebar di Medan, Palembang, Lampung, Jakarta, Bandung, Kebumen, Solo, Malang, Mojokerto, Pontianak dan Makassar.


Fuso juga sigap membantu penanggulangan bencana yang terjadi di Indonesia. Contohnya saat terjadi gempa Cianjur beberapa waktu lalu. KTB memberikan donasi sejumlah Rp575.000.000 untuk membantu masyarakat terdampak melalui Palang Merah Indonesia (PMI). Diserahkan juga satu unit KTB Humanity Truck yang dapat dimanfaatkan untuk distribusi air bersih bagi para korban.

LihatTutupKomentar
close
harga matic yamaha 2023