Transformasi Kijang dari Masa ke Masa Part 2




Toyota, Otojatim.com Setelah hadir dengan tampilan Kotak dan beberapa varian, lantas penjualan Kijang sendiri begitu meroket disamping banyak rival yang membuat model serupa. 

Entah kenapa di tahun 1997 mulai dibuat model Kijang Kapsul untuk pasar dalam negeri dan versi eksport-nya tersedia dalam bentuk berbeda dan nama-nya pun juga tidak sama dengan model lainnya. Model seperti Kijang Kapsul ini tetap laris meskipun di tahun 1998 banyak sekali masalah mendera negeri ini, mulai dari Krisis Moneter sampai harga kebutuhan pokok naik begitu tajam. 


Lantas, Kijang Kapus sendiri tetap kokoh bahkan menjulan penjualannya hingga masa baktinya berakhir di tahun 2004. 


Kijang INNOVA, Penerus dengan teknologi baru dan bodi lebih besar. 





Banyak yang bertanya kemungkinan mobil Toyota ini bakalan bisa sukse seperti Kijang Kapsul atau Kijang lainnya? 


Ternyata sama saja, bahkan penulis sendiri pernah merasakan memesan mobil ini harus menunggu sampai 7 bulan dan hampir menyerah untuk mundur saja. Namun, rejeki berkata lain, mobil terbaru Kijang Innova hadir di garasi rumah setelah memesan di akhir tahun 2004. 


Mobil ini terbilang unik bahkan pada eranya mobil ini tergolong nyaman dan setiap baris itu terasa lapang. Lima tahun pun tidak terasa memiliki mobil dengan pilihan mesin diesel dan bensin tersebut. 


Setelah itu pernah juga gunakan Innova facelift kedua sebelum akhirnya pensiun dari Toyota. 


Innova Reborn 




Sebenarnya model ini merupakan generasi terakhir dari Kijang Innova dengan sasis tangga atau Ladder Frame. Mengingat generasi ini masih gunakan diesel, kemungkinan jadi terakhir setelah generasi berikutnya bakalan adopsi sistem Hibrida. 


Lantas, model ini terlihat lebih menarik bahkan jadi backbone penjualan Toyota selama 7 tahun terakhir, malah banyak fleet perusahaan atau Travel gunakan Innova Diesel sebagai armada mereka. 


Jangan heran, kalau mobil ini digunakan untuk ajang drag mobil dengan catatan waktu fantastis.


Sayangnya, generasi terakhir pun berhenti produksi bahkan model ini tersedia untuk kalangan fleet saja. Sehingga tidak ada lagi kejayaan mesin diesel di generasi Innova berikutnya. 



Innova Zenix? 


Sebenarnya nama ini sudah resmi namun kita tunggu saja peluncurannya dan seperti apa bentuknya. Karena itu tunggu update selanjutnya di Otojatim.com 


LihatTutupKomentar
close
daftar yamaha maxiday 2022