Transformasi Toyota Kijang dari Masa ke Masa Part 1




Toyota Otojatim, Bermula dari keinginan Presiden Soeharto akan kendaraan niaga untuk pasar Indonesia dengan harga terjangkau saat itu, maka tercetus sebuah kendaraan dengan sasis Ladder Frame dan punya keunggulan dari segi perawatan mesin bertenaga serta lincah. 

Maka lahir sebuah kendaraan dengan nama Kijang, bukan Kerjasama Jepang dan Indonesia melainkan nama dari sebuah hewan yang melambangkan kelincahan sekaligus tangguh. 


Saat lahir pertama kali, Kijang baru tersedia model Pick-Up saja dan belum tersedia model penumpang. Itupun tersedia setelah memasuki generasi kedua. 


Generasi pertama dari Kijang merupakan ujung tombak sekaligus menunjukkan perjalanan pertama dari seorang mobil keluarga hingga saat ini dipercaya membawa jutaan mungkin miliaran keluarga Indonesia hingga sekarang. 


Generasi Kedua lahir bersamaan dengan versi penumpang


Generasi Kedua sendiri lahir dengan tampilan lebih menarik dan beberapa bagian diperbaiki agar menyesuaikan dengan kemauan konsumen saat itu. Bahkan julukan Kijang Doyok sempat tersemat di mobil ini. 


Kijang generasi kedua inilah jadi tombak sejarang versi penumpang bertahan hingga sekarang. Bahkan mobil ini masih banyak yang berseliweran di jalanan hingga sekarang. 


Lantas, mesinnya sendiri sampai saat ini terbilang paling mudah dirawat dan dipercaya hingga ke generasi ketiga atau disebut Kijang Kotak. 


Kijang Kotak, Supremasi dan Populer belasan tahun


Kalau bicara supremasi Kijang Kotak, disitulah kekuatan dari mobil ini tak pernah tergantikan hingga sekarang. Bahkan kemampuan mobil ini terbilang tidak ada tandingannya dibandingkan mobil sejenis-nya. 


Kijang Kotak sendiri terbagi jadi dua versi, pertama Kijang Kotak dan Kijang PU. Dimana versi awal kehadirannya itu masih banyak yang dijual dalam bentuk karoseri sampai akhirnya terbentuk model Kijang dengan tiga pintu buat versi awal. 


Sedangkan versi kedua atau facelift sendiri mulai hadir dengan beberapa varian dan tipe, model inilah cikal bakal dari Kijang Kapsul yang diperkenalkan pada saat zaman Krismon melanda. Meskipun hal tersebut tak membuat orang-orang goyah bahkan membeli mobil ini. 


LihatTutupKomentar
close
daftar yamaha maxiday 2022